Anda Perlu Tahu 10 Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan

Anda Perlu Tahu 10 Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan image

Siapa yang tidak kenal belimbing? Buah tropis berwarna kuning kehijauan dan memiliki rasa yang menyegarkan.

Belimbing, selain dikonsumsi langsung, juga kerap diolah menjadi jus segar dan aneka penganan, seperti rujak atau asinan. Manfaat buah belimbing juga terbukti sangat baik bagi kesehatan.

Manfaat Buah Belimbing

Belimbing atau dikenal dengan starfruit, tidak hanya punya rasa dan bentuk yang unik, namun juga memiliki segudang manfaat. Berikut 10 manfaat kesehatan buah belimbing yang perlu diketahui.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

manfaat buah belimbing

Buah belimbing sangat baik untuk dikonsumsi rutin karena mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jika Anda sering mengalami sakit batuk, demam, atau sakit tenggorokan, jangan langsung dibawa ke dokter.

Itu penyakit  yang bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi buah belimbing secara teratur. Mengkonsumsi belimbing secara rutin juga dapat meningkatkan produksi sel darah putih.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Siapa sangka buah unik ini ternyata bisa menjaga kesehatan jantung. Buah belimbing mengandung zat natrium dan kalium yang berfungsi sebagai pengganti elektrolit dalam tubuh.

Jika Anda mengkonsumsi belimbing secara rutin, hal itu dapat membantu mengontrol tekanan darah dan detak jantung. Tekanan darah Anda akan tetap normal dengan minum belimbing.

3. Mencegah Penyakit Kanker

Pada buah belimbing terkandung zat flavonoid polifenol yang dipercaya dapat membantu mencegah penyakit kanker. Kandungan zat ini mampu menghilangkan menghindarkan Anda dari efek perubahan genetik akibat radikal bebas.

Selanjutnya, efek mutagenik ini akan tersingkir dari tubuh, sehingga tubuh akan terhindar dari risiko kanker hati. Khasiat buah belimbing yang lain, dari kandungan seratnya, adalah membantu menurunkan risiko kanker usus besar.

4. Bersifat Anti Inflamasi

Beberapa keluhan penyakit kulit dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah belimbing. Kandungan antioksidan dan flavonoid pada belimbing dapat membantu mengurangi risiko peradangan kulit akibat radikal bebas.

Selain mengandung dua senyawa tersebut, buah belimbing juga kaya vitamin C yang bermanfaat membersihkan racun dalam tubuh serta meningkatkan produksi kolagen dalam kulit.

Dalam kondisi ini, Anda lebih mudah mengatasi peradangan yang bisa berpengaruh terhadap kesehatan pembuluh darah.

5. Mengontrol Tekanan Darah

Belimbing yang kaya zat kalsium, jika dikonsumsi secara rutin setiap hari, dapat menjaga tekanan darah dalam kondisi stabil. Selain mengontrol tekanan darah, belimbing juga diyakini mampu mencegah risiko penyakit kronis.

Dua penyakit berbahaya, yakni stroke dan serangan jantung, dapat dicegah dengan mengkonsumsi belimbing secara rutin.

Hal ini karena kandungan zat kaliumnya bisa mengurangi penumpukan plak pada pembuluh darah dan arteri.

6. Meningkatkan Sistem Pencernaan

manfaat buah belimbing

Jika Anda mengalami masalah dengan pencernaan, disarankan untuk rutin mengkonsumsi buah belimbing. Sebab, faedah buah belimbing untuk kesehatan, salah satunya dapat meningkatkan sistem pencernaan.

Buah belimbing mengandung serat penting yang berfungsi menjaga saluran pencernaan.

Kandungan seratnya mampu memperlancar saluran pencernaan. Hal itu dapat mengurangi gejala sembelit, kembung, kram, dan diare.

Keuntungan makan belimbing yang lain, belimbing dapat menyerap nutrisi makanan dalam tubuh. Selain itu, yang memiliki sifat anti peradangan dapat mengatasi penyakit kulit, seperti bisul perut.

7. Membuat Padat Tulang dan Gigi

Mengkonsumsi buah belimbing secara rutin juga mampu memadatkan tulang dan gigi. Beragam kandungan mineral, seperti zat besi, kalsium, dan lainnya, berfungsi meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.

Termasuk risiko penyakit tulang (radang sendi dan osteoporosis) bisa diatasi dengan buah belimbing.

8. Mengatasi Penyakit Maag

Bagi penderita penyakit maag, disarankan untuk mengkonsumsi buah belimbing secara rutin, karena sifatnya yang anti-ulkus. Belimbing mengandung terpenoid, flavonoid, dan lendir yang bermanfaat mengatasi penyakit maag.

Kandungan serat pada belimbing juga dapat mencegah asam lambung. Manfaat lainnya, dapat memperlancar masalah pencernaan serta mencegah sembelit.

9. Merangsang Produksi ASI

Bagi ibu yang sedang menyusui, sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah belimbing secara rutin. Kandungan nutrisi pada belimbing diyakini dapat merangsang produksi susu.

Mengkonsumsi belimbing juga dapat mengatasi penyumbatan kelenjar susu serta meningkatkan produktivitas ASI.

10. Menurunkan Berat Badan

Bagi yang sedang menjalani program diet, buah belimbing tetap aman dikonsumsi. Buah ini minim kalori namun kaya akan serat, sehingga dipercaya mampu meningkatkan sistem metabolisme.

Kondisi sistem metabolisme yang baik secara otomatis dapat menurunkan berat badan.

manfaat buah belimbing

Itulah beberapa manfaat buah belimbing untuk kesehatan. Jika hanya mengalami flu dan batuk ringan, jangan buru-buru ke dokter. Minumlah buah belimbing secara rutin agar kesehatan Anda tetap terjaga.