Selain Pewangi Alami, Inilah 8 Manfaat Daun Pandan Lainnya

Selain Pewangi Alami, Inilah 8 Manfaat Daun Pandan Lainnya image

Populer akan wanginya yang mampu menyedapkan masakan, ternyata daun pandan kaya akan nutrisi yang menyehatkan tubuh.

Manfaat daun pandan tak hanya sekadar untuk penyedap makanan, akan tetapi juga untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Daun pandan disinyalir dapat menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar glukosa darah, hingga menetralisir racun.

Tanaman berwarna hijau ini banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan. Daun pandan kerap dijadikan bahan pewangi untuk sajian makanan penutup.

Berikut ini adalah manfaat yang bisa Anda peroleh dari daun pandan.

1.   Detoksifikasi Racun dalam Tubuh

manfaat daun pandan

Daun pandan memiliki kandungan yang dapat berfungsi sebagai penetralisir racun dalam tubuh. Aktivitas sehari-hari di ruang terbuka meningkatkan risiko terpapar radikal bebas yang lebih tinggi.

Hal ini menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit.

Untuk menetralisir zat-zat tidak sehat yang masuk ke dalam tubuh, Anda dapat meminum air rebusan daun pandan.

Air rebusan tersebut mampu membantu proses detoksifikasi sehingga menjadikan tubuh terutama organ hati lebih sehat.

2.   Mencegah Insomnia

Insomnia merupakan salah satu permasalahan yang banyak dialami penduduk perkotaan.

Aktivitas yang padat, tekanan pekerjaan ditambah paparan polusi memicu stress sehingga meningkatkan risiko insomnia dan menjadikan kualitas tidur menurun drastis.

Untuk mengatasinya, Anda dapat membuat ramuan dari rebusan daun pandan yang dicampur dengan madu secukupnya. Daun pandan memiliki kandungan alkaloid yang memberikan efek relaksasi pada tubuh.

Dengan ramuan tersebut, kualitas tidur Anda akan meningkat dan stamina pun jadi lebih bugar.

3.   Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat daun pandan untuk kesehatan diyakini dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Jika Anda merasakan gejala hipertensi seperti sakit kepala dan kelelahan, ada baiknya Anda meminum ramuan rebusan daun pandan.

Cara membuatnya yaitu dengan merebus 10 gram daun pandan dalam dua gelas air. Tunggu hingga cairan berwarna kehijauan yang menandakan daun pandan telah tercampur dengan baik dalam air.

Anda bisa meminumnya dua kali sehari secara rutin untuk menurunkan tekanan darah yang naik.

4.   Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat lain dari daun pandan yaitu dapat membantu menurunkan kadar glukosa dalam darah. Berdasarkan sebuah penelitian, ekstrak daun pandan dapat membantu meningkatkan produksi insulin yang berperan dalam pengolahan gula.

Ekstrak daun pandan juga dapat mengendalikan kadar gula dalam darah karena pasokan insulin terpenuhi. Sehingga daun pandan juga baik untuk mencegah diabetes.

5.   Meredakan Rasa Nyeri

manfaat daun pandan

Manfaat daun pandan untuk mengatasi nyeri bisa Anda peroleh dengan meminum air rebusan pandan secara rutin.

Daun pandan memiliki sifat analgesik yang dapat meredakan nyeri yang Anda rasakan di bagian kepala, dada, atau kram perut.

6.   Meningkatkan Nafsu Makan

Anda bisa memanfaatkan daun pandan sebagai bahan untuk mengembalikan nafsu makan yang menurun atau bahkan hilang. Caranya dengan merebus 10 gram daun pandan ke dalam tiga gelas air.

Kemudian tunggu hingga nutrisi dalam daun pandan tercampur dengan air sehingga hanya menyisakan satu gelas saja. Meminum racikan ini secara rutin memiliki khasiat meningkatkan nafsu makan yang hilang.

7.   Bahan Terapi Kanker

Ternyata daun pandan juga memiliki efek menakjubkan untuk melawan dan menghambat perkembangan sel kanker dalam tubuh.

Kandungannya yang memiliki efek antimiotic, apoptotic, dan antiproliferative memungkinkan daun pandan untuk dijadikan bahan terapi kanker.

8.   Mengatasi Ketombe

Siapa yang menyangka ternyata daun pandan tak hanya bermanfaat untuk kesehatan organ dalam namun juga untuk rambut.

Manfaat daun pandan untuk rambut ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki permasalahan rambut khususnya ketombe. Jika Anda sering mengeluh karena gagal mengatasi ketombe, terapi ketombe menggunakan daun pandan patut Anda coba.

Caranya dengan membuat racikan dari 10 lembar daun pandan yang dihancurkan bersama 100 ml air hingga benar-benar lembut.

Selanjutnya, oleskan racikan tersebut ke permukaan kulit kepala selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu bilas menggunakan air hangat.

manfaat daun pandan

Itulah manfaat daun pandan yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Menjaga kesehatan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami memang dianjurkan.

Meski begitu, tak ada salahnya Anda mengkonsultasikan dengan dokter pribadi Anda jika terjadi permasalahan serius yang harus ditangani secara medis.