8 Manfaat Apel Bagi Tubuh yang Wajib Anda Ketahui

8 Manfaat Apel Bagi Tubuh yang Wajib Anda Ketahui image

Di Indonesia,  apel adalah salah satu buah yang populer dan disukai hampir semua orang. Bahkan orang lebih suka menikmati atau secara langsung dibandingkan dengan diolah menjadi makanan lainnya.

Selain enak dimakan ternyata manfaat apel banyak sekali. 

Buah apel sering dijadikan sebagian orang sebagai makanan pencuci mulut.

Alasannya tentu selain nikmat, apel juga mudah ditemukan dimana saja. Jadi tidak ada salahnya bagi anda untuk tahu apa saja manfaat apel bagi tubuh. 

Manfaat Apel Bagi Tubuh 

Manfaat dari buah apel tentu saja bisa dirasakan oleh semua orang. Setidaknya dalam sebuah apel memiliki kandungan serat tinggi, vitamin C dan juga antioksidan.

Apel juga memiliki kalori yang cukup banyak namun bebas lemak dan natrium, simak manfaatnya lebih lengkap berikut ini.

1. Mengendalikan Gula Darah

manfaat apel

Manfaat 1 buah apel yang sering dikonsumsi adalah mampu mengendalikan kadar gula dalam darah. Dalam sebuah apel ini terdapat 17 persen asupan harian serat yang direkomendasikan untuk tubuh anda.

Terdapat serat larut di dalam apel yang tidak diketahui banyak orang.

Pada serat larut ini, manfaat tersembunyi dari apel itu sendiri. Apel mampu mengontrol gula darah akibat pektin bekerjasama dengan  fitonutrien yang juga mengontrol kadar lemak. 

2. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan antioksidan dalam apel memiliki peran yaitu mampu menangkal efek radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas bersumber dari sisa metabolisme dalam tubuh atau paparan sinar matahari, makanan dan udara.

Radikal ini biasanya memiliki jumlah elektron yang tidak stabil sehingga sifatnya reaktif dan bisa merusak sel tubuh. 

Antioksidan menjadi pendonor elektron bagi tubuh untuk menetralkan sifat reaktif yang ada di tubuh.

3. Membantu Kelancaran Program Diet

Manfaat apel untuk wanita bisa dimanfaatkan bagi anda yang sedang diet. Ketika diet biasanya Anda membutuhkan banyak asupan buah dan sayuran.

Makan apel bisa membuat rambut lebih merespon sehingga jadi cepat kenyang karena serat yang ada dalam buah ini cukup tinggi. 

Apel bisa dijadikan camilan saat sedang program diet, selain alami apel juga memiliki harga yang masih bisa terjangkau.

4. Mencegah Stroke

Manfaat buah apel untuk orang sakit yaitu sebagai pencegahan untuk penyakit stroke. Khasiat tersebut ada pada daging putih buah apel yang bisa mengurangi resiko penyakit berat ini.

Ini karena kandungan senyawa dalam daging apel yaitu phytochemical yang manfaatnya sama dengan karotenoid. 

Anda bisa mengkonsumsi 1 apel secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pencegahan penyakit stroke.

5. Menyehatkan Kulit

manfaat apel

Manfaat buah apel lainnya yaitu bisa menjaga kesehatan kulit. Kulit yang sehat dan lembab terawat adalah dambaan semua orang. Manfaat ini bisa anda temukan pada apel jika dikonsumsi secara rutin. 

Selain itu rajin makan apel bisa menghilangkan bekas jerawat pada wajah sehingga tidak mengganggu penampilan. Biasanya bekas jerawat cukup mengganggu bagi para wanita. Jadi manfaatnya tidak hanya pada kulit tapi juga pada wajah. 

6. Melancarkan BAB

Bagi Anda yang mengalami kesulitan buang air besar bisa mengkonsumsi buah apel secara rutin. Disarankan untuk mengkonsumsinya bersama kulit apel karena terdapat kandungan serat dan antioksidan.

Kandungan pektin pada apel membuat fungsi pencernaan normal kembali karena bakteri baik yang dihasilkan. 

Hal ini membuat pencernaan jadi lancar seperti sedia kala.

7. Mengobati Asma

Nah, bagi Anda yang menderita penyakit saluran pernapasan atau asma disarankan untuk makan buah apel. Apel sangat baik dalam mengobati penyakit asma, alasannya tentu karena quercetin yang ada pada sebuah apel.

Pada penyakit asma apel berperan sebagai anti-histamin dan antioksidan, jadi asma anda bisa berkurang.

 8. Mengurangi Resiko Kanker

Apel juga bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker. Seperti kanker payudara, paru-paru, mulut, kerongkongan dan kolorektal. Ini karena kandungan antioksidan pada apel yang bisa mengurangi peradangan.

Makan apel setiap hari untuk menurunkan resiko terkena penyakit mematikan, mengapa tidak?

manfaat apel

Itu tadi manfaat apel bagi tubuh, yang mungkin saja belum banyak orang mengetahuinya. Baik orang yang sehat atau sakit tetap disarankan untuk mengkonsumsi apel secara rutin.

Jika bosan makan apel secara langsung bisa diolah menjadi berbagai makanan olahan lainnya.