25 Makanan Khas Jepang yang Lezat dan Sayang Dilewatkan

25 Makanan Khas Jepang yang Lezat dan Sayang Dilewatkan image

Jepang, mendengar namanya seakan membawa pikiran kita kepada banyak hal.

Mulai dari serial anime, budaya, pakaian, hingga makanan. Makanan dari negeri sakura ini memiliki ciri khas dan hampir bisa ditemukan di setiap penjuru dunia.

Mencicipi makanan luar negri tentu memberikan kesan yang berbeda, apalagi makanan Jepang.

Entah berada di sana atau tidak, makanan Jepang selalu memberikan nuansa yang berbeda. Simak informasi makanan khas jepang yang terkenal lezatnya di bawah ini.

1. Ramen

makanan khas jepang

foto: theflavorbender.com

Makanan ini tidak asing bagi penggemar anime Naruto karena ini adalah makanan favoritnya.

Ramen disajikan sebagai mie rebus dengan kuah kaldu yang dituang ke mangkuk besar. Tak lupa tambahannya yaitu menma, irisan daun bawang, telur rebus dan nori.

Ramen di Jepang memiliki banyak varian tergantung daerah asal di mana dia dibuat. Ada yang khas Tokai, Omamori, Kanto, Shinetsu, Kinki, Kyushu, Chugoku, dan Hokkaido.

Di Indonesia, warung yang menjual ramen juga mudah ditemui di kota-kota besar maupun kecil.

2. Tempura

makanan khas jepang

foto: thespruceeats.com

Makanan dari tepung yang satu ini sudah tak asing di telinga orang Indonesia. Berbeda dengan masakan yang lain, tempura disajikan dengan digoreng.

Tempura memiliki banyak isi yang beragam. Mulai dari cumi, ubi, kentang, jamur, wortel, green bell, shisho atau labu Jepang.

3. Dancing squid

makanan khas jepang

foto: livejapan.com

Seperti namanya, dancing squid menghadirkan cumi yang terlihat masih hidup dan menggeliat jika disiram kecap asin.

Bagi Anda yang tidak biasa memakan makanan seperti ini, mungkin akan ada kesan jijik.

Cumi yang dihidangkan baru mati, sehingga efek natrium klorida dalam shoyu bisa membuatnya ototnya terangsang dan bergerak.

Dalam bahasa Jepang, makanan ini disebut katsu ika odori don.

4. Onigiri

makanan khas jepang

foto: merdeka.com

Onigiri punya rasa yang gurih dan menyenangkan. Nasi kepal dari beras Jepang yang cenderung menyatu berpadu apik dengan daging di dalamnya.

Biasanya, onigiri berisi ikan salmon, atau bisa diganti dengan sayuran, sapi maupun ayam.

Onigiri berarti nasi kepal, terlihat dari bentuknya yang besarnya sekitar satu kepalan tangan. Bentuknya juga bermacam-macam, ada yang bulat, segitiga ataupun silinder.

5. Okonomiyaki

makanan khas jepang

foto: wandercooks.com

Okonomiyaki, nama yang unik turut membawa arti unik. ‘Okonomi’ berarti ‘sebagaimana yang kamu suka’ atau ‘apa yang kamu suka.

Sedangkan ‘yaki’ berarti panggang atau dipanggang. Sehingga, jika disatukan seperti kalimat seseorang yang menawarkan makanan panggang.

Okonomiyaki dibuat dari berbagai bahan makanan, yang kemudian diolah seperti martabak asin yang Anda kenal di Indonesia. Rasanya gurih dan lezat.

6.    Dorayaki

makanan khas jepang

foto: selerasa.com

Bagi Anda penggemar serial kartun Doraemon, nama kue ini tentu tidak asing. Kuliner manis asal jepang ini memiliki bentuk bulat yang sekilas mirip serabi.

Padahal, dorayaki terdiri dari dua adonan pancake yang disatukan. Dorayaki kemudian bisa selai manis kacang merah atau kacang merah rebus.

7. Sushi

makanan khas jepang

foto: livejapan.com

Makanan khas jepang dari bahan hewani yang sudah mendunia adalah sushi. Tahukah Anda, sushi berarti kata sifat masam dalam huruf Jepang, huruf kanji.

Sushi terdiri dari berbagai macam jenis, yaitu narezushi, chirazushi, oshizushi, inarizushi dan nigirizushi.

Makanan ini disajikan berupa nasi dan lauk. Nasinya yang lembut dicampuri cuka, garam dan gula sehingga memiliki rasa masam.

Sedangkan lauknya disajikan makanan laut, daging atau sayuran mentah maupun yang sudah dimasak. Saus wijen biasanya turut diberikan sebagai pelengkap sushi.

8. Natto

makanan khas jepang

foto: foodspark.com

Bagi Anda yang tidak biasa memakan daging atau sedang dalam masa diet, natto bisa jadi pilihan yang tepat. Tapi, Anda perlu bersabar dengan baunya yang kurang sedap.

Meski begitu, jangan khawatir, rasanya tidak akan mengecewakan.

Untuk rasa terbaik, Anda bisa menyantap natto dengan nasi hangat dan tak lupa kecap asin.

Kini, natto dihidangkan dengan varian menu seperti salad, natto sushi, okonomiyaki, miso soup, bahkan es krim.

Tak hanya lezat, natto juga menyehatkan. Fermentasi kacang kedelai dengan bacillus subtilis ini kaya akan protein dan probiotik.

9. Yakiniku

makanan khas jepang

foto: holamigo.id

Jika ingin nuansa makanan jepang yang dipanggang, yakiniku patut Anda coba. Hampir serupa dengan barbeque, daging yakiniku panggang dengan bumbu.

Daging yang digunakan bisa daging domba, seafood daging sapi, ataupun jeroan.

Sudah jadi ciri khas makanan jepang,  yakiniku juga diberi bumbu kecap asin, sake, gula dan bawang putih sebelum dipanggang. Bumbu ini dinamakan saus tare.

Sebagai pelengkap, paprika dan bawang Bombay sering ikut disertakan. Dengan berbagai campuran ini, yakiniku lengkap dengan rasa asin dan manis.

10. Mochi

makanan khas jepang

foto: nwasianweekly.com

Kue beras warna warni yang manis dan menyenangkan dipAndang, apalagi kalau bukan kue mochi. Cemilan ini sering ditemukan ketika pesta tahun baru.

Tentu, ini juga jadi favorit pelancong untuk menjadi oleh-oleh karena mudah dibawa dan awet.

Pembuatan mochi cukup mudah. Mula-mula, beras ketan ditumbuk hingga lembut. Ketika sudah terasa lengket, adonan dibentuk bulat, kemudian direbus atau digoreng.

Mochi tak lengkap tanpa isinya yang beragam. Satu mochi tidak akan cukup memuaskan lidah Anda.

11. Sashimi

makanan khas jepang

foto: freepik.com

Makanan ini mirip seperti sushi tapi agak sedikit berbeda karena disajikan tanpa nasi dan relatif lebih besar.

Ikan laut mentah disantap bersama kecap asin dan perasan lemon akan begitu segar dan lezat memanjakan lidah.

12. Udon

makanan khas jepang

foto: masterclass.com

Mi yang satu ini tidak kalah terkenal dari ramen.

Meski sama-sama berkuah, udon punya ciri khas tersendiri yakni tambahan nori, sup dashi (kaldu ikan ditambah jahe segar). Selain itu, mi yang ada di udon adalah mi gandum yang tebal.

Cita rasa yang disajikan udon membuatnya cocok dinikmati di segala musim. Beberapa pedagang menambahkan tempura sebagai pelengkap.

13. Takoyaki

makanan khas jepang

foto: dream.co.id

Satu lagi yang dipanggang dari makanan khas Jepang, takoyaki. ‘Tako’ berarti gurita, dan ‘yaki’ berarti dipanggang.

Takoyaki sering ditemukan sebagai jajanan pinggir jalan orang Jepang, yang kini juga tidak sulit mencarinya di pedagang kaki lima Indonesia.

Takoyaki dibuat dengan tepung terigu yang diisi potongan terigu yang kemudian dibentuk bulat dalam cetakan. Karena dipanggang, takoyaki tidak menggunakan banyak minyak.

14. Soba

makanan khas jepang

foto: justonecookbook.com

Olahan mie yang satu ini tentu berbeda dengan ramen maupun udon. Karena soba adalah makanan tradisional jepang yang dibuat dengan tepung gandum kuda.

Tepung gandum kuda digiling, diuleni menjadi adonan.

Kemudian dipotong dan direbus. Soba disajikan bisa dalam keadaan panas dan dingin. Kakesoba (panas) biasa disantap dengan kuah dashi yang gurih.

Sedangkan morisoba (dingin) disajikan dengan tsuyu. Rasanya juga gurih, tapi punya citarasa sedikit manis dan pahit.

15. Yosenabe

makanan khas jepang

foto: angsarap.net

Yonosabe adalah sup tradisional jepang yang masuk kategori hot pot. Sebagai makanan khas jepang di musim dingin, yosenabe disajikan khas dengan panci tradisional jepang (donabe).

Panci ini memberikan rasa khas yang tidak bisa didapatkan ketika disajikan dengan panci modern.

Sup ini memiliki air kaldu yang berisi daging, tahu dan sayuran.

Karena porsinya yang besar, yonosabe sangat cocok dimakan ramai-ramai bersama keluarga maupun kolega. Suasana hangat yang tercipta akan bertambah dengan hangatnya sup yonosabe.

16. Ebi Furai

makanan khas jepang

foto: tripadvisor.com

Satu lagi gorengan dari Jepang, yakni ebi furai. Tak seperti sajian udang lainnya, ebi furai hadir dengan udang yang tegak lurus. Sebelum dimasak, tulang punggung udang disayat terlebih dahulu.

Sebenarnya, dahulu udang yang digunakan adalah kuruma ebi, tapi saat ini berkembang menggunakan udang jenis windu dan ise ebi. Udang akan dilapisi tepung roti kemudian digoreng.

Tak lupa, ketika disajikan ada saus dan jus lemon yang semakin membuat makanan asal Nagoya ini lebih lezat.

17. Ringo ame

makanan khas jepang

foto: blog.ciayo.com

Gula-gula apel dengan balutan manisan ini sering ditemukan ketika festival musim panas di Jepang.

Ringo ame adalah salah satu makanan Jepang favorit banyak orang yang sangat mudah ditemukan di deretan kios kecil saat festival.

18. Shabu-shabu

makanan khas jepang

foto: genpi.co

Tak perlu khawatir, shabu-shabu makanan khas Jepang ini tidak memabukkan meski namanya mirip salah satu narkotika terlarang di Indonesia.

Justru ia berisi daging sapi, ayam, ikan, atau kakap yang diiris dan dicelupkan ke panci khusus.

Rempah-rempah dalam shabu-shabu mendominasi sehingga rasanya gurih dan lezat. Shabu-shabu biasa disajikan dengan saus wijen, ramen, tahu, kuzukiri maupun sayur-sayuran.

Satu paket daging dan sayuran hangat ini begitu sayang untuk dilewatkan.

19. Yakisoba

makanan khas jepang

foto: thewoksoflife.com

Jika Anda membaca kata ‘soba’, tentu ini adalah mie khas Jepang. Yakisoba merupakan mie goreng, namun mi yang digunakan adalah mi kukus yang dibuat dari tepung terigu. 

Yakisoba biasa dimasak dengan bumbu, bubuk katsuobushi, saus uster ataupun mayones.  Nantinya, yakisoba disajikan dengan sayur dan daging.

20. Yudofu

makanan khas jepang

foto: japanesecooking101.com

Yudofu adalah salah satu makanan hot pot dari Jepang. Yudofu menyuguhkan sup tahu yang diberi kuah kaldu segar dan sayuran. Makanan khas Kyoto ini sangat cocok dinikmati ketika musim dingin datang.

Tak lengkap yudofu disajikan tanpa sausnya yang biasa disebut saus ponzu atau yuzu kosho.

Saus ini terdiri dari bubuk cabai, garam dan kulit jeruk. Apakah Anda sudah bisa membayangkan lezatnya tahu dari Jepang ini?

21. Karaage

makanan khas jepang

foto: cooking.nytimes.com

Daging ayam atau ikan dipotong kemudian dibumbui saus rendaman asin yang dibuat dari bawang putih, kecap dan jahe yang biasa disebut mirin.  Kemudian daging dilapisi tepung terigu atau tepung kentang.

Setelah itu, daging akan direndam dalam minyak yang banyak atau biasa dikenal dengan deep frying.

Teknik memasak ini disebut karaage. Dengan teknik ini, daging tadi bisa lebih gurih dan renyah saat dimakan.

22. Sukiyaki

makanan khas jepang

foto: japancentre.com

Sukiyaki mirip seperti yosenabe, tetapi panci yang digunakan adalah panci besi modern. Bumbu khas sukiyaki ada dua, yakni sukiyaki versi kansai dan sukiyaki versi kanto. 

Dalam versi kansai, bumbu yang diberikan adalah kecap asin dan gula pasir. Sedangkan di sukiyaki versi kanto, saus yang digunakan adalah campuran dashi, kecap asin, gula pasir dan mirin.

Ada yang unik dari Sukiyaki, yaitu cara memakannya.

Sebelum Anda santap, Anda terlebih dahulu harus mencelupkan daging sapi, sayuran atau tahu yang dimasak ke dalam kocokan telur ayam.

Bawang bombay, jamur shiitake, sawi putih, dan ito konnyaku sering ditambahkan sebagai pelengkap Sukiyaki.

23. Fugu

makanan khas jepang

foto: savorjapan.com

Kata ‘fugu’ berarti ikan buntal. Ikan ini paling populer dipasok dari salah satu daerah di Jepang yaitu Shimonoseki. Biasanya, fugu akan disajikan bersama sashimi, digoreng, atau dipanggang.

Harganya cukup menguras kantong. Anda perlu menyiapkan sekitar 1,5 juta untuk satu porsi fugu.

Makanan  ini tak hanya  mewah bagi konsumen, tapi juga bagi chef yang memasak. Tak sembarang chef bisa memasak fugu.

Mereka perlu mengambil kursus selama dua sampai tiga tahun sebelum bisa menjualnya.  Mengingat ikan ini beracun, jika salah teknik memasak, tentu akan membahayakan konsumen.

Harga dan proses yang sangat mahal ini sesuai dengan rasa fugu yang lezat. Anda tidak akan menyesal membayar, mungkin malah akan ketagihan.

24. Shiokara

makanan khas jepang

foto: zojirushi.com

Namanya memang asing di telinga masyarakat Indonesia, tetapi  shiokara cukup populer di kalangan warga Jepang. Jika sushi hadir dengan seafood yang mentah, shiokara justru difermentasikan.

Berbagai jenis potongan kecil hewan laut yang diberi bumbu coklat yang rasanya sangat asin memberi rasa yang unik di lidah.

Orang Jepang sampai memberi sebutan khusus untuknya yakni ‘chinmi’ yang berarti rasa yang langka.

Cara memakannnya pun bisa langsung ditelan tanpa dikunyah. Biasanya, orang Jepang memakan shiokara sambil ditemani wiski.

Proses fermentasi terhitung mudah.

Mula-mula, seafood yang masih mentah dicampur dengan garam dan tepung beras kemudian disimpan atau diinkubasi dalam wadah yang tertutup rapat. Selama satu bulan, proses fermentasi ini dilakukan.

25. Sup miso

makanan khas jepang

foto: selerasa.com

Terakhir, sup miso. Kuahnya yang punya ciri khas tersendiri sangat memanjakan lidah. Belum lagi isinya yaitu dashi yang dilengkapi dengan seafood dan sayur.

Dinamakan miso karena bumbu utamanya adalah miso.

Biasanya, orang Jepang memakan miso di saat sarapan. Bisa Anda bayangkan betapa nikmatnya pagi hari disuguh kuah hangat sup miso bersama nasi putih khas Jepang.

Semakin berkualitas dashi dan miso-nya, semakin kuat rasa yang dihasilkan.

Miso tidak hanya satu jenis di Jepang. Ada shinshu miso, shiro miso, dan hatcho miso. Ketika memasak sup, tidak semuanya dimasukkan, biasanya akan dipilih salah satu saja.

Itu dia 25 ulasan makanan khas Jepang yang sayang untuk Anda lewatkan. Makanan ini wajib Anda coba ketika berkunjung ke sana. Berapa menu yang sudah dan belum pernah Anda coba?