24 Makanan Khas Bandung Yang Wajib Anda Coba

24 Makanan Khas Bandung Yang Wajib Anda Coba image
Bagi anda pecinta kuliner wajib sekali mencoba makanan khas Bandung, karena rasanya sudah pasti sangat nikmat.

Anda bisa menemukan banyak sekali makanan khas dari kota Bandung yang terkenal hingga ke pelosok Indonesia. Kota Bandung memang terkenal sebagai destinasi favorit bagi para wisatawan. 

Jika anda berkunjung ke sana banyak hal menarik yang ditawarkan. Mulai dari tempat wisata, bidang pendidikan, hingga makanan khas Bandung

Simak beberapa kuliner Bandung yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke kota hujan ini.

1. Cireng

makanan khas bandung

foto: merdeka.com

Sebutkan makanan khas Bandung yang paling terkenal sudah pasti cireng salah satunya. Siapa sih yang tidak pernah mendengar nama ini pasti sangat familiar.

Cireng adalah ke singkatan dari aci digoreng, makanan ini dibuat dari bahan tepung kanji, orang Bandung menyebutnya aci. 

Selain kanji ada pula terigu, daun bawang, bawang putih dan penyedap sebagai adonannya. Kemudian adonan ini digoreng dan siap disajikan.

Namun seiring berkembangnya waktu,  cireng tidak hanya disajikan sendirian. 

Ada tambahan ayam, keju, bakso sapi, hingga sosis. Biasanya cireng ditambah dengan saus sambal atau kecap sebagai pelengkapnya.

2. Peuyeum

makanan khas bandung

foto: metrum.co.id

Cerita tentang makanan khas Bandung yang cukup melegenda adalah peuyeum.

Peuyeum ini mirip dengan tape tapi lebih kering. Makanan satu ini murah meriah jadi disukai banyak orang, belum lagi rasanya juga nikmat dan tahan lama. 

Peuyeum juga sering dicari banyak orang sebagai oleh-oleh, bahan utamanya adalah ketela.

Selain ketela, peuyeum juga terbuat dari beras ketan yang kemudian di fermentasi. Anda bisa dengan mudah menemukan penjual peuyeum di pusat oleh-oleh makanan khas Bandung. 

Peuyeum sangat cocok dinikmati dengan digoreng lalu ditambah toping berupa coklat atau keju.

3. Seblak

makanan khas bandung

foto: liputan6.com

Makanan hits Bandung satu ini juga dikenal di seluruh Indonesia.

Seblak jadi jajanan yang disukai banyak orang karena memang rasanya nikmat. bahan utama dari seblak adalah kerupuk mentah yang kemudian dibasahi dan direbus,  kemudian penyajiannya dicampur dengan bumbu pedas. 

Sudah pasti bumbu pedas untuk seblak ini terdiri dari cabai bawang putih garam kencur dan rempah-rempah lainnya. 

Untuk menambah variasi biasanya seblak disajikan dengan tambahan mie, sosis, sayur, bakso, daging sapi daging ayam, telur, makaroni bahkan jamur. 

Seblak terdiri dari dua jenis yaitu yang kering dan basah, namun yang dominan dikenal di luar kota Bandung adalah seblak basah.

Harga seblak juga relatif murah yaitu tidak sampai Rp. 20.000.

4. Mie Kocok

makanan khas bandung

foto: travel.kompas.com

Makanan di Bandung dan terbuat dari olahan mie adalah mie kocok. Mie kocok adalah olahan mie yang paling terkenal di Bandung.

Mie kocok ini penyajiannya dengan sayur dan juga kikil sapi namun memiliki rasa yang unik sehingga tidak hanya warga Bandung tapi juga wisatawan banyak yang suka. 

Mie kocok bisa dengan mudah anda temui di pinggir jalan di daerah kota Bandung.

Jajanan pinggir jalan dan merakyat ini juga sudah pasti harganya sangat terjangkau. Selain di pinggir jalan ada juga bisa menemukan menu mie kocok di warung atau rumah makan. 

5. Gehu Jeletot

makanan khas bandung

foto: genpi.co

Gehu Jeletot ini adalah  makanan Bandung yang terbuat dari bahan utama berupa tahu.

Tahu yang didalamnya terdapat isian berupa toge kemudian digoreng dengan lapisan tepung crispy sehingga rasanya tentu renyah dan gurih. 

Selain tahu isinya juga bervariasi mulai dari wortel kol bihun hingga daging cincang.

Isian gehu ini ditumis terlebih dahulu lalu dimasukkan ke dalam tahu untuk digoreng kembali. Untuk harganya sendiri juga sangat murah tidak sampai Rp5.000. 

6. Tahu Susu Lembang

makanan khas bandung

foto: katalogwisata.com

Kuliner Lembang  yang cukup terkenal dan tidak boleh Anda lewatkan ketika mengunjungi Lembang Bandung adalah tahu susu Lembang.

Makan tahu susu  anda akan merasakan sensasi yang lembut dan kenyal. Bahkan makanan ini jadi favorit dan para pembeli sering kehabisan karena sangat laku. 

Tahu susu tentu dibuat dari kedelai yang ditambahkan dengan susu murni agar rasanya gurih dan lembut.

Tahu susu memiliki bagian dalam yang lebih padat dan mengenyangkan ketika dimakan. Tahu susu bisa dimakan langsung atau digoreng terlebih dahulu dan disajikan dengan sambal. 

7. Pisang Bolen

makanan khas bandung

foto: idntimes.com

Kalau pisang bolen ini tentu saja jadi oleh-oleh favorit yang sering dicari-cari para wisatawan.

Pisang bolen ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu, untuk rasanya tidak berubah sama sekali sampai sekarangi. 

Tentunya karena ada resep turun-temurun dari pemiliknya. Untuk rasanya ketika pertama kali gigit adalah gurih dan manis.

Untuk varian rasanya juga cukup banyak yaitu keju, coklat hingga durian.

Salah satu penjual bolen pisang yang terkenal adalah Bolen Pisang Kartika Sari. makanan ini juga terbilang cukup tahan lama jadi sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk orang tersayang.

8. Batagor

makanan khas bandung

foto: pinterest.com

Batagor juga sangat terkenal tidak hanya di Bandung tapi di berbagai kota di Indonesia bahkan ke pelosok juga banyak yang tahu.

Batagor ini adalah singkatan dari bakso tahu goreng yang biasanya disajikan dengan saus kacang. 

Batagor ini memiliki rasa yang nikmat dan gurih serta harganya terjangkau untuk semua kalangan. 

Makanan khas Bandung dan cara pembuatannya ini juga terbilang mudah. Yaitu dengan menggunakan tepung tapioka yang digoreng berbentuk bulat seperti bakso ditambah dengan tahu.

Jika anda sangat menyukai batagor maka wajib mencobanya di kota di mana makanan ini berasal. 

Atau Jika anda ingin menjadikan batagor sebagai oleh-oleh bisa membeli batagor beku yang dilengkapi dengan bumbu terpisah. Cara ini agar  batagor awet sampai dibawa ke rumah. 

9. Surabi

makanan khas bandung

foto: dolandolen.com

Surabi adalah jajanan khas dari kota Bandung dan sangat terkenal. Surabi dibuat dari tepung terigu yang kemudian dicampur dengan santan agar rasanya gurih.

Jika Anda bosan dengan varian surabi original, maka bisa mencoba makanan ini varian rasa lainnya. 

Surabi Enhaii paling terkenal di Kota Bandung. Surabi juga cocok sekali dijadikan sebagai oleh-oleh dari Bandung.

Camilan ini membuat Anda ketagihan ketika memakannya.

10. Basreng

makanan khas bandung

foto: diadona.id

Makanan pedas di Bandung yang harus anda coba adalah basreng. basreng ini renyah mirip keripik namun memiliki rasa yang terbilang gurih. Camilan satu ini sangat cocok dimakan sambil minum teh atau kopi. 

Basreng kalau dijadikan oleh-oleh juga sangat cocok karena awet hingga beberapa minggu setelah dikeluarkan dari wadahnya.

Tips menyimpan basreng agar tahan lama yaitu letakkan di wadah yang rapat agar tidak mudah masuk angin. 

11. Wajit Cililin

makanan khas bandung

foto: foodnesia.net

Wajit Cililin  ini memang tidak terlalu familiar bagi Banyak orang tapi makanan ini selalu ada di toko oleh-oleh khas Jawa Barat.

Untuk pengemasan Makanan ini sangat unik yaitu terbungkus dari daun jagung yang sudah kering. Bahan utama pembuatan dari Wajit Cililin adalah beras ketan, gula merah dan juga kelapa. 

Untuk rasanya sangat manis dengan tekstur yang cukup lengket. Untuk nama Cililin sendiri diambil dari nama sebuah wilayah yang ada di Bandung. 

12. Gepuk

makanan khas bandung

foto: fimela.com

Makanan Sunda di Bandung yang bisa Anda temukan di kota Bandung adalah gepuk.

Gepuk ini ini asalnya dari Jawa Barat tapi cukup terkenal di kota Bandung. makanan ini terbuat dari bahan dasar daging sapi yang rasanya gurih dan manis. 

Daging sapi ini dipotong halus namun memanjang sehingga muncul seperti serat daging kemudian direbus dan setelah matang  langsung digepuk hingga lembut.

Kemudian daging direndam dengan aneka macam rempah dan santan lalu direbus. Setelah dirasa sudah merasa malu daging ini diangkat dan ditiriskan. 

Daging gepuk ini kemudian diproses lagi dengan digoreng menggunakan minyak yang sedikit. Makan daging gepuk dengan nasi hangat pasti sangat nikmat. 

13. Colenak

makanan khas bandung

foto: makanajib.com

Makanan satu ini juga memiliki nama yang sangat unik, colenak adalah singkatan dari 'dicocol enak'.

Makanan ini terbuat dari tape atau peuyeum yang kemudian dibakar lalu disiram dengan bahan spesial. Bahan spesial itu adalah campuran gula jawa  air dan juga parutan kelapa. 

Colenak ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu, jadi bisa dipastikan Makanan ini sangat melegenda.

Bahkan sekarang colenak memiliki variasi rasa tambahan yaitu nangka dan durian. Colenak sangat mudah Anda temukan di sekitaran Bandung. 

14. Lotek Macan

makanan khas bandung

foto: limakaki.com

Lotek khas Bandung dinamai lotek macan dengan rasa yang membuat Anda ketagihan ketika pertama kali memakannya.

Lotek ini dibuat menggunakan sayur segar lalu ditambah dengan bumbu kacang. Jika anda penyuka makanan pecel pasti merasa kalau keduanya mirip. 

Tapi sebenarnya berbeda karena lotek memiliki rasa yang lebih manis dan gurih. Untuk bumbu kacangnya ini terdiri dari kacang terasi bawang putih dan gula merah.

Lotek sangat nikmat jika dimakan dengan nasi hangat atau irisan lontong jangan lupa ditambah dengan kerupuk agar semakin kriuk. 

15. Nasi Kalong

makanan khas bandung

foto: pergikuliner.com

Jika mendengar namanya anda mungkin akan merasa cukup horor. Tapi jika dipikirkan kembali memang benar karena masih kalong hanya bisa anda temukan ketika malam hari. 

Cara memasak  nasi khas Bandung ini  yaitu menggunakan beras merah dan tambahan bumbu cabai  kemudian ada daun salam ditambah  bumbu penyedap. 

Yang membuat nasi kalong warna hitam adalah bumbu dengan nama kluwek. Nasi kalong lebih nikmat bila disajikan dengan ayam goreng madu sambal dan tumis buncis.

Jika anda sedang berkunjung ke Bandung jangan lupa untuk menikmati makanan mengenyangkan ini. 

16. Moring

makanan khas bandung

foto: cookpad.com

Moring ini adalah cemilan khas Bandung yang merupakan singkatan dari cimol kering. Moring dibuat dari tepung tapioka lalu ditambah dengan berbagai macam bumbu penyedap dan dibuat adonan.

Untuk rasa dari moring sendiri bisa Anda pilih sesuai selera mulai dari pedas asin manis dan lainnya. 

Moring juga sering disebut sebagai keripik moring karena bentuknya yang mirip keripik, pipih dan bulat.

Camilan ini sering dijadikan sebagai pelengkap untuk makan mie instan atau untuk lauk makan nasi saja juga enak. Moring yang dijadikan sebagai camilan juga tidak kalah rasanya.

17. Bandros

makanan khas bandung

foto: palapanews.com

Bandros menjadi salah satu kudapan yang nikmat dan menyenangkan. Dibuat dari adonan yang dicampur dengan santan kelapa dan sagu kemudian dimasukkan ke cetakan yang bentuknya cekung.  

Adonan dari bandros ini ketika masih setengah matang lalu ditaburi dengan kelapa parut lalu ketika sudah matang bisa disajikan. 

Bandros harus dinikmati ketika panas karena semakin nikmat rasanya. Untuk harga jajanan ini juga relatif murah sehingga Anda bisa menemukannya di tukang jualan kaki lima. 

18. Es Goyobod

makanan khas bandung

foto: theboxsceneproject.org

Minuman khas Bandung yang wajib anda nikmati adalah es goyobod. Es ini adalah minuman dingin yang sangat cocok untuk menghilangkan haus. 

Es goyobod penyajiannya adalah dengan sagu aren yang dibuat kenyal lalu tambah  kuah santan, serutan es dan jangan lupa ada susu kental manis.

Untuk bahan pelengkap biasanya ada roti tawar, pacar cina, kolang kaling, kelapa muda hingga alpukat. 

Untuk es goyobod memiliki harga yang sangat terjangkau di kantong anda.

Es goyobod paling nikmat ada di Jalan Kliningan, Lengkong, Kota Bandung. Harga es goyobod per porsinya hanya 3 ribuan saja. 

19. Cuanki

makanan khas bandung

foto: alampriangan.com

Mungkin anda sering mendengar nama makanan cuanki ini. Untuk penyajiannya cukup mirip dengan bakso Malang.

Cuanki satu porsinya terdiri dari bakso  basah dan goreng, siomay, aci, pangsit goreng dan pangsit rebus. Lalu ditambah pula dengan seledri dan daun bawang agar semakin ramai dan nikmat. 

Ketika pertama kali cuanki diperkenalkan di Bandung para penjualnya berjualan dengan cara berkeliling menggunakan gerobak. 

Namun kini karena semakin terkenal cuanki dijual di warung-warung agar lebih praktis jika para pembeli mencarinya.

Cuanki yang cukup terkenal di Bandung adalah Cuanki Serayu yang sudah ada sejak tahun 90-an.

20. Karedok

makanan khas bandung

foto: reseponline.info

Karedok adalah makanan yang bergizi dan menyehatkan dan juga berasal dari kota Bandung.

Sensasi ketika makan karedok adalah Anda akan merasakan kesegaran. Apalagi jika pedasnya karedok lebih ditingkatkan lagi maka akan semakin nikmat. 

Untuk warung penjual karedok yang terkenal di Bandung adalah Warung Cihapit Bu Siti. 

21. Nasi Timbel

makanan khas bandung

foto: dream.co.id

Nasi timbel ini dimasak dengan cara yang unik yaitu menggunakan daun pisang.

Nasi putih yang hangat dengan menggunakan aroma daun pisang ini akan semakin nikmat ditemani dengan daging, ayam atau ikan. Lalu ditambah pula dengan tahu tempe sambal dan juga lalapan. 

Makan nasi timbel dengan rasa otentik bisa anda temukan di Warung Nasi Timbel Bawean.

22. Ulukutek  Leunca

makanan khas bandung

foto: cookpad.com

Makanan satu ini juga termasuk kuliner dari Bandung yang cukup sehat dan tradisional.

Terdapat banyak kandungan nutrisi seperti kalori, vitamin dan  karbohidrat yang sangat dibutuhkan tubuh. lensa memiliki rasa yang gurih renyah dan sedikit pahit namun pedas. 

Ulukutek leunca juga sering di sajikan dengan tambahan oncom agar rasanya semakin lengkap.

Anda bisa menemukan ulukutek leunca ini di banyak tempat di Bandung salah satunya di Jalan Balonggede. Untuk satu porsinya dijual dengan harga Rp10.000. 

23. Keripik Maicih

makanan khas bandung

Keripik maicih ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh untuk orang-orang di rumah ketika anda berkunjung ke Bandung.

Maicih ini memiliki rasa pedas, bahkan pedasnya tersedia dalam berbagai level yang diinginkan para pembeli. Mulai dari yang pedasnya biasa saja hingga yang sangat pedas. 

Keripik Maicih menjadi ikon keripik yang ada di Bandung, bahkan beberapa tahun lalu menjadi trendsetter. Anda bisa dengan mudah menemukannya di toko atau pusat perbelanjaan Bandung.

Tidak perlu ke toko oleh-oleh, karena Maicih ada dimana-mana.

24. Tutut Bandung

makanan khas bandung

foto: lipi.go.id

Tutut ini bahan utamanya adalah keong yang diambil dari sawah. tutup biasanya dimasak dengan menggunakan banyak rempah dan cabai hingga rasanya pedas.

Anda tidak perlu khawatir bau amis dari keong ini karena biasanya sudah ditambah daun salam dan sereh. 

Tutut juga sering dimasak menggunakan sayur dan bumbu kuning. Cara memakan tutut yang paling disukai adalah dengan menyedot satu persatu untuk mengeluarkan dagingnya dari cangkang. 

Demikian beberapa makanan khas Bandung yang sangat direkomendasikan untuk anda ketika berkunjung ke kota ini. 

Untuk daftar kuliner dari Bandung tersebut rata-rata memiliki harga yang sangat terjangkau di kantong semua kalangan.

Jadi anda tidak perlu khawatir  budget habis ketika berjelajah kuliner di sana, karena sudah pasti murah, mengenyangkan dan rasanya nikmat.