Ternyata Ini 7 Manfaat Beras Kencur Untuk Kesehatan

Ternyata Ini 7 Manfaat Beras Kencur Untuk Kesehatan image

Anda tentu tidak asing lagi dengan salah satu minuman khas Indonesia yang dikenal sejak jaman dulu, yakni jamu beras kencur.

Sesuai namanya, beras kencur dibuat dengan bahan utama beras dan kencur, yang biasanya ditambah dengan air dan gula jawa atau gula pasir.

Di balik popularitasnya, ternyata ada banyak manfaat beras kencur yang perlu diketahui.

Untuk memahami apa saja khasiatnya bagi kesehatan, simak ulasan berikut ini.

1.  Mengatasi Gangguan Pencernaan

manfaat beras kencur

Secara ilmiah, ternyata beras kencur dapat membantu meringankan gangguan pencernaan yang umum terjadi, seperti diare dan nyeri perut.

Bahkan bila dikonsumsi secara berkala, beras kencur membantu menguatkan lambung. Ini akan memberikan manfaat optimal bagi Anda yang memiliki sakit maag dan sering merasakan nyeri pada lambung.

2.  Mengatasi Jerawat di Kulit

Untuk menyembuhkan jerawat yang sedang meradang, cuci bersih kencur lalu parut dan peras airnya.

Tunggu beberapa menit hingga air kencur tersebut mengandung endapan di bagian bawah. Manfaatkan endapan tersebut sebagai masker pada malam hari, lalu bilas di pagi hari.

Selain itu, manfaat beras kencur untuk kulit adalah membantu menghilangkan bekas jerawat. Caranya, tumbuk beras yang sudah direndam selama sekitar 15 menit. Campur dengan beberapa siung kencur, lalu haluskan.

Setelah itu, aplikasikan pada bagian kulit yang memiliki bekas jerawat, dan tunggu selama 30 menit sebelum membilasnya dengan air. Cara ini bisa dilakukan seminggu sekali, dan perlahan bekas jerawat akan menghilang.

Tak hanya itu, kulit juga akan terasa lebih lembut.

3.  Mengurangi Batuk Serta Rasa Gatal di Tenggorokan

Bila pada tenggorokan muncul rasa gatal dan disusul dengan batuk, maka minum jamu beras kencur dapat mengurangi gejala tersebut.

Hal ini karena kandungan beras kencur dapat mengencerkan dahak dan mengurangi gatal di tenggorokan. Sifat antibakteri yang dimilikinya juga akan membantu mempercepat penyembuhan.

4.  Meredakan Bengkak dan Peradangan

Ada manfaat beras kencur untuk bengkak yang bisa Anda dapatkan dengan cara mudah. Bila terjadi keseleo, atau bengkak karena sebab lain, tumbuklah beras dan kencur hingga menjadi pasta.

Oleskan pada bagian yang bengkak lalu tutup dengan kasa, lalu rasa sakit dan bengkak akan perlahan berkurang,

Beras kencur juga bisa mengatasi peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Dengan sifat antiinflamasi dan antibakteri, beras kencur mencegah lepasnya zat yang mengakibatkan atau memicu radang.

Untuk mendapatkan khasiat ini, beras kencur bisa diminum dalam bentuk jamu.

5.  Meningkatkan Nafsu Makan

manfaat beras kencur

Untuk anak yang mengalami penurunan nafsu makan, cobalah memberinya jamu beras kencur.

Salah manfaat beras kencur untuk anak maupun orang dewasa adalah untuk meningkatkan nafsu makan, karena sifat carminative yang dimilikinya.

Meskipun demikian, beras kencur tidak akan membuat seseorang menjadi kelebihan berat badan, karena ada zat yang justru membakar lemak dan mengurangi kadar gula darah.

6.  Meningkatkan Vitalitas dan Stamina Pria

Banyak orang yang belum tahu bahwa beras kencur sangat efektif untuk meningkatkan vitalitas pria, apalagi bila ditambah dengan madu.

Tak hanya itu, secara umum beras kencur juga meningkatkan stamina, sehingga Anda tidak akan mudah merasa lelah saat tengah beraktivitas.

7.  Mengatasi Keluhan Selama Hamil

Ada berbagai manfaat beras kencur untuk ibu hamil yang sudah cukup dikenal masyarakat.

Misalnya mencegah preeklampsia, menekan rasa mulas agar ibu hamil tetap bisa makan, meredakan bengkak pada kaki, pinggang dan tangan.

Selain itu, zat dalam kencur mampu membantu ibu hamil mengatasi moodnya yang mungkin agak kacau karena perubahan hormon.

Meskipun demikian, konsumsi jamu jenis apapun pada ibu hamil harus dilakukan dengan pengawasan tenaga kesehatan.

Jadi jika ingin mengkonsumsi beras kencur pada saat hamil, pastikan berkonsultasi dulu pada dokter. Dokter akan memberikan panduan tentang pola konsumsi beras kencur yang aman untuk kehamilan.

manfaat beras kencur

Itulah berbagai manfaat beras kencur untuk kesehatan semua orang, dari berbagai kalangan usia.

Untuk Anda yang senang mengkonsumsi jamu, tak ada salahnya rutin minum beras kencur untuk mendapatkan khasiatnya. Tubuh yang dirawat dengan makanan dan minuman terbaik akan mampu mengusir penyakit.