Mengenal 20 Makanan Khas Sumatra Barat, Nomor 1 Sudah Mendunia

Mengenal 20 Makanan Khas Sumatra Barat, Nomor 1  Sudah Mendunia image

Anda mungkin sudah tak asing dengan istilah nasi padang. Tapi tahukah anda sebutan  itu bukanlah nama satu macam makanan khas.

Tapi sebutan nasi padang merujuk pada sajian nasi yang  dilengkapi berbagai masakan khas Sumatra  Barat, khususnya Padang.

Dan ternyata makanan khas dari daerah Sumatra Barat tidak cuma yang terkait nasi padang, tapi cukup banyak.

Rata-rata unik dan bercita rasa tinggi. Berikut 20 makanan khas Sumatra Barat yang berhasil Penulis himpun dari berbagai sumber. 

1. Rendang Sapi

makanan khas sumatra barat

foto: citarasanusantara.com

Rendang adalah makanan khas Sumatra Barat yang berbahan dasar daging sapi. Daging itu dimasak dengan paduan  utama rempah dan santan.

Paduan daging, rempah, dan santan ini ternyata menghasilkan makanan dengan cita rasa tinggi.

Hal ini terbukti dari pengakuan dunia internasional. CNN Travel misalnya,  di bulan September 2011 merilis 50 makanan terenak di dunia,  dan Rendang ada di urutan pertama.

Lalu di tahun 2017 CNN Travel kembali merilis daftar makanan terlezat, dan Rendang tetap pada posisi pertama. Luar biasa !.

Jika melihat bumbu yang digunakan, wajar jika Rendang bercita rasa tinggi karena memakai rempah beraneka rasa. Mungkin bumbu rempah inilah yang membuat Rendang jadi kaya rasa.

Aneka rempah yang dimaksud  seperti lengkuas, jahe, kunyit, dan cabai merah besar maupun keriting.

Tak ketinggalan bawang merah, bawang putih, dan tentu  saja santan kelapa. Aneka rempah itu dihaluskan, lalu ditumis terlebih dahulu sebelum kemudian dicampur dan diaduk dengan santan.

Proses masaknya juga cukup lama, sekitar 7 jam. Karena tujuan memasaknya  adalah menghabiskan atau menihilkan air dalam kuah santan yang dipakai untuk merebus daging tersebut. 

Proses memasak yang lama ini juga faktor yang membuat daging terasa empuk dan lezat karena bumbu meresap sempurna. 

2. Sate Padang

makanan khas sumatra barat

foto: food.detik.com

Selain memakai daging sapi sebagai bahan utamanya, ciri khas Sate Padang adalah menyajikan lidah dan usus sapi.

Ciri khas lain sate padang yaitu memakai kuah, bukan sambal kacang  atau kecap seperti sate umumnya.

Kuah sate padang biasanya ada 2 macam, kuah kuning dan kuah merah.

Sate padang dengan kuah kuning adalah resep Sate Padang ala Padang Pariaman. Sedangkan yang berkuah merah adalah resep Sate Padang ala Padang Panjang. 

Kuah Sate Padang Pariaman berwarna merah karena lebih banyak cabe merahnya.

Sedangkan kuah Sate Padang Panjang berwarna kuning karena menggunakan kunyit lebih banyak. Kedua variasi sate itu mewakili resep  sate khas  Sumatera barat.

3. Sate Lokan

makanan khas sumatra barat

foto: saribundo.biz

Sate lokan adalah sate yang berbahan dasar lokan atau  kerang hijau.

Lokan ini akan direbus dulu setelah dicampur dengan bumbu halus. Bumbu yang dihaluskan itu meliputi kunyit, ketumbar, lengkuas, jahe, serai, cabai merah, bawang merah dan bawang putih. 

Setelah direbus lokan berwarna oranye kemerahan tanda matang.

Setelah itu lokan akan ditusuk seperti sate, lalu dibakar sampai berwarna kecoklatan. Sate Lokan bercita rasa gurih pedas dan biasanya disajikan dengan ketupat. 

4. Rendang Paru 

makanan khas sumatra barat

foto: youtube.com

Rendang paru memakai bahan dasar paru sapi yang lunak dan basah .

Bumbunya tidak  jauh beda dengan rendang sapi Hanya santannya perlu porsi lebih banyak sekitar 1,5 kali dari takaran biasa. 

Tekstur rendang baru sedikit berbeda dengan rendang daging. Rendang paru lebih lembut dan mudah hancur, beda dengan rendang daging yang punya banyak serat.

Tapi menurut sebagian orang justru rendang paru ini lebih enak dibanding rendang sapi. Anda silahkan mencicipi jika ingin membuktikannya. 

5. Soto Padang

makanan khas sumatra barat

foto: resepcaramemasak.info

Soto padang berkuah bening, tidak pakai santan.

Tapi punya ciri khas yaitu menggunakan daging sapi yang digoreng dan dipotong kecil-kecil. Selain itu biasanya dilengkapi dengan perkedel kentang dan kerupuk merah. 

Kuah panas dengan bumbu rempah, ditambah irisan seledri dan taburan bawang goreng, membuat soto ini terasa gurih menyegarkan. Lidah anda pun akan bergoyang menikmatinya.

Tak heran jika Soto Padang juga salah satu kuliner khas Sumatra Barat yang tersohor.

6. Dendeng Batokok 

makanan khas sumatra barat

foto: wikipedia.org

Dendeng Batokok adalah dendeng balado khas Sumatra Barat. Bahannya dari daging sapi. Daging sapi ini nantinya akan dikeringkan setelah diberi bumbu dan dimasak.

Dendeng memang sengaja  dibuat kering. Tujuannya agar bisa bertahan lama.

Keunikan Dendeng Batokok terlihat dari cara pengolahan dagingnya. Setelah direbus sampai empuk, daging akan dipukul-pukul sampai pipih, lalu dimasukkan dalam campuran bumbu. 

Setelah meresap dan matang, daging diangkat, lalu dijemur diterik matahari hingga kering.

Atau mungkin karena lebih praktis, sekarang langsung dipanggang di oven atau digoreng hingga kering. Jadilah dendeng kering yang lezat.

7. Ayam Pop

makanan khas sumatra barat

foto: saribundo.biz

Ayam Pop memakai bahan dasar ayam kampung.

Ayam itu dipotong lalu diambil bagian yang diinginkan seperti paha atau dada. Lalu direbus dengan bumbu halus yang terdiri dari lengkuas, bawang merah, bawang putih, daun salam, jeruk nipis, dan garam. 

Setelah ayam direbus dengan bumbu, ayam akan direbus lagi dengan campuran air kelapa. Tujuannya agar rasa dan aroma ayam makin gurih. Setelah matang lalu ditiriskan, dan digoreng setelah airnya kering.

Biasanya dihidangkan  dengan sambal saos tomat. Cita rasa ayam yang  gurih ditambah sambal saos tomat yang merah pedas menyala tentu sangat menggugah selera. 

8. Gulai Paku

makanan khas sumatra barat

foto: merahputih.com

Makanan khas Sumatra Barat lainnya yang unik adalah Gulai Paku. Paku yang dimaksud bukan paku besi. Tapi sejenis tanaman paku sayur atau  pakis yang banyak ditemukan di pinggir sungai. 

Tanaman paku sayur itu dipotong kecil-kecil, lalu dimasak dengan bumbu halus. Bumbu halusnya sebagaimana dipakai pada gulai lainnya, yaitu cabai rawit, asam kandis, lengkuas, kunyit,serai, dan daun jeruk.

Lalu direbus, dan tentu dengan air santan tentunya. Biasanya dicampur dengan ikan teri atau ikan asin jambal. Hasilnya makanan bercita rasa pedas asam yang lezat.

9. Gulai Banak

makanan khas sumatra barat

foto: saribundo.biz

Mungkin hanya Sumatra Barat yang punya makanan khas ini, yaitu Gulai Banak. Gulai Banak adalah gulai otak sapi. Bumbunya sama dengan gulai dan juga memakai santan.

Namun sebelum digulai, otak sapi tersebut direbus atau dikukus, lalu dipotong sesuai selera, selanjutnya dimasak dengan bumbu dan santan. Hasilnya, Gulai otak sapi yang lezat.

10. Gulai Itiak Lado Mudo

makanan khas sumatra barat

foto: apasih.web.id

Gulai Itiak Lado Mudo adalah gulai daging bebek muda yang diberi cacahan cabai hijau. 

Dipilih bebek muda karena tekstur daging yang lebih empuk, tidak alot.  Dan tentu saja cita rasanya lebih segar dan gurih.

Cara memasaknya cukup lama. Daging bebek yang sudah dibersihkan  dan dipotong-potong lalu dimasak dengan bumbu berupa bawang merah, bawang putih, kunyit, dan lengkuas selama sehari semalam.

Tujuannya agar daging makin empuk  atau lunak. Selain itu bumbu makin meresap dan daging pun semakin terasa lezat.

11. Nasi Kapau

makanan khas sumatra barat

foto: femina.co.id

Jika di Yogyakarta makanan yang  adalah Gudeg, maka di Sumatra Barat makanan khas sebanding Gudeg adalah Nasi Kapau. 

Nasi Kapau adalah nasi yang disajikan dengan sayur nangka berkuah lengkap dengan sambalnya. Nangka nya di masak dengan cara digulai. 

Sekalipun menu wajibnya adalah nasi, sayur nangka, dan sambal, namun penjual Nasi Kapau biasanya menyediakan aneka lauk seperti tongkol balado, teri balado, gulai ikan dan kikil. 

12. Kacimuih

makanan khas sumatra barat

foto: indonesiakaya.com

Kacimuih adalah semacam kudapan khas ranah Minang.

Bahan dasarnya dari singkong yang diparut. Setelah direbus lalu diberi parutan kelapa dan gula aren, Kacimuih terasa gurih dan mengenyangkan.

Proses pembuatan Kacimuih tidak sulit. Singkong dikupas, lalu diparut, dan diberi tambahan garam  atau vanili agar lebih terasa dan wangi.

Lalu dikukus selama 20 menit. Setelah matang  diangkat  dan disajikan dengan parutan kelapa.

Parutan kelapa sendiri bisa dicampur dengan gula aren atau gula putih. Namun  yang jelas parutan kelapa itu harus dikukus juga terlebih dahulu.

Kudapan dengan paduan bahan yang khas ini menghasilkan cita rasa manis gurih yang nikmat.

13. Lompong Sagu

makanan khas sumatra barat

foto: saribundo.biz

Lompong Sagu adalah kue khas Minangkabau. Kue dari bahan tepung sagu ini jarang ditemui di hari biasa. Biasanya marak  dijual di bulan Ramadhan. 

Bahan-bahan untuk membuat kue ini adalah: tepung sagu, parutan kelapa, santan, gula merah, dan parutan kelapa. 

Adapun cara membuat kue ini adalah dengan cara dipanggang. Adonan yang terbuat dari pisang kepok yang dihaluskan, kelapa parut, tepung sagu, dan air diaduk  sampai rata.

Lalu dibungkus daun pisang dengan takaran 2 sendok per bungkus. Setelah itu dipanggang. Setelah matang dipotong jadi beberapa bagian dan disajikan selagi hangat. 

14. Karupuak Sanjai

makanan khas sumatra barat

foto: apasih.web.id

Jangan salah, ini bukan kerupuk tapi keripik. Ya, keripik singkong khas Sanjai Bukittinggi. Konon dulunya hanya dibuat oleh 3 orang nenek yang tinggal di Jalan Sanjai.

Namun lama kelamaan keturunannya dan warga sekitar pun ikut-ikutan membuat dan menjualnya. 

Pembuatan Karupuak Sinjai cukup unik. Singkong diiris tipis, lalu direndam tanpa dibumbui apapun. Karupuak Sanjai ini kemudian akan dibagi jadi 3 rasa, yaitu tawar sedikit asin, manis, dan pedas.

Yang  rasa gurih setelah diberi bumbu garam saja. Sedangkan Karupuak rasa manis setelah diberi  bumbu gula merah. Dan yang rasa pedas setelah beri bumbu lado, yaitu sambal atau cabe.

15. Bubur Kampiun

makanan khas sumatra barat

foto: nesiatimes.com

Inilah bubur unik yang jadi salah satu makanan khas Sumatra Barat. Bubur Kampiun ini bisa disebut sebagai multi bubur karena campuran dari aneka bubur.

Berbagai jenis bubur diletakkan dalam satu wadah, lalu direbus atau dikukus kembali. Hasilnya bubur aneka ragam dan rasa. 

Macam bubur yang dicampur bisa sampai 6 macam, contoh bubur sumsum, bubur kacang hijau, bubur candil, bubur ketan hitam, bubur ketan putih, dan kolak pisang.

Keenam macam bubur dijadikan satu lalu dikukus bersama. Hasilnya 6 kelezatan sekaligus dalam satu mangkok bubur. 

16. Ale-Ale

makanan khas sumatra barat

foto: masihbaru.com

Ale-Ale adalah semacam kue apem khas Sumatra Barat. Terbuat dari bahan beras putu, parutan pandan, gula jawa dan air kelapa. Kue ini berasal dari daerah Silungkang Duo, Sawahlunto, Sumatera Barat. 

Bentuk kue ini mirip serabi ala jawa. Tapi tidak memakai kuah santan. Namun rasanya tidak kalah. Dari bahannya saja terbayang cita rasanya yang gurih manis dan nikmat.

17. Lamang katan

makanan khas sumatra barat

foto: indonesiakaya.com

Lamang Katan adalah salah satu jenis lamang khas Sumatra Barat. Sesuai namanya lamang ini terbuat dari  ketan.

Namun biasanya diberi isi di dalamnya. Ada yang diisi selai, kicai,  atau gula merah cair.

Proses pembuatan lamang adalah dengan mengisikan ketan dan bahan lain seperti santan, pandan, dan garam ke dalam bambu yang dilapisi daun pisang di dalamnya.

Kemudian membakar bambu tersebut. Nasi ketan akan matang dalam bambu dan menghasilkan aroma dan rasa yang khas. 

18. Martabak Kubang 

makanan khas sumatra barat

foto: food.detik.com

Martabak khas Sumatra Barat ini berisi racikan daging berbumbu rempah. Berpadu dengan adonan telur dan kulit martabak yang gurih rasanya jadi istimewa. 

Rasanya khas Sumatera Barat, yaitu gurih pedas dengan sedikit nuansa timur tengah.

Konon racikan martabak ini pertama kali diperkenalkan pada masyarakat Sumatera Barat oleh keturunan Arab dan India. Namun nama yang populer justru Martabak Kubang.

Kubang adalah nama daerah di Kecamatan Guguk, Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. 

Ciri martabak ini adalah pembuatannya dengan cara dibanting-banting sampai pipih. Selain itu isinya adalah cacahan daging rendang atau sapi yang ditumis dengan bumbu rempah.

Martabak ini disajikan dengan kuah yang  terbuat dari kecap manis,asam jawa, potongan tomat segar  dan rawit. Maka makannya terasa lebih  nikmat dan segar.

19. Sala Lauak

makanan khas sumatra barat

foto: bisniswisata.co.id

Sala Lauak adalah makanan dari olahan ikan laut.

Berasal dari Pariaman yang merupakan salah satu kota besar di Sumatera Barat yang terletak di pesisir laut dimana merupakan daerah penghasil ikan laut. 

Sala Lauak dibuat dengan cara menghaluskan ikan hingga jadi adonan. Adonan ikan itu kemudian dicampur tepung, dikasih bumbu, dan dibentuk sesuai selera, biasanya bulat dan pipih.

Kemudian dimasak dengan cara digoreng. Makanan ini kadang dibuat sebagai lauk, adang dibuat sebagai cemilan. Karena bahan bakunya ikan laut tentu rasanya lezat.

20. Galamai

makanan khas sumatra barat

foto: republika.co.id

Galamai mirip dengan jenang ala jawa tengah. Bahannya juga hampir sama, hanya Galamai tidak pakai tepung beras biasa, tapi pakai tepung beras ketan.

Bahan lain seperti santan sama. Gula yang dipakai di jenang biasanya gula jawa,  sementara Galamai memakai gula aren.

Ciri khas Galamai adalah memakai taburan kacang tanah. Tentu ini tidak temui pada jenang maupun dodol.

Memasak Galamai juga mirip dengan memasak jenang. Semua adonan dimasukkan dalam kuali besar. Lalu diaduk-aduk hingga jadi adonan lengket dan kenyal.

Paduan tepung ketan, santan, bumbu, dan gula aren menjadikan Galamai bercita rasa yang lezat dan nikmat. 

Demikianlah 20 makanan khas Sumatra Barat yang dapat anda buru selaku penggemar kuliner.

Atau jika anda sedang melakukan travel ke Sumatera Barat tidak ada salahnya mencicipi berbagai hidangan khas Sumatra Barat yang beraroma khas dan bercita rasa tinggi.