6 Manfaat Kelapa Ijo Untuk Kesehatan

6 Manfaat Kelapa Ijo Untuk Kesehatan image

Kelapa ijo merupakan salah satu jenis tanaman kelapa yang banyak tumbuh di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Tidak hanya airnya yang segar, daging buahnya yang kenyal dan manis juga menjadi favorit banyak orang.

Beragam manfaat kelapa ijo juga membuat banyak orang mengkonsumsinya.

Kelapa ijo mengandung banyak zat-zat alami yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Zat-zat tersebut adalah elektrolit, berbagai macam vitamin, mineral dan protein. Untuk mengetahui lebih jelas khasiat alami kelapa ijo untuk kesehatan, berikut ulasannya:

1. Mencegah pembentukan batu ginjal

manfaat kelapa ijo

Salah satu syarat agar ginjal tetap sehat dan tidak memproduksi batu ginjal adalah dengan memenuhi asupan cairan yang cukup bagi tubuh.

Kurangnya cairan dalam tubuh membuat kerja ginjal semakin berat sehingga kadar zat-zat seperti oksalat dan kalsium menjadi tinggi dan membentuk kristal di dalam air kencing.

Untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, tidak hanya air, Anda bisa mengkonsumsi air kelapa ijo.

Air kelapa ijo memiliki sifat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas sebagai respon atas tingginya kandungan oksalat dalam tubuh. Oleh karena itu, Anda harus tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda.

2. Mengatasi masalah tekanan darah

Manfaat penting kelapa ijo yang lain adalah membantu mengatasi masalah tekanan darah Anda. Air kelapa ijo memiliki kandungan potasium sebesar 600 gram pada setiap 240 ml cairannya.

Tidak hanya potasium, air kelapa ijo juga memiliki kandungan kalium yang tinggi.

Kedua zat pada air kelapa ijo ini diketahui mampu mengontrol tekanan darah, khususnya untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi. Selain itu, sifat anti trombotik pada air kelapa ijo bisa mencegah terjadinya penggumpalan pada darah. 

3. Menghilangkan dehidrasi

Apabila Anda sering berolahraga atau beraktivitas di luar ruangan, kebutuhan akan cairan Anda menjadi lebih besar. Jika Anda mengabaikan kebutuhan cairan ini, Anda menjadi sangat rentan terkena dehidrasi.

Gejala dehidrasi yang bisa dirasakan adalah mudah mengantuk, warna urine lebih gelap, cepat lelah, dan lainnya. 

Air kelapa ijo mengandung mineral elektrolit yang cukup dan mampu mengatur penyeimbangan kadar cairan dalam tubuh.

Apabila anda mengalami gejala mual dan perut tidak nyaman akibat dehidrasi dan olahraga berlebih, air kelapa ijo bisa membantu anda meredakannya. 

4. Menjaga kesehatan kulit

manfaat kelapa ijo

Salah satu kandungan penting dalam air kelapa ijo adalah asam laurat alami atau yang lebih sering dikenal sebagai antimikroba. Asam laurat berfungsi untuk melindungi dan mencegah infeksi pada kulit. 

Selain antimikroba, air kelapa ijo juga memiliki kandungan protein sitokin yang memiliki fungsi untuk mencegah peradangan sel kulit dan mengontrol pertumbuhan sel.

Protein ini juga memiliki fungsi untuk menyeimbangkan pH kulit sehingga tidak kering dan mampu mencegah penuaan dini.

5. Menjaga kesehatan jantung

Selain berfungsi untuk mencegah batu ginjal, keunggulan air kelapa ijo juga bisa menjaga kesehatan jantung Anda.

Peneliti yang melakukan riset terhadap tikus menemukan bahwa tikus yang mengkonsumsi air kelapa ijo mengalami penurunan kolesterol darah dan trigliserida. 

Selain itu, air kelapa ijo juga membantu tikus-tikus ini dalam menurunkan kadar lemak hati mereka.

Meskipun dibutuhkan riset lebih lanjut mengenai hal ini, air kelapa ijo diyakini mampu menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan penyakit  sindrom metabolik lainnya.

6. Menjaga kesehatan ibu hamil

Sifat antibakteri yang dimiliki oleh air kelapa ijo berfungsi untuk membantu ibu hamil terhindar dari penyakit yang berbahaya.

Selain itu, air kelapa ijo dipercaya membantu menjaga kesehatan janin dalam kandungan, khususnya untuk kesehatan kulit janin.

Asam laurat dalam air kelapa ijo memiliki kesamaan dengan asam laurat yang terdapat pada ASI.

Kesamaan karakteristik seperti antibakteri, anti jamur dan anti virus dipercaya sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil dan janin yang dikandung.

manfaat kelapa ijo

Demikianlah artikel yang mengulas tentang beragam manfaat kelapa ijo bagi kesehatan tubuh Anda. Harganya yang tidak terlalu mahal serta mudah untuk ditemukan tentu tidak akan menjadi halangan untuk Anda rasakan manfaatnya.

Semoga artikel mengenai kelapa ijo ini bermanfaat bagi Anda.