11 Manfaat Penting Tumbuhan bagi Manusia

11 Manfaat Penting Tumbuhan bagi Manusia image

Tumbuhan adalah salah satu makhluk hidup yang menempati bumi selain manusia dan hewan yang kehidupannya mampu menopang makhluk hidup lain sehingga manfaat tumbuhan bagi manusia maupun makhluk lain sangat vital adanya.

Pentingnya Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia

Tumbuhan adalah salah satu sumber bagi manusia yang memiliki akar, daun, batang, biji, bunga, hingga buah.

Fungsi masing-masing bagian tumbuhan tersebut beraneka ragam dan sangat bermanfaat untuk kehidupannya maupun makhluk lain.

Akar yang dimilikinya digunakan untuk mencari air dan mengokohkan hidupnya.

Daunnya berguna untuk proses fotosintesis yang menghasilkan oksigen atau udara yang manusia hirup setiap harinya dan masih banyak guna bagian tumbuhan lainnya.

Tumbuhan memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia karena mampu menopang berbagai hal. Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Sumber Pangan Manusia

manfaat tumbuhan

Baik daun maupun bagian tumbuhan lainnya mampu menjadi sumber pangan bagi manusia. Bahkan bisa digunakan sebagai obat herbal alami. Pada tumbuhan banyak terkandung zat atau vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

2. Menghasilkan Oksigen dan Membuat Udara Sejuk

Pada siang hari tumbuhan melakukan fotosintesis dengan bantuan matahari sehingga membuat udara sejuk dan menghasilkan oksigen hasil fotosintesis.

Fotosintesis sendiri merupakan proses pengambilan karbondioksida dari udara kemudian dikeluarkan kembali ke udara menjadi oksigen yang mana gunanya sangat penting bagi manusia dan makhluk hidup lain.

3. Pelindung dari Teriknya Matahari

Cuaca di siang hari tidak dapat diprediksi akan mencapai suhu berapa derajat celcius, bisa saja sangat panas.

Cahaya matahari memang memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, tetapi jika sudah siang hari sudah berbeda dan bisa menyebabkan masalah baru.

Selain penyakit, cuaca menjadi panas adalah salah satu dampaknya. Untuk itulah, adanya tumbuhan yang besar bisa melindungi manusia dari sengatan teriknya sinar matahari.

4. Sumber Penghasilan

Selain sumber pangan, tumbuhan juga bisa menjadi sumber penghasilan bagi manusia dengan dijadikan beragam kerajinan tangan. Contohnya kerajinan mendong, eceng gondok, furniture seperti bangku dan meja, dan bahan bangunan.

5. Obat Herbal Alami

Ada banyak tumbuhan yang memiliki senyawa atau zat khusus dengan manfaat menyembuhkan beragam penyakit.

Bukan hanya untuk pengobatan, di antaranya memiliki khasiat menambah stamina agar tubuh senantiasa prima dan bugar.

Contohnya saja tumbuhan rimpang seperti jahe, kencur; bagian batang tumbuhan seperti kayu secang; dan bagian tumbuhan lainnya.

6. Penambah Nilai Estetika

manfaat tumbuhan

Tumbuhan juga memiliki manfaat untuk lingkungan. Manfaat tumbuhan bagi lingkungan yakni bisa menambah nilai estetika jika dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Contohnya adalah berbagai macam bunga.

7. Bahan Sandang

Tahukah Anda bahwa sumber dari pakaian yang dipakai selama ini ada yang terbuat dari salah satu bagian tumbuhan? Nama tumbuhan tersebut adalah kapas, rami, dan pisang abaka.

8. Bahan Baku Industri

Saat ini ada begitu banyak produk industri yang menggunakan bahan baku dari tumbuhan, seperti karet, getah pinus, kelapa sawit, kopi, teh, dan masih banyak lainnya.

9. Pupuk

Jangan salah, sisa tumbuhan yang busuk atau kering juga memiliki manfaat. Jika Anda berhasil mengolahnya dengan baik, sisa-sisa tumbuhan ini bisa menjadi kompos alias pupuk yang sangat bermanfaat bagi tumbuhan.

10. Menjaga Air Tanah

Manfaat tumbuhan bagi manusia lainnya yaitu menjaga persediaan air tanah.

Pepohonan bisa mencegah air untuk tidak langsung mengalir ke area daratan yang lebih rendah sehingga memberikan kesempatan untuk merasuk dan meresap ke dalam tanah.

Akibatnya air tanah terjaga persediaannya dan manusia bisa memanfaatkannya kala musim kemarau tiba.

Air tanah juga menjadi sumber bagi sungai yang memuat kehidupan makhluk hidup lain seperti ikan, buaya, dan lain sebagainya.

11. Mencegah Bencana Alam

Manfaat tumbuhan bagi alam ini memang tidak banyak yang menyadari. Apalagi ini bisa berkaitan dengan poin sebelumnya yaitu menjaga air tanah.

Jika terjadi hujan deras dan air langsung turun ke area di bawahnya tidak menutup kemungkinan jika terjadi banjir.

Bukan hanya banjir, tetapi longsor pun bisa terjadi karena besarnya kuantitas air yang mengalir ke area yang lebih rendah.

Dengan adanya pepohonan, maka  bisa meminimalisir adanya kesempatan air untuk menggerus tanah dan air serta tanah yang terbawa saat hujan deras tidak terlalu banyak sehingga tidak menimbulkan bencana.

manfaat tumbuhan

Sebelas manfaat tumbuhan bagi manusia di atas sangat vital, apalagi jika diolah dengan baik bisa mendatangkan keuntungan yang berlipat. Jadi, sayangilah tumbuhan untuk stabilitas kehidupan yang terjaga.