25 Makanan khas Jawa Timur yang Enak, Unik, dan Nagih

25 Makanan khas Jawa Timur yang Enak, Unik, dan Nagih image

Siapa yang bisa mengabaikan wisata kuliner Jawa Timur yang memiliki beragam makanan khas Jawa Timur yang enak, nama unik, dan bikin ketagihan ini?

Untuk Anda yang ingin menjajal ada wisata kuliner menakjubkan apa saja, berikut ini daftarnya. Jangan lupa dicicip kalau ke sana ya!

1. Rawon

makanan khas jawa timur

foto: dapurumami.com

Pertama ada Rawon dengan ciri khas kuah yang berwarna cokelat kehitam-hitaman di urutan pertama wisata kuliner khas Jawa Timur yang populer.

Kuahnya yang berwarna cokelat kehitam-hitaman ini didapat dari bahan rahasia yang bernama kluwek.

Di Jawa Timur, daerah Pasuruan menjadi salah satu lokasi paling terkenal untuk menjajal masakan khas Jawa Timur ini.

Rawon sangat pas dimakan dengan nasi hangat ditambah dengan kerupuk dan bawang goreng. Biasanya di dalam seporsi rawon ada daging sapi, tauge, telur, dan sayuran hijau.

2. Soto Lamongan

makanan khas jawa timur

foto: tribunnewswiki.com

Kuliner khas Jawa Timur ini cukup mudah ditemukan, bahkan di daerah lain selain Jawa Timur.

Namun, jika Anda bertanya apa perbedaan soto lamongan dan soto lainnya. Maka jawabannya adalah koya.

Koya adalah bubuk gurih yang dibuat dari bahan dasar kerupuk dan bawang putih. Dengan penambahan koya, citarasa Soto Lamongan menjadi sedikit berbeda dan gurih.

Bisa saja Anda menemukannya di daerah Anda, tetapi akan berbeda kesannya jika Anda mencicipinya di daerah asalnya langsung. Dijamin sensasinya beda dan rasanya sempurna.

3. Lontong Balap

makanan khas jawa timur

foto: kumparan.com

Namanya memang unik, tapi jangan sekali-kali berpikir untuk memakannya sembari balapan ya.

Apalagi sampai berpikir makanan ini untuk lomba, Anda salah. Kuliner khas ini mudah sekali ditemukan di sekitar jalanan Jawa Timur.

Lontong Balap sendiri merupakan perpaduan antara irisan lontong nasi dengan tambahan tahu goreng, tauge, kecap, kuah lenthok yang bercita rasa khas, sambal, bawang goreng, dan tambahan bumbu pelengkap lain.

4. Rujak Cingur

makanan khas jawa timur

foto: sajiansedap.grid.id

Sudah pernah mendengar kuliner satu ini kan? Lain dari rujak kebanyakan, isian rujak ini adalah daging dari mulut sapi (cingur), sayuran, dan berbagai bahan pelengkap lain.

Bumbunya pun berbeda. Di sini jika dikecap di lidah secara perlahan maka Anda akan menemukan perpaduan antara petis, cabai, gula merah, dan kacang goreng yang ditumbuk halus kemudian disiram di atasnya dengan tambahan sedikit air.

Air ini berguna agar tekstur bumbunya tidak terlalu kental alias sedikit encer.

5. Tahu Tek

makanan khas jawa timur

foto: indozone.id

Makanan khas Jawa Timur selanjutnya ada Tahu Tek. Dari namanya saja sudah kentara sekali jika kuliner satu ini berbahan dasar tahu.

Tahu Tek adalah tahu yang digoreng setengah matang dan dipadukan dengan bumbu pelengkap lainnya seperti tauge, kentang goreng, timun, dan yang mengenyangkan adalah potongan lontong.

Untuk menyempurnakan penampilannya, Tahu Tek akan disiram kuah kacang dengan petis yang dihaluskan.

6. Nasi Tumpang

makanan khas jawa timur

foto: amazingindonesia.id

Kalau makanan khas ini merupakan makanan khas Kediri dan menjadi masakan terbaiknya. Nasi tumpang juga kerap disebut sego tumpang, sego sendiri artinya memang nasi.

Menariknya dari masakan khas ini adalah kuah sambalnya yang terbuat dari tempe basi atau masyarakat Jawa bilangnya tempe bosok.

Tempe semangit nama lain tempe basi ini akan dimasak bersama daging ayam, kerupuk kulit atau krecek, hingga rambak yang menciptakan rasa gurih khas.

Nah, sambalnya sendiri diletakkan di atas nasi alias dengan cara ditumpang dengan tambahan ayam suwir dan cabai iris.

Jika Anda berburu kuliner Jawa Timur, wajib memasukkan makanan ini ke dalam daftar.

7. Lodho Ayam

makanan khas jawa timur

foto: genpi.co

Menu ini juga tidak kalah populer di seluruh Jawa akan kelezatan rasanya. Lodho ayam adalah menu terbaik khas Tulungagung. Anda yang ke Tulungagung jangan heran jika mudah menemukan makanan ini.

Resep dan bumbu yang digunakan untuk memasak ayam ini merupakan resep wasiat yang diturunkan dari generasi ke generasi. Sehingga kelezatannya jangan ditanya lagi.

Lodho ayam pun dibagi menjadi dua, lodho ayam kuah encer dan kuah kental. Anda cukup menyesuaikan dengan selera makan Anda saja.

Untuk menambah kenikmatan, santap ayam lodho ini dengan nasi gurih atau lebih dikenal dengan nasi uduk serta urap sayur. Dengan nasi tiwul juga tak kalah enak.

8. Rujak Soto

makanan khas jawa timur

foto: semangat45.co

Menu ini juga wajib dicicipi loh. Khususnya yang berkunjung ke Banyuwangi.

Seperti namanya, soto ini memang disajikan berbeda dengan soto lainnya. Makanan ini memang perpaduan dari dua jenis masakan yang dipadukan yaitu rujak dan soto.

Tepatnya perpaduan antara soto kuning babat dan rujak sayur. Untuk rasa, jangan diragukan. Yang ada malah Anda tambah karena ketagihan rasanya.

Isiannya sendiri ada lontong, irisan timun, sayuran yang direbus, tahu tempe yang dipotong, serta daging sapi (atau ayam) yang diiris.

Uniknya, bumbu rujak yang merupakan paduan petis dan cabai ini dicampurkan dengan jeroan sehingga rasanya makin menarik.

Untuk melengkapi santapan, tambahkan bawang goreng, daun seledri iris, emping atau kerupuk udang, tak lupa campurkan kecap.

9. Sego Tempong

makanan khas jawa timur

foto: lifestyle.okezone.com

Bagi Anda yang belum pernah menginjakkan kaki ke Jawa Timur pasti sangat asing dengan menu khas Jawa Timur yang ini. Namun, untuk pemburu kuliner terbaik nusantara pasti tidak asing dengan makanan ini.

Makanan khas Banyuwangi, Jawa Timur ini dinamakan sego tempong karena cita rasanya yang pedas. Tempong dalam bahasa sana memiliki arti memukul atau menampar.

Hal ini untuk menggambarkan betapa nikmatnya rasa pedas dan rasa yang berpadu dalam lidah hingga membuat seseorang kalap.

Seporsi nasi tempong disajikan bersama sayuran lengkap.

Sayuran di dalamnya ada kenikir, bayam yang direbus, kemangi, dan jangan ketinggalan sambalnya yang dijamin pedas yang disiram di atasnya.

Makin lengkap saja sajiannya dengan tahu dan tempe goreng, bakwan jagung, ayam goreng, atau olahan seafood, dan atau lauk lainnya.

10. Sate Madura

makanan khas jawa timur

foto: lifestyle.okezone.com

Jika Anda pernah menonton film Indonesia lawas, pasti akrab dengan penjual sate yang berbaju hitam, merah, putih dengan dialek khas Jawa Timur mirip dengan orang Madura asli.

Ini memang nyata adanya ya, ini adalah salah satu menu khas Madura yaitu sate.

Sate Madura sendiri memang sudah tersebar ke berbagai daerah di Indonesia sehingga mudah saja menemukan makanan ini.

Bedanya, di Jawa Timur proses pemanggangan satenya menggunakan batok kelapa untuk mendapatkan citarasa yang berbeda dengan daerah lainnya.

Dasarnya, sate Madura bukan hanya dari daging ayam tetapi ada juga sate kambing yang keempukan dan rasanya tidak kalah nendang.

11. Nasi Krawu

makanan khas jawa timur

foto: jatimsmart.id

Kota Gresik. Pasti pas pertama mendengar namanya Anda akan teringat dengan kota penghasil semen di Jawa Timur.

Namun, siapa sangka kota ini memiliki kuliner yang menggugah selera, yaitu Nasi Krawu.

Seporsi nasi ini terdiri dari berbagai bahan yang bikin Anda ngiler. Mulai dari daging sapi, serundeng, hingga rasa sambel terasinya. Penyajiannya sendiri dilapisi daun pisang yang bikin aromanya beda.

12. Lontong Kupang

makanan khas jawa timur

foto: food.detik.com

Jangan asing dengan makanan ini. Anda bisa dengan mudah menemukannya di area Surabaya, Sidoarjo dan Pasuruan.

Pun dengan Anda yang berada di pesisir Jatim bisa sangat mudah menemukannya.

Lontong ini berbahan dasar kupang putih yang merupakan biota laut menyerupai kerang tetapi bentuk dan ukurannya kecil. Setelah dikupas, kupang dimasak dengan tambahan bumbu rahasia.

Citarasanya jangan sampai dilewatkan loh.

13. Gethuk Pisang

makanan khas jawa timur

foto: idntimes.com

Bukan hanya makanan pokok saja, jajanan khas Jawa Timur ini tak kalah menawan rasanya. Jika umumnya Anda menjajal getuk singkong, di sini cobalah getuk pisangnya.

Pisang yang digunakan adalah pisang raja yang memiliki rasa manis, tekstur lembut, dan sedikit rasa asam yang khas.

Teksturnya yang lembut inilah yang banyak membuat orang merasa ingin bereksperimen lebih terhadapnya untuk dijadikan camilan.

14. Bebek Sinjay

makanan khas jawa timur

foto: idntimes.com

Jika Anda mengunjungi daerah Bangkalan di kawasan Madura, jangan lupa cicipi Bebek Sinjaynya.

Menu bebek ini sangat empuk dan sangat nikmat disantap dengan nasi hangat dan kremesan. Makin lengkap ditambah dengan mangga muda.

Bebek Sinjay sendiri banyak diburu setiap harinya loh karena tekstur bebeknya yang lembut ini.

15. Sambel Wader

makanan khas jawa timur

foto: masakandapurku.com

Persis seperti namanya, olahan khas Jawa Timur ini berbahan dasar ikan wader yang digoreng kering kemudian dimasak dengan cara disambel. Menu ini mudah Anda temukan di Mojokerto, Jawa Timur.

Meskipun namanya sambel wader, tetapi dalam satu porsi sambelnya ada tambahan ikan lainnya loh. Jadi buat Anda pecinta ikan, coba cicipi masakan ini.

16. Brem

makanan khas jawa timur

foto: genpi.co

Mencari oleh-oleh khas Jawa Timur? Jangan lupa beli brem yang khas kota Madiun.

Brem terbuat dari sari ketan yang diawetkan kemudian dikeringkan. Sari ketannya sendiri sudah mengalami proses fermentasi selama satu malam.

17. Bakso Malang

makanan khas jawa timur

foto: malserpong.com

Kuliner terbaik khas Jawa Timur yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Bakso Malang.

Dari anak-anak hingga usia senja pasti menyukai kuliner satu ini bahkan bisa menjadi salah satu menu makanan favorit.

Menu bakso ini sedikit berbeda dengan bakso pada umumnya. Ini dikarenakan dalam semangkok bakso Malang terdapat berbagai jenis bakso.

Mulai dari bakso biasa, bakso urat, bakso udang, bakso telur, bakso goreng, dan bahan pelengkap bakso lainnya.

Di sini, Anda diberi pilihan untuk menambahkan pangsit basah atau kering, ati ampela ayam, siomay, tahu, lontong, dan mie sesuai selera.

18. Orem-orem

makanan khas jawa timur

foto: faktualnews.co

Bukan hanya baksonya saja yang mesti dicicip, coba cicipi juga orem-oremnya.

Sajian khas Malang yang disajikan dengan suwiran ayam dan tempe, setelahnya dimasak dengan kuah yang kental. Jika dilihat lagi, tampilannya mirip dengan sayur lodeh atau opor.

Untuk variannya ada orem-orem ayam atau orem-orem telur, cobalah salah satunya. Umumnya ada yang disajikan dengan tambahan mendol tempe.

19. Nasi Boran

makanan khas jawa timur

foto: tribunnews.com

Dari kota Lamongan juga ada Nasi Boran yang tidak kalah lezat. Seporsi nasi boran terdiri dari daging ayam, jeroan, ikan bandeng, tahu dan tempe, serta telur asin.

Terkadang ditambah dengan ikan sili yang merupakan ikan liar yang hidup di rawa atau sungai yang banyak ditemukan di area Lamongan.

Nasi boran paling enak disantap dengan serundeng alias kelapa parut yang dibumbui kemudian digoreng atau kriuknya peyek.

20. Sompil

makanan khas jawa timur

foto: cookpad.com

Olahan ketupat yang tidak kalah menggiurkan untuk dicicip lidah adalah sompil.

Sajiannya irisan ketupat yang disiram kuah santan bumbu lodeh di mana di dalamnya diisi dengan potongan nangka muda, kacang panjang, dan rebung alias bambu muda.

Bahan di atas kemudian dimasak dengan tambahan santan cair.

Umumnya sompil disajikan dengan taburan potah. Potah ini terbuat dari kedelai goreng yang ditambah bawang putih kemudian digiling halus. Makanan ini sangat difavoritkan untuk sarapan.

21. Pecel

makanan khas jawa timur

foto: travelingyuk.com

Pecel ini menjadi satu-satunya makanan yang ada di setiap daerah. Bukan hanya Jawa Timur saja yang memilikinya. Bahan utama pecel adalah sayuran rebus.

Umumnya sih seperti kangkung, taoge, kacang panjang, kol, kemudian ada tambahan irisan timun.

Semua bahan utama di atas kemudian dicampur menjadi satu disiram dengan sambal kacang dan paling nikmat disantap dengan peyek.

Untuk nasi pecel yang enak, Anda bisa dapatkan di Kediri, Madiun, dan Blitar. Makanan ini umumnya dimakan saat makan malam atau sarapan.

22. Nasi Becek

makanan khas jawa timur

foto: maminusantara.blogspot.com

Ingin menjajal makanan unik dari Jawa Timur

Cobalah nasi becek yang terdiri dari nasi yang disiram kuah kari kambing kental. Tampilannya mirip dengan soto babat tetapi ada sate sebagai pelengkapnya.

Namun sate kambing yang disajikan sudah dilepas tusuknya sehingga tidak perlu repot memakannya.

23. Kare Rajungan

makanan khas jawa timur

foto: kompasiana.com

Pecinta seafood jangan lupa mencicipi kare rajungan alias kepiting besar yang dimasak dengan santan. Rasanya tiada duanya, dijamin mantap! Untuk lebih mudah menemukan makanan ini, coba ke daerah Tuban.

24. Suwar-suwir

makanan khas jawa timur

foto: telusurjember.com

Suwar-suwir adalah cemilan khas Jember yang terbuat dari fermentasi singkong. Tampilannya mirip dengan tape tetapi untuk ukurannya, ia memiliki ukuran sekitar 4 cm.

Biasanya makanan ini ditambah dengan beragam rasa, mulai dari rasa cokelat hingga rasa buah.

Apalagi sekarang tampilannya makin cantik karena sudah ditambah dengan banyak pewarna yang menarik. Untuk tekstur mirip dengan dodol, tetapi rasanya lebih manis, keras atau padat bentuknya.

25. Menjes Malang

makanan khas jawa timur

foto: ngalam.co

Penyuka keripik jangan lupa membeli Menjes Malang yang terbuat dari ampas tahu.

Bahan yang digunakan adalah tepung yang sudah dibumbui dengan bumbu peyek. Sedangkan untuk balutannya ada bumbu kunir, daun jeruk, bawang putih, ketumbar, dan kemiri.

Untuk tekstur memang empuk dan enak, tetapi tidak renyah seperti keripik ya.

Itulah daftar makanan khas Jawa Timur yang bisa Anda masukkan ke dalam wisata kuliner Anda jika berkunjung ke Jawa Timur.

Selain lezat, tidak sedikit masakan khas Jatim ini memiliki citarasa unik dan menggugah selera.