Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan dan Kecantikan image

Buah delima, buah surga kesukaan Nabi Muhammad Saw ini memiliki banyak khasiat. Khasiat buahnya dipercaya bisa menurunkan risiko berbagai macam penyakit.

Bukan hanya untuk kesehatan, ada pula manfaat buah delima untuk kecantikan yang menjadi masalah kaum hawa.

Buah delima berwarna merah dan memiliki rasa yang manis. Segudang manfaat, delima ini mulai dari antioksidan hingga membunuh sel kanker.

Bukan hanya buahnya, di bagian biji serta kulitnya terdapat banyak kandungan nutrisi.

Kandungan Nutrisi Buah Delima

Kandungan nutrisi dalam satu keseluruhan buah delima sangat baik untuk tubuh. Kulitnya memiliki kandungan berupa serat, protein, vitamin C dan K, folat, serta kalium.

Dalam segelas jus delima Anda sudah bisa mendapatkan sumber fruktosa, sukrosa, dan glukosa yang baik untuk tubuh. Tak ketinggalan asam organik sederhana seperti asam askorbat, sitrat, fumarat, dan malat di dalamnya.

Kandungan lainnya dalam buah delima yakni asam amino terkhusus prolin, metionin, dan valin. Sedangkan di bagian kulitnya terkandung polifenol.

Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan

manfaat buah delima

Buah delima atau punica granatum memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, baik itu dalam bentuk buah segar, sari buah, pasta, atau olahan lainnya. Di Indonesia sendiri buah ini cukup mudah didapatkan. 

Kandungan nutrisi dan gizinya yang tinggi sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut ulasan lebih detail tentang manfaat delima untuk kesehatan tubuh.

1. Menurunkan Risiko Sakit Jantung dan Stroke

Dengan mengonsumsi buah delima secara teratur dan rutin, Anda bisa terhindarkan dari masalah serangan jantung atau stroke karena aliran dalam darah mengalir dengan lancar.

Selain melancarkan aliran darah, buah ini dipercaya mampu membantu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh sehingga arteri bersih dari gumpalan apa pun.

2. Sistem Pencernaan yang Lancar

manfaat buah delima

Manfaat buah delima yang juga banyak digunakan masyarakat yaitu untuk mengatasi masalah pencernaan dengan cara dibuat jus. Delima dianjurkan untuk dikonsumsi penderita penyakit kolitis ulseratif, crohn, dan radang usus.

Ini dikarenakan jusnya mampu melancarkan sistem pencernaan serta mengurangi peradangan di usus.

3. Mengurangi Kolesterol Jahat

Penelitian yang dilakukan oleh American Journal of clinical nutrition menunjukkan hasil bahwa buah delima ini kaya antioksidan yang mampu mencegah oksidasi LDL dalam tubuh.

Bahkan kandungan antioksidan dalam buah delima tiga kali lipat lebih besar dibandingkan dengan teh hijau atau orange juice.

Buah dan sayur yang kaya antioksidan dipercaya mampu mengurangi kadar kolesterol di mana fakta ini memperkuat khasiat buah delima dalam mengontrol LDL dalam tubuh.

Namun, untuk buah delima sendiri masih membutuhkan penelitian lebih lanjut karena data yang dihasilkan masih belum konsisten.

4. Menjaga Stabilitas Tekanan Darah

Buah delima mampu menghasilkan asam punisat serta membantu menjaga stabilitas tekanan darah. Asam punisat inilah yang berperan penting dalam membantu menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, dan tekanan darah.

5. Menjaga dan Meningkatkan Sistem Imun

Senyawa antiinflamasi dan vitamin C dalam buah delima juga sangat bermanfaat dalam menjaga dan meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh dari risiko virus dan bakteri jika dikonsumsi rutin setiap hari.

Bagi penderita rheumatoid, arthritis, dan osteoarthritis juga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini secara rutin.

6. Meminimalisir Risiko Alzheimer

Dalam sebuah riset kesehatan dari Vanderbilt University Medical Center ditemukan sebuah fakta bahwa delima mampu mengurangi risiko alzheimer hingga 76% jika dikonsumsi sebanyak tiga kali atau lebih dalam seminggu.

Bukan hanya menurunkan risiko alzheimer saja, buah delima juga memiliki khasiat untuk mencegah gangguan perut, kanker, rematik, kurang darah atau anemia, serta diabetes.

Manfaat Buah Delima untuk Kecantikan

Beberapa manfaat delima untuk kecantikan jika mengkonsumsinya secara rutin di antaranya yaitu:

  1. Mengurangi tanda penuaan dini
  2. Mencerahkan kulit wajah
  3. Melembabkan kulit
  4. Mengatasi radang kulit akibat jerawatan
  5. Mengatasi masalah kulit kering
  6. Menjaga kelembaban kulit dengan hidrasi yang cukup
  7. Bermanfaat juga untuk mengatasi masalah kulit berminyak

manfaat buah delima

Itulah berbagai manfaat buah delima untuk kesehatan sekaligus kecantikan yang bisa Anda dapatkan apabila mengkonsumsinya rutin baik itu dalam buah segar ataupun diolah seperti dibuat jus.