22 Makanan Khas Sunda, Nikmatnya Menggugah Selera

22 Makanan Khas Sunda, Nikmatnya Menggugah Selera image

Provinsi Jawa Barat dikenal dengan kebudayaan Sunda yang begitu kental. Salah satu budaya Sunda yang tak bisa lepas dari benak masyarakat adalah kenikmatan kulinernya.

Bahkan, makanan khas Sunda tak hanya memanjakan lidah orang Sunda saja, tetapi juga masyarakat suku lainnya.

Menginjak Tanah Pasundan kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi berbagai kudapan khasnya.

Akan tetapi kini santapan istimewa khas Sunda bisa dinikmati di daerah-daerah lainnya. Nah, bagi Anda yang penasaran apa saja makanan Sunda yang lezat dan nikmat, berikut ini ulasan lengkapnya.

1.      Nasi Liwet

makanan khas sunda

foto: merdeka.com

Nasi liwet merupakan salah satu masakan khas Sunda yang cukup populer. Meskipun makanan yang satu ini juga dikenal sebagai makanan khas Solo, namun nasi liwet dari Sunda tidak sama dengan nasi liwet Solo.

Letak perbedaan diantara keduanya ada pada cara pembuatannya.

Nasi liwet Solo dimasak dengan campuran santan dan beberapa bumbu khusus. Hal ini berbeda dari nasi liwet Sunda yang tidak menggunakan campuran santan dalam pembuatannya.

Nasi liwet khas Sunda dimasak dengan menggunakan bumbu dan rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, serai, daun salam, cabe rawit, dan teri.

Nasi liwet yang dimasak dengan berbagai rempah menghasilkan cita rasa yang nikmat dan sedap. Untuk menambah selera, nasi liwet sering disantap dengan lauk pauk seperti ayam goreng, tahu tempe goreng, ikan asin, sambal, dan aneka lalapan.

2.      Nasi Tutug Oncom

makanan khas sunda

foto: masakapahariini.com

Nasi tutug oncom juga merupakan kuliner khas Jawa Barat yang wajib Anda cicipi. Dari namanya saja pasti Anda sudah bisa menebak kalau kuliner yang satu ini memiliki unsur oncom di dalamnya.

Nasi tutug oncom adalah nasi hangat yang dicampur dengan oncom bakar dan diberi taburan bawang goreng di atasnya.

Nasi tutug oncom biasanya dihidangkan dengan berbagai pilihan lauk pauk seperti ikan asin goreng, ayam goreng, tahu tempe goreng, dan sambal terasi.

Aneka lalapan segar seperti ketimun, daun kemangi, selada dan sebagainya juga menjadi pelengkap makan agar semakin nikmat.

3.      Nasi Timbel

makanan khas sunda

foto: okezone.com

Makanan khas Sunda yang unik berikutnya yaitu nasi timbel. Hidangan yang satu ini berupa nasi hangat yang dibungkus dengan daun pisang. Aroma khas daun pisang yang wangi membuat nasi tersebut menjadi semakin sedap saat disantap.

Penyajian nasi timbel biasanya dilengkapi dengan lauk pauk yang bervariasi seperti ayam goreng, ikan goreng, tahu dan tempe goreng, serta sambal terasi.

Selain lauk pauk, yang tak boleh terlewatkan dalam hidangan Sunda yaitu lalapan segar seperti daun kemangi, selada, dan mentimun.

Dahulu nasi timbel sering dijadikan bekal, namun sekarang Anda bisa menikmati lezatnya nasi timbel di berbagai rumah makan atau restoran mewah sekalipun.

4.      Karedok

makanan khas sunda

foto: fimela.com

Orang Sunda pasti sudah tak asing dengan makanan karedok. Bahkan karedok pun cukup familiar bagi orang-orang dari daerah lain. Karedok adalah makanan Sunda berupa potongan sayur-mayur yang disiram saus bumbu kacang.

Sekilas karedok tampak seperti makanan khas Betawi yakni gado-gado, namun sebetulnya keduanya tidak sama. Sayuran yang digunakan dalam karedok berupa sayuran segar yang tidak dimasak alias mentah.

Jenis sayur-sayuran untuk bahan karedok umumnya kacang panjang, tauge, terong bulat, kol, daun kemangi, dan sebagainya.

5.      Soto Bandung

makanan khas sunda

foto: idntimes.com

Sesuai dengan namanya, soto Bandung adalah makanan khas Bandung yang memiliki cita rasa tak kalah lezat dibanding hidangan lainnya.

Soto Bandung terdiri dari potongan daging sapi lembut dengan kuah bening yang dimasak dengan berbagai macam bumbu seperti serai, jahe, daun salam, bawang merah, bawang putih, dan sebagainya.

Dilihat dari tampilannya, soto Bandung tampak mirip dengan soto-soto Nusantara lainnya. Perbedaan utama yang cukup mencolok adalah soto Bandung dilengkapi dengan taburan kacang kedelai goreng dan irisan lobak rebus.

Agar tambah nikmat, soto Bandung kerap disantap dengan taburan bawang goreng, sambal, dan perasan jeruk nipis.

6.      Mie Kocok

makanan khas sunda

foto: kompas.com

Makanan khas Jawa Barat lain yang tak kalah nikmat adalah mie kocok. Penyajian mie kocok terdiri dari mie kuning, tauge rebus, bakso, potongan kikil yang disiram dengan kuah kaldu sapi.

Agar lebih sedap, mie kocok dihidangkan dengan taburan bawang goreng, daun bawang, daun seledri, dan perasan jeruk nipis.

Hidangan ini dinamakan mie kocok karena proses mie kuning yang dikocok di wadah tertentu sambil dicelupkan ke air panas. Para penikmat mie kocok tak jarang menambahkan kecap dan sambal agar semakin menggoyang lidah.

Kini, para penjual mie kocok menghadirkan mie yang kian bervariasi dengan tambahan babat, daging sapi, atau ceker ayam.

7.      Laksa Bogor

makanan khas sunda

foto: selerasa.com

Laksa Bogor adalah salah satu makanan khas Sunda di Bogor yang banyak dijumpai. Laksa Bogor dibuat dengan berbagai bahan seperti mie atau bihun, tauge, oncom, daun kemangi, kunyit, santan, dan beraneka macam rempah-rempah.

Yang membedakan laksa Bogor dengan menu laksa lain yaitu potongan oncom yang merupakan cita rasa khas tanah Sunda.

Kuah kuningnya yang gurih dan sedap menjadikan laksa Bogor sebagai salah satu hidangan Jawa Barat favorit masyarakat.

Laksa Bogor umumnya disajikan dengan potongan ketupat, tahu rebus telur rebus, sambal rawit, taburan bawang goreng, dan perasan jeruk nipis.

8.      Lotek

makanan khas sunda

foto: gotravelly.com

Selain karedok, makanan Sunda lain yang menggunakan bumbu kacang adalah lotek. Lotek terdiri dari sayur-sayuran yang direbus lalu dihidangkan dengan siraman bumbu kacang dan potongan lontong.

Sayur mayur yang ada pada hidangan lotek antara lain tauge, kol, bayam, kangkung, kacang panjang, daun kacang kedelai, dan kapri.

Keunikan rasa lotek ada pada penambahan kencur dalam bumbunya.

Jika dilihat sekilas, lotek tampak mirip dengan makanan khas Jawa yaitu pecel. Masyarakat biasanya menyantap lotek dengan tambahan kerupuk agar semakin nikmat.

9.      Bakakak Hayam

makanan khas sunda

foto: cookpad.com

Bakakak Hayam oleh masyarakat Sunda terkadang dinamakan ayam bekakak. Masakan satu ini juga merupakan kuliner khas dari tanah Pasundan yang wajib Anda cicipi.

Bakakak Hayam merupakan hidangan berupa satu ekor ayam kampung utuh yang dimasak dengan cara dipanggang.

Ayam dibelah terlebih dahulu agar proses pemanggangan merata. Bumbu halus yang terdiri dari kemiri, bawang merah, bawang putih, cabe merah, jahe, kunyit, ketumbar, merica, garam, dan kecap dibalurkan ke semua bagian ayam.

Bakakak hayam yang sudah matang bisa disajikan dengan sambal dan aneka lalapan segar.

10.  Sate Maranggi

makanan khas sunda

foto: indozone.id

Indonesia memiliki berbagai resep sate dari bermacam-macam daerah. Jika makanan khas Bali terkenal dengan sate lilitnya, maka Jawa Barat punya sate maranggi.

Sate maranggi adalah kuliner yang berasal dari Jawa Barat tepatnya kota Purwakarta.

Proses pembuatan sate maranggi diawali dengan merendam daging ke dalam bumbu yang sudah disiapkan.

Setelah bumbu meresap sempurna, baru daging dibakar hingga matang lalu disajikan dengan potongan tomat segar dan irisan bawang merah. Meskipun tanpa saus tambahan, sate maranggi tetap nikmat karena bumbunya yang meresap ke seluruh bagian daging.

11.  Empal Gepuk

makanan khas sunda

foto: pinterest.com

Sesuai dengan namanya, hidangan yang satu ini dimasak dengan cara menggepuknya. Irisan daging sapi dengan ukuran tipis direbus terlebih dahulu dengan berbagai bumbu sampai bumbu meresap.

Kemudian daging diangkat dan digepuk hingga terlihat serat-seratnya, lalu direbus kembali sampai kuah habis.

Setelah itu, Anda dapat menggoreng empal yang sudah matang. Empal gepuk akan terasa nikmat jika dihidangkan dengan nasi hangat, sambal, dan taburan bawang goreng di atasnya.

Makanan Sunda ini sangat cocok bagi Anda pecinta daging.

12.  Empal Gentong

makanan khas sunda

foto: detik.com

Sajian empal atau daging lainnya yang juga istimewa adalah empal gentong. Empal gentong dihidangkan dengan kuah santan yang gurih dan nikmat.

Selain daging sapi, bahan-bahan pembuatan empal gentong terdiri dari serai, lengkuas, cengkeh, kapulaga, daun salam, kayu manis, jahe, kunyit, gula, dan garam.

Empal gentong disajikan dengan taburan bawang goreng dan irisan kucai.

Resep masakan khas Sunda
ini sudah banyak beredar dimana-mana. Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah dan menyantapnya bersama keluarga.

13.  Tumis Genjer Oncom

makanan khas sunda

foto: bankjim.com

Masyarakat Sunda mengenal tumis genjer oncom sebagai hidangan yang lezat dan menyehatkan. Perpaduan antara sayuran genjer dan oncom menciptakan cita rasa khas Sunda yang memanjakan lidah.

Cara pembuatannya pun sangat simpel, yakni hanya menumisnya.

Potongan genjer dan oncom ditumis dengan bawang merah, bawang putih, cabe merah, kemiri, gula, dan garam yang dihaluskan.

Setelah itu ditambahkan potongan tomat dan cabe rawit. Tumis genjer oncom sering dijumpai di rumah makan Sunda.

14.  Batagor

makanan khas sunda

foto: dikemas.com

Anda pasti sudah tidak asing dengan nama makanan yang satu ini. Batagor adalah kuliner khas Bandung yang merupakan kepanjangan dari bakso tahu goreng.

Batagor terbuat dari adonan ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung sagu, telur, dan dibalut dalam kulit pangsit.

Adonan dalam kulit pangsit kemudian digoreng garing lalu disajikan dengan bumbu kacang dan kecap. Batagor kini sangat mudah ditemui di berbagai daerah luar Bandung atau Jawa Barat.

Batagor banyak dijual melalui gerobak keliling ataupun tempat makan khusus dan menjadi camilan favorit banyak orang.

15.  Asinan Bogor

makanan khas sunda

foto: idntimes.com

Siapa yang tak kenal dengan kudapan segar satu ini?

Asinan Bogor telah menjadi salah satu makanan favorit masyarakat karena kesegarannya. Asinan Bogor terdiri dari sayur-sayuran dan buah-buahan yang dicampur dengan kuah khusus.

Buah yang biasa dipakai sebagai bahan asinan antara lain nanas, bengkoang, mangga muda, pepaya, jambu, dan kedondong.

Sedangkan sayuran untuk asinan dapat berupa kol, sawi asin, tauge, daun antanan, ketimun, wortel, dan tahu. Kuah asinan Bogor biasanya dibuat dari gula garam, kacang tanah, ebi goreng, dan cabe yang dicampur menjadi satu.

16.  Soto Mie

makanan khas sunda

foto: grid.id

Soto mie merupakan salah satu hidangan khas Sunda yang populer di kalangan masyarakat. Kuliner ini terdiri dari campuran mie, kuah kaldu soto, potongan daging ayam atau sapi, tauge, kentang rebus, tomat segar, kacang, dan telur rebus.

Sementara itu, bahan pelengkap sajian ini antara lain perasan jeruk nipis, taburan bawang goreng, dan irisan daun bawang.

Soto mie sangat nikmat jika disantap dalam kondisi hangat. Penikmat soto mie juga tak jarang menambahkan kecap manis dan sambal untuk menambah selera. Selain soto mie khas Sunda, sajian soto mie lain yang juga terkenal berasal dari Jakarta.

17.  Siomay

makanan khas sunda

Siomay adalah kudapan khas tanah Pasundan yang sering dijadikan camilan.

Anda pasti sering menjumpai penjual siomay di gerobak-gerobak keliling. Makanan yang satu ini memang sudah sangat akrab bagi penikmat kuliner di mana saja.

Siomay terbuat dari adonan ikan, tepung, dan berbagai bumbu khusus yang dibentuk bulat-bulat lalu direbus. Siomay umumnya disajikan dengan kol rebus, telur rebus, kentang rebus, dan pare.

Semua kombinasi bahan tersebut kemudian disiram dengan saus kacang dan kecap manis sehingga tercipta cita rasa yang gurih, manis, dan pedas.

Satu porsi siomay biasanya dijual dengan harga murah meriah sehingga digemari banyak orang.

Popularitas siomay tak hanya dikenal orang Sunda saja melainkan oleh masyarakat luas. Bahkan, makanan ini telah menjadi kudapan favorit sebagian besar masyarakat.

18.  Geco
makanan khas sunda

foto: merahputih.com

Masyarakat Sunda memang terkenal sering membuat nama makanan dari singkatan. Selain batagor, nama singkatan lain yaitu geco yang merupakan kepanjangan dari tauge dan tauco.

Hidangan ini terdiri dari mie sagu, potongan ketupat, tauge yang dipadukan dengan saus tauco.

Paduan rasa manis, pedas, dan asam dari geco akan semakin nikmat jika dihidangkan dengan potongan tomat segar, daun bawang, kacang, udang, dan cuka lahang.

Jika Anda berkunjung ke Jawa Barat khususnya Cianjur, jangat lewatkan menikmati geco untuk melengkapi wisata kuliner Sunda, ya.

19.  Tahu Gejrot
makanan khas sunda

foto: detik.com

Selain empal gentong, Cirebon juga terkenal dengan tahu gejrot. Kudapan khas Sunda ini terbilang sederhana dan murah meriah namun cita rasanya tak kalah istimewa.

Bahan-bahan yang diperlukan mudah ditemukan, antara lain tahu sumedang, bawang merah, bawang putih, , dan garam.

Tahu sumedang digoreng hingga kering dan dipotong-potong lalu dicampur dengan bumbu yang diulek kasar.

Kemudian, tahu disiram dengan kuah yang terbuat dari campuran kecap manis, kecap asin, air asam jawa, gula merah yang telah dididihkan. Tahu gejrot siap disantap.

20.  Awug
makanan khas sunda

foto: republika.co.id

Tidak seperti makanan-makanan Sunda sebelumnya, kudapan yang satu ini memiliki cita rasa manis, legit dan gurih. Kue awug terbuat dari bahan tepung beras, kelapa parut, gula merah, daun pandan, dan garam.

Cara pembuatan kue awug yaitu dikukus dengan suatu alat dari anyaman bambu berbentuk kerucut atau aseupan.

Proses pembuatan awug diawali dengan memasukkan tepung beras dan kelapa parut ke dalam aseupan dan disiram dengan air garam.

Campuran tersebut diberi lapisan selingan berupa gula merah yang disisir lalu diberi daun pandan agar semakin harum dan sedap. Masyarakat Sunda biasanya menikmati kue awug dengan secangkir teh hangat.

21.  Tahu Sumedang
makanan khas sunda

foto: idntimes.com

Makanan khas yang satu ini pastinya sudah tidak asing di telinga Anda. Tahu Sumedang sangat sering dijadikan cemilan favorit masyarakat.

Berbeda dari tahu lainnya, tahu Sumedang memiliki tekstur yang renyah di luar namun lembut di dalam.

Menikmati tahu Sumedang sangat cocok saat masih dalam kondisi hangat karena renyahnya kulit tahu masih terasa.

Agar semakin nikmat, tahu Sumedang kerap disantap dengan cabe rawit hijau sebagai pelengkapnya.

22.  Combro
makanan khas sunda

foto: dapurkobe.co.id

Combro adalah makanan khas Sunda dari singkong dengan isian oncom. Combro sebenarnya merupakan singkatan dari oncom di jero, artinya ada isian oncom yang tersembunyi di balik adonan singkong yang digoreng.

Combro termasuk dalam jajanan tradisional dengan rasa asin pedas yang menggugah selera.

Bahan utamanya berupa singkong yang diparut kemudian diisi oncom yang telah ditumis dengan berbagai bumbu. Adonan singkong dibentuk bulat lonjong lalu digoreng sampai matang.

Oncom sangat cocok dijadikan cemilan saat berkumpul dengan keluarga.

Itulah beragam makanan khas Sunda yang memiliki cita rasa istimewa. Ragam kuliner tersebut adalah bagian dari kekayaan budaya Nusantara yang wajib dijaga dan dilestarikan.