Sehat dan Murah, Inilah 7 Manfaat Singkong untuk Tubuh

Sehat dan Murah, Inilah 7 Manfaat Singkong untuk Tubuh image

Singkong adalah salah satu makanan yang sering dianggap sebagai makanan kampung.

Tetapi jangan salah, ternyata bahan makanan yang satu ini memiliki beragam khasiat yang baik untuk tubuh jika dikonsumsi dengan tepat. Penasaran apa saja manfaat singkong untuk kesehatan?

Singkong menjadi makanan pokok bagi sebagian masyarakat di wilayah tropis.

Tanaman yang banyak ditemukan di Asia dan Afrika ini memiliki sederet kandungan nutrisi yang tak bisa dianggap remeh. Berikut adalah beberapa manfaat dari tanaman singkong untuk kesehatan tubuh.

1.   Sumber Karbohidrat Kompleks

manfaat singkong

Salah satu kandungan yang banyak ditemukan dalam singkong adalah karbohidrat.

Berbeda dengan nasi putih yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia, karbohidrat pada singkong adalah jenis karbohidrat kompleks yang memiliki lebih banyak nutrisi.

Karbohidrat kompleks dan juga serat dalam singkong berperan untuk mengendalikan kadar gula darah, mengurangi peradangan, hingga menjaga fungsi pencernaan.

Mengonsumsi sumber karbohidrat kompleks dapat menurunkan risiko terkena penyakit diabetes tipe 2 karena kadar glukosa dalam darah tetap terkendali.

Sehingga penderita diabetes maupun orang dengan risiko diabetes tinggi sebaiknya mengganti konsumsi karbohidrat sederhana ke karbohidrat kompleks seperti singkong.

2.   Menambah Energi

Manfaat singkong untuk tubuh berikutnya adalah sebagai sumber energi yang sehat. Singkong memiliki kandungan 110-150 kalori dalam takaran 100 gram.

Kalori dalam makanan inilah yang nantinya akan diubah menjadi energi untuk beraktivitas setiap harinya.

Selain dari jumlah kalorinya, Anda juga bisa mendapatkan energi dengan mengonsumsi singkong karena kandungan karbohidratnya.

Karbohidrat yang diproses menjadi glukosa merupakan sumber energi yang diperlukan tubuh. Tanpa pasokan karbohidrat yang cukup, Anda akan kesulitan fokus karena otak kekurangan asupan.

3.   Menjaga Kesehatan Pencernaan

Singkong diketahui memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

Dengan mengonsumsi singkong,, Anda bisa menjaga sistem pencernaan tetap lancar. Serat merupakan zat non karbohidrat yang diperlukan tubuh salah satunya untuk meningkatkan fungsi sistem pencernaan.

Tubuh yang kekurangan serat akan lebih mudah mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, hingga peradangan pada usus. Peran serat sendiri yaitu membantu bakteri baik dalam usus sehingga pencernaan tetap lancar.

4.   Meningkatkan Kesehatan Tulang

manfaat singkong

Mengonsumsi singkong ternyata juga dapat menguatkan tulang. Hal ini berkat kandungan beragam mineral penting seperti kalsium, fosfor, magnesium, serta kalium.

Fungsi kalsium dan fosfor adalah untuk membangun dan menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat.

Magnesium memiliki peran dalam pembentukan tulang dan juga berkontribusi mengaktifkan vitamin D di ginjal. Sementara kalium dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

5.   Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat singkong untuk diet seringkali menjadi perhatian bagi mereka yang memiliki masalah dengan berat badan. Pasalnya, kandungan serat dalam singkong dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama.

Hal ini tentunya dapat membantu Anda mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi.

Bagi Anda yang sedang menjalani diet untuk mendapatkan berat badan ideal, memilih singkong dalam menu sehat Anda adalah keputusan yang tepat. Meski begitu, hindari pengolahan singkong dengan cara digoreng, ya.  

6.   Kaya Zat Antioksidan

Manfaat singkong bagi kesehatan bisa diperoleh dari kandungan vitamin A, vitamin C, dan juga beta karoten yang terkandung di dalamnya.

Vitamin A dan vitamin C berperan sebagai zat antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Selain itu, zat antioksidan juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung serta mencegah penuaan dini pada kulit.

Sementara beta karoten dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan risiko terkena kanker, serta dapat menjaga kesehatan kulit.

Beta karoten juga berperan menjaga kesehatan mata karena dapat mencegah katarak dan degenerasi makula akibat usia.

7.   Bebas Kolesterol

Singkong diketahui bebas dari kandungan kolesterol jika diolah dengan cara yang tepat. Dengan demikian, singkong dapat dikonsumsi oleh mereka yang memiliki gangguan kolesterol.

Kadar kolesterol yang tinggi dapat berakibat pada penumpukan plak yang dapat menyumbat arteri.

Penumpukan plak atau yang disebut aterosklerosis dapat memicu berbagai penyakit berbahaya seperti  serangan jantung nyeri dada (angina), hingga stroke.

manfaat singkong

Itulah beragam manfaat singkong yang berguna untuk kesehatan tubuh. Sebelum dikonsumsi, singkong harus terlebih dahulu dikupas dan diolah sampai benar-benar matang.

Pengolahan singkong yang benar bertujuan untuk menghilangkan zat sianida yang berbahaya bagi tubuh.