Sering Diabaikan! Ini Manfaat Daun Kersen untuk Kesehatan

Sering Diabaikan! Ini Manfaat Daun Kersen untuk Kesehatan image

Daun kersen atau daun cherry jawa biasanya dibuang begitu saja karena mengotori halaman atau jalan.

Namun, ada banyak manfaat daun kersen yang bagus untuk kesehatan karena daun talok ini memiliki banyak kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Dalam daun kersen, terdapat kandungan seperti kalsum, serat, zat besi, karbohidrat.

Ada pula kandungan vitamin seperti vitamin A dan C. Kandungan gizi tersebut memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, yaitu sebagai berikut ini.  

1. Menstabilkan Gula Darah

manfaat daun kersen

Daun kersen memiliki kandungan flavonoid dan saponin.

Keduanya bertindak sebagai antioksidan dan insulin alamiliah yang fungsinya menormalkan kadar gula darah. Kandungan gizi tersebut tentunya bermanfaat untuk penderita diabetes.

Manfaat daun kersen untuk diabetes ini pernah diuji pada mencit. Dari pengujian tersebut, diperoleh hasil jika daun mencit memiliki kandungan yang bisa menyerap glukosa di sistem pencernaan. Akibatnya gula dalam darah bisa berkurang.

Cara mendapatkan manfaatnya adalah dengan merebus 100 gr daun kersen yang sudah dicuci bersih dengan 1 liter air. Kemudian biarkan airnya hingga setengahnya. Setelah itu Anda minum 1 gelas per 2x sehari.

Daun kersen pernah dipergunakan sebagai alternatif untuk menyembuhkan luka karena diabetes.

Hasilnya, air seduhan daun kersen yang dikeringkan lalu diseduh seperti teh, berhasil menyembuhkan luka. Butuh waktu hingga lukanya mengering.

Akan tetapi, di dunia kedokteran, hal ini belum teruji dengan baik. Karena hal tersebut, para dokter tidak melarang ataupun menganjurkan.

2. Mengatur Kadar Kolesterol

Daun kersen dapat membantu untuk menurunkan sintesis kolesterol sehingga penimbunan lemak di pembuluh darah juga berkurang. Khasiat daun kersen ini dapat Anda peroleh karena daun talok memiliki kandungan flavonoid dan saponin.

Jika kadar kolesterol dalam darah berkurang, maka risiko penyakit kardiovaskular juga akan berkurang. Dengan begitu, jantung serta pembuluh darah Anda juga akan lebih sehat.

3. Membantu Mengurangi Peradangan dan Nyeri

Daun kersen memiliki kandungan zat yang bersifat anti peradangan atau anti inflamasi.

Karena hal tersebut, daun ini bisa membantu mengatasi peradangan, misalnya di tenggorokan dan kulit. Selain itu, daun kersen juga dapat membantu untuk mengurangi nyeri pada badan.

4. Mencegah dan Mengobati Stroke

Pada daun kersen terdapat zat yang dapat merangsang PPAR pada jaringan tubuh.

PPAR atau peroksisom proliferator ini bermanfaat mengatur gen dalam metabolisme glukosa dan lemak tubuh. Adanya PPAR inilah yang akan memperkecil resiko stroke.

Namun, jika Anda memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi, meminum air rebusan daun kersen sebaiknya Anda lakukan. Tujuannya agar resiko penyakit store semakin lebih kecil.

5. Membantu Mengurangi Lelah

manfaat daun kersen

Manfaat daun kersen untuk tubuh yang lain adalah untuk membantu mengurangi lelah.

Dalam daun kersen terdapat kandungan anti inflamasi dan antioksidan yang tinggi. Adanya zat dengan kedua sifat tersebut membantu untuk mengatasi kerusakan otot.

6. Mengurangi dan Mengobati Asam Urat

Seiring dengan bertambahnya usia, resiko penyakit asam urat semakin tinggi.

Penyakit asam urat atau gout itu sendiri merupakan penyakit sendi. Penyakit tersebut disebabkan karena kadar asam urat yang ada dalam darah terlalu tinggi. 

Penyakit tersebut dapat diobati dengan menggunakan daun kersen. Ini disebabkan karena ada senyawa aktif yang efektif untuk membantu meredakan dan mengobati asam urat.

Cara mengatasi gout adalah dengan mengkonsumsi teh daun kersen. Jika setelah minum nyeri sudah berkurang, maka Anda bisa menghentikan untuk meminum teh tersebut.

7. Antiseptik dan Antibakteri

Daun kersen memiliki manfaat sebagai antiseptic yang alami. Sifat antiseptic tersebut disebabkan karena adanya Flavonoid, Tanin dan saponin.

Adanya senyawa tersebut dapat membantu untuk mencegah perkembangan bakteri pada luka. Sedangkan kandungan flavonoid yang berupa auron, flavon dan flavonol ampuh mengatasi beberapa jenis bakteri.

Diantaranya adalah:

  • E. Coli menyebabkan diare.
  • S. aureus: bakteri penyebab infeksi kulit dan infeksi saluran pernafasan.
  • B. subtilis menyebabkan keracunan makanan.
  • P. aeruginosa menyebabkan otitis internal.

8. Antikanker dan Tumor

Kandungan senyawa flavonoid, tanin dan saponin mampu membantu untuk menangkal radikal bebas. Seperti yang diketahui, jika radikal bebas menjadi salah satu faktor pemicu kanker.

Karena hal tersebut, dengan mengkonsumsi ramuan daun kersen, membantu Anda untuk menurunkan resiko terkena tumor dan kanker.

manfaat daun kersen

Itulah manfaat daun kersen yang baik untuk tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.