8 Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan dan Kecantikan

8 Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan dan Kecantikan image

Buah jeruk memang dikenal sebagai salah satu sumber vitamin C terbesar. Selain itu ada berbagai manfaat buah jeruk bagi tubuh yang tidak semua orang ketahui.

Anda yang rajin makan buah jeruk akan lebih merasakan manfaatnya dibanding yang tidak.

Jeruk memiliki rasa manis dan asam sehingga disukai banyak orang karena terasa segar saat dimakan. Selain rasanya yang nikmat Anda juga bisa mengambil manfaat dari buah jeruk ini.

Manfaat Buah Jeruk Untuk Anda

Buah jeruk memiliki harga yang terjangkau dan  mudah ditemukan. Tidak heran semua kalangan bisa menikmatinya. Simak berikut ini manfaat buah jeruk untuk Anda semua.

1. Untuk Kesehatan Mata

manfaat buah jeruk

Kandungan buah jeruk ternyata sangat baik untuk kesehatan mata Anda. Jika selama ini anda mengenal wortel saja yang baik dikonsumsi untuk mata, ternyata jeruk juga punya peranan penting.

Terdapat kandungan antioksidan dalam buah jeruk yang bisa mencegah terjadinya risiko katarak pada lansia. Katarak bisa disebabkan oleh radikal bebas, sedangkan buah jeruk mampu menangkal kerusakan tersebut.

Ini karena retina mata tetap terpelihara lewat kombinasi vitamin C dan vitamin E di buah jeruk.

2. Baik Untuk Jantung

Deskripsi manfaat buah jeruk yaitu memiliki kandungan polymethoxylated flavones dan d-limonene. Kandungan ini bisa mendetoks liver.

Hal selanjutnya yang terjadi yaitu gula darah jadi seimbang. Beberapa fakta tersebut tentu erat kaitannya dengan kesehatan jantung Anda. 

Jadi bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat kesehatan jantung konsumsi rutin buah jeruk sangat baik. 

3. Memperbaiki Mood

Bagi  yang sedang mengalami down atau mood-nya turun, selain makan coklat Anda juga bisa makan jeruk untuk memperbaikinya.

Suasana hati jadi lebih baik baik akibat kandungan folat pada jeruk yang membentuk serotonin. Sementara serotonin ini adalah zat kimia di dalam otak yang berkaitan dengan suasana hati atau perasaan senang. 

Selain makan buah jeruk aroma jeruk nipis atau jeruk lemon bisa meningkatkan mood dan energi.

4. Meningkatkan Imunitas

Anda yang rajin makan buah jeruk, imunitas tubuhnya tentu ikut meningkat. Apalagi jika mengkonsumsi jeruk jenis tangerine yang kandungan sistem imunnya 53% dari jumlah vitamin C yang dibutuhkan tubuh.

Selain itu jeruk juga bisa melawan infeksi pada tubuh. 

Jadi jika anda sedang menderita infeksi atau terluka, dengan makan buah jeruk maka kesembuhan anda akan lebih cepat terjadi. 

5. Mencegah Penuaan Dini

manfaat buah jeruk

Manfaat buah jeruk untuk kecantikan yaitu karena adanya kandungan antioksidan.

Antioksidan ini memiliki peranan untuk melawan radikal bebas yang jadi salah satu penyebab terjadinya penuaan dini pada kulit. Sebaiknya anda konsumsi buah jeruk setiap hari untuk menunda penuaan kulit. 

Tentu anda tidak mau mendapatkan kulit  sudah keriput di usia muda. 

6. Menjaga Kesehatan kulit Dan Rambut

Jeruk mampu menjaga kesehatan kulit dan rambut. Karena kandungan vitamin C dalam jeruk menghasilkan kolagen yang baik untuk kulit dan rambut.

Dan semua khasiat ini akan anda dapatkan bila rajin mengkonsumsi jeruk tangerine. 

Apalagi terdapat vitamin A, yang mampu melembabkan rambut Karena produksi sebum menjadi meningkat.

7. Melawan Mikroba dan Virus

Senyawa flavonoid pada jeruk bisa melindungi anda dari mikroba dan virus. Ini terdapat pada kulit jeruk. Khasiatnya bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi jus jeruk yang ditambahkan dengan sedikit kulitnya.

Jangan lupa sebelumnya untuk mencuci kulit buah tersebut. 

Jus kulit jeruk yang anda konsumsi rasanya akan sedikit pahit karena terdapat kandungan hesperidin di dalamnya. 

8. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Kulit buah jeruk bisa membantu mencerna makanan berlemak. Hal ini juga menjadi alasan mengapa air perasan jeruk lemon sangat baik bagi pencernaan.

Kandungan asam pada air lemon ini membantu membersihkan sampah makanan yang ada di pencernaan. 

Tapi hati-hati bagi yang memiliki penyakit lambung, jangan sembarangan mengkonsumsi jeruk lemon atau jenis jeruk lainnya. Anda perlu melakukan diskusi lebih lanjut tentang hal ini pada dokter yang ahli di bidangnya.

manfaat buah jerukBeberapa manfaat buah jeruk ini tentu sangat baik bagi tubuh. Maka dari itu anda tidak boleh melewatkan konsumsi rutin buah jeruk. Baik dimakan secara langsung, dibuat jus atau diolah menjadi makanan sehat lainnya.