20 Makanan Khas Jawa Barat Enak dan Bikin Ngiler!

20 Makanan Khas Jawa Barat Enak dan Bikin Ngiler! image

Suku Sunda yang menempati pulau Jawa bagian barat ini ternyata memiliki beragam makanan khas Jawa Barat yang otentik, lezat, dan pastinya akan membuat Anda ngiler!

Ada banyak sekali pilihan makanan jika Anda tengah berkunjung atau berwisata ke sini.

Untuk referensi wisata kuliner Anda yang sedang di sini, coba beberapa makanan di bawah ini.

1. Empal Gepuk

makanan khas jawa barat

foto: lifestyle.okezone.com

Salah satu makanan khas Sunda terpopuler dan favorit wisatawan adalah empal gepuk daging sapi. 

Bisa dibilang, makanan ini menjadi makanan wajib ada di setiap restoran Sunda.

Sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat dari daging sapi yang disayat tipis dan digepuk atau dipipihkan sampai gepeng kemudian dimasak dengan lumuran bumbu khas yang memiliki citarasa manis.

Daging yang sudah gepeng dan dibumbui, lalu diungkep hingga semua bumbu meresap hingga ke serat daging. Selain itu, daging pun makin empuk.

Empal sendiri bisa langsung dimakan atau digoreng dulu. Hidangan ini juga banyak yang menjualnya, mulai dari kaki lima hingga restoran.

Santap dengan nasi hangat, sambal yang segar, serta tambahan bahan lain seperti taburan bawang goreng atau kerupuk.

Empal siap disantap kapan saja dan di mana saja sebagai peneman makan.

2. Karedok

makanan khas jawa barat

foto: selerasa.com

Tampilan karedok memang mirip gado-gado, tetapi sajiannya berbeda.

Makanan asli Sunda ini disajikan dengan beragam sayur dan saus kacang tanah dengan tingkat kepedasan yang bisa disesuaikan.

Sayuran yang disajikan masih mentah alias tidak direbus sama sekali.

Makanan ini sangat cocok untuk yang sedang program diet. Perpaduan bumbu kacang ditambah dengan kencur sangat khas dan unik.

Sayur-sayuran yang digunakan biasanya timun, tauge, kacang panjang atau kacang-kacangan lainnya, terong hijau kecil, kol atau kubis, basil, dan beberapa jenis sayuran lain yang bisa ditambahkan sesuai selera Anda.

Perbedaan antara gado-gado dengan karedok adalah pengolahan sayurnya yang tidak direbus sedangkan di gado-gado sayurannya direbus.

Di Sunda, Karedok disebut dengan Lotek Atah yang berarti lotek mentah. Karedok paling enak dan pas disantap bersama nasi panas dan lauk seperti tahu dan tempe. Tak lupa kerupuknya.

3. Bakakak Hayam

makanan khas jawa barat

foto: fyine.com

Selanjutnya ada makanan unggulan tanah Sunda yaitu Bakakak Hayam. Awal mendengar atau membaca nama makanan ini pasti akan tertawa karena namanya yang lucu dan unik.

Namun, untuk sebagian masyarakat Pandeglang makanan ini digolongkan sebagai makanan utama untuk pesta adat seperti pernikahan, khitanan, dan lain sebagainya.

Bahan utama pembuatan hidangan ini adalah ayam utuh yang telah diberi bumbu khusus khas Sunda. Pengolahan ayamnya sendiri dipanggang.

Karena disajikan satu ekor ayam utuh, hidangan ini sangat cocok dijadikan sajian keluarga karena bisa disantap beberapa orang sekaligus.

Jika di Jawa Tengah dikenal dengan ayam ingkung, di Sunda ada Bakakak Hayam.

Untuk semakin membuatnya menggugah selera, Bakakak Hayam disajikan bersama sambal dan lalapan sayur. Sambalnya sendiri bisa memilih ingin sambal cabai merah atau sambal cabai hijau.

4. Mie Kocok

makanan khas jawa barat

foto: travel.kompas.com

Masih dari tanah Sunda yang memiliki banyak masakan khas Sunda dengan citarasa melegenda.

Kali ini khusus untuk para pecinta mie, yaitu Mie Kocok yang berbahan dasar mie kuning yang dihidangkan dengan kuah kaldu sapi.

Anda bisa dengan mudah menemukan olahan mie ini di kawasan Bandung.

Umumnya, mie kocok disajikan bersama tauge rebus, bakso, kikil yang diiris tipis atau kecil, perasan jeruk nipis, dan taburan daun bawang, seledri, Tak ketinggalan bawang goreng sebagai tambahan taburan.

Untuk yang menyukai babat juga bisa ditambahkan ke dalamnya.

Asal mula namanya dari proses memasaknya yang dikocok di wadah khusus terlebih dahulu sebelum dicelupkan ke dalam air panas dan dikocok lagi di dalamnya.

Mie kuningnya memiliki tekstur lembut dan pipih.

Untuk menambah rasa istimewa, Anda bisa menambahkan kecap dan sambal. Variannya sendiri sudah mulai banyak diinovasikan seperti ditambahkan ceker ayam dan daging sapi.

5. Sate Maranggi

makanan khas jawa barat

foto: indozone.id

Makanan khas Jawa Barat selanjutnya ada Sate Maranggi yang berasal dari Purwakarta. Tapi Anda bisa menemukan juga di kawasan Cianjur.

Paling mudah memang di Purwakarta karena banyak yang menjualnya, mulai dari yang berkeliling hingga depot ada.

Bahan utamanya ada dua, daging sapi atau daging kambing. Pembuatannya berbeda dengan sate pada umumnya.

Sebelum daging ditusuk dan dibakar, daging terlebih dahulu direndam di dalam bumbu.

Jadi, sate ini tidak membutuhkan bumbu tambahan selain kecap dan sambal karena sudah dibumbui terlebih dahulu sebelum dibakar.

Citarasanya dijamin empuk dan lezat menggoyang lidah bumbu rendamannya.

Untuk penyajian biasanya satu porsi sate maranggi akan disajikan bersama irisan bawang merah dan tomat segar.

6. Empal Gentong

makanan khas jawa barat

foto: merdeka.com

Jika sebelumnya hidangan khas Jawa Barat berupa empal gepuk, kali ini ada empal gentong.

Bahan utama empal gentong yaitu daging sapi. Empal Gentong sendiri adalah makanan khas Cirebon yang sejenis dengan gulai.

Isinya memang irisan daging sapi yang diberi kuah santan. Namun yang berbeda adalah penyajiannya di dalam gentong kecil dari tanah liat untuk pengganti mangkok.

Empal gentong sendiri lebih pas dimakan bersama ketupat atau lontong ditambah dengan taburan cabai bubuk.

Tapi bisa juga ditambah nasi jika tidak mau menggunakan lontong atau ketupat.

Citarasanya unik karena bumbu empal yang melekat di dalam gentong menimbulkan sensasi rasa yang berbeda.

7. Awug

makanan khas jawa barat

foto: pinterest.com

Dari sekian banyaknya masakan khas Jawa Barat awug ini tergolong ke dalam jenis kue basah.

Jika Anda sangat menyukai kue putu, sekilas rasanya mirip. Bahan utama awug adalah tepung beras yang dicampur air, gula, garam, dan kelapa parut. Gula yang digunakan adalah gula merah atau gula Jawa.

Sedangkan cara memasaknya sedikit berbeda yaitu dikukus dalam aseupan. Aseupan adalah anyaman bambu yang berbentuk kerucut. 

Awug sudah dari dulu dan hingga saat ini cara memasaknya seperti itu. Jadi tak heran ini menjadi ciri khasnya.

Selain tergolong dalam jenis kue basah, awug juga banyak dikategorikan dalam cemilan karena umumnya masyarakat Sunda memakannya sebagai peneman minum teh di kala santai.

Awug ini paling nikmat dimakan pada saat hangat karena teksturnya masih legit dan rasanya manis. Berbeda jika sudah mulai dingin, ia akan mengeras. Untuk penyajiannya disajikan di atas daun pisang.

Perpaduan awug yang panas dengan daun pisang bisa menimbulkan aroma khas yang menggugah selera.

8. Nasi Tutug Oncom

makanan khas jawa barat

foto: food.detik.com

Kuliner tradisional khas Nusantara ini merupakan kuliner asli Jawa Barat yang berupa perpaduan nasi hangat yang dicampur dengan oncom bakar.

Untuk satu porsi nasi tutug oncom disajikan bersama lauk berupa telur dadar goreng, ikan asin goreng, sambal terasi, lalapan, dan jangan lupa taburan bawang goreng.

Sebenarnya, nasi tutug oncom ini adalah makanan khas Tasikmalaya dengan nama tutug yang dalam bahasa Sunda berarti menumbuk.

Selain itu, nasi ini bisa juga disajikan bersama lauk lain seperti tahu dan tempe goreng atau ayam goreng. Disantap selagi hangat sangatlah menggugah selera.

9. Nasi Timbel

makanan khas jawa barat

foto: qraved.com

Kalau menginginkan makanan Sunda yang mempunyai citarasa kuat dan unik dan identik sekali dengan suku Sunda maka jawabannya adalah Nasi Timbel.

Memang saat ini sudah ada banyak versinya. Namun, perlu Anda ketahui jika dulunya nasi ini adalah bekal Pak Tani ke sawah.

Timbel sendiri adalah makanan nasi yang baru matang dibungkus daun pisang. Panasnya nasi diatas daun pisang membuatnya mengeluarkan aroma khas menggugah selera.

Untuk lauknya sendiri bisa disesuaikan dengan selera karena saat ini sudah begitu banyak variasinya.

Seperti lauk ikan asin, empal, ayam goreng, japuh, tawes, dan lauk lainnya. Jangan lupa pelengkapnya yaitu sambal dan lalapan sayur.

10. Jalakotek

makanan khas jawa barat

foto: cookpad.com

Masakan khas Jawa Barat ini berasal dari Majalengka, Kota Angin. Bahan dasarnya tepung tapioka dengan bentuk yang mirip pastel yang diisi tahu.

Tak sedikit yang menyamakan makanan ini dengan makanan khas Makassar yang bernama Jalangkote.

Namun keduanya berbeda karena jalangkote mirip pastel dan berisi sayuran.

Isiannya berbeda, inilah pembedanya. Karena bahan yang digunakan adalah tepung kanji atau aci, tak sedikit yang menyebutnya cireng alias aci digoreng.

11. Pedesan Entog

makanan khas jawa barat

foto: pesenmakan.id

Berlanjut ke makanan khas Indramayu yang bernama Pedesan Entog. Sesuai dengan namanya, bahan utama makanan ini adalah daging entog.

Tampilannya mirip dengan gulai tetapi tidak menggunakan santan seperti gulai. Untuk penyuka kuliner pedas wajib sekali mencoba makanan ini.

12. Sate Aci

makanan khas jawa barat

foto: cookpad.com

Bosan dengan sate daging? Coba datang ke Sukabumi dan cicipi sate acinya.

Sate aci ini terbuat dari tepung kanji yang dimasak dengan api kecil kemudian adonannya diiris kecil-kecil dan ditusuk kemudian dihidangkan dengan bumbu kacang di atas piring beralaskan daun pisang.

13. Nasi Jamblang

makanan khas jawa barat

foto: selerasa.com

Jika sebelumnya sudah ada Empal Gentong dari Cirebon, kali ini ada makanan yang tak kalah menarik lainnya dari kota yang sama yaitu nasi jamblang.

Sajian satu porsi nasi jamblang berisi nasi hangat dengan dikelilingi beragam lauk menggugah selera seperti tahu dan tempe goreng, perkedel, dan lauk lainnya yang terbuat dari tumbuhan atau ikan lainnya.

Lauknya memang tidak ada dagingnya ini karena merunut sejarah makanan ini.

Namun, untuk saat ini sudah tersedia dengan daging sebagai varian nasi jamblang. Zaman penjajahan Belanda dulu, nasi jamblang dibuat untuk pekerja yang menjalankan kerja paksa.

Keunikan lain dari nasi jamblang adalah ia yang dibungkus daun jati. Katanya, penggunaan daun jati ini bertujuan agar nasi tetap pulen dan nikmat kala disantap.

14. Hucap

makanan khas jawa barat

foto: phinemo.com

Datang dari Kabupaten Kuningan dengan menu sarapan andalan mereka yaitu Hucap yang merupakan singkatan dari tahu kecap.

Ya, memang sajiannya hanya tahu yang disiram bumbu kacang terus dikecapi dan ditambah bawang goreng. Tetapi jangan ragukan rasanya ya.

15. Kue Gonjing

makanan khas jawa barat

Yang sedang berburu kue-kue tradisional, jangan lupa cobain kue tradisional khas Karawang. Jika di Bandung, kue ini lebih dikenal dengan nama Kue Bandros.

Bahan untuk membuat kue gonjing adalah kelapa parut dan tepung terigu yang dimasak dalam loyang khusus di atas api.

Umumnya sih di atasnya ditaburi gula putih agar rasanya manis gurih.

16. Tahu Sumedang

makanan khas jawa barat

foto: notif.id

Ke Jawa Barat memang wajib sekali mencicipi makanan paling terkenal ini, Tahu Sumedang.

Tahu Sumedang memiliki tekstur yang luarnya renyah dan garing, bagian dalamnya lembut. Untuk rasa dijamin gurih dan bikin ketagihan.

Pertama kali muncul pada awal abad 20-an, pembuatnya adalah seorang keturunan Tionghoa di mana begitu tahu ini dipasarkan langsung menyedot perhatian dan banyak disukai.

Biasanya tahu ini disajikan dengan lontong dan cabai rawit untuk sensasi pedas.

17. Laksa Bogor

makanan khas jawa barat

foto: cookpad.com

Siapa bilang kalau Indonesia tidak memiliki sajian sejenis laksa? Nyatanya di Bogor ada dan malah menjadi masakan khas Bogor yang menggiurkan untuk dicicip.

Satu porsi laksa Bogor disajikan bersama ketupat, mie bihun, tambahan tauge dan oncom yang disiram kuah kental berwarna kuning mirip opor.

Dalam satu porsinya juga terdapat telur rebus, serundeng, dan daun kemangi.

18. Cireng

makanan khas jawa barat

foto: pegipegi.com

Siapa yang tak mengenal cireng? 

Cireng adalah camilan murah meriah yang terbuat dari aci atau tepung tapioka.

Namun, bahannya bukan hanya aci saja, ada tepung terigu, bawang putih, merica, dan garam sebagai bumbunya.

Jika dulu cireng ini dimakan bersama saus sambal kacang, kini Anda bisa memilih ingin memakannya dengan rasa apa karena sudah tersedia bermacam rasa.

Kreatif sekali karena kini menjadi jajanan kekinian dan paling dicari karena beraneka rasa ini.

19. Peuyeum

makanan khas jawa barat

foto: bobo.grid.id

Jangan melulu makanan berat, coba camilan manis bernama Peuyeum ini. Peuyeum adalah olahan hasil fermentasi singkong. Nama lainnya adalah tape singkong.

Sebelumnya singkong akan direbus dulu kemudian dibungkus dengan taburan ragi untuk merangsang pertumbuhan jamur.

Rasanya yang manis nagih ini menjadi sasaran oleh-oleh khas Jawa Barat yang wajib sekali.

20. Manisan Pala

makanan khas jawa barat

foto: kompasiana.com

Pernah mendengar yang namanya manisan pala? Makanan ini menjadi salah satu primadona di Jabar yang terbuat dari buah pala.

Manisannya sendiri ada dua jenis, manisan pala basah dan kering.

Awal pembuatannya, buah pala dikupas kemudian dipotong sesuai selera selanjutnya direbus dan disiram dengan air garam.

Untuk menjaga teksturnya, buah pala yang disiram air garam, direndam dalam air kapur. Untuk manisan basah larutan kapur dicampur dengan air gula mendidih lalu tiriskan. 

Untuk manisan kering konon katanya manisan basah tadi dijemur di bawah matahari hingga kering sempurna.

Dari dua puluh makanan khas Jawa Barat di atas, manakah yang paling Anda favoritkan? Sudah pernah mencicipi semuanya kah?