Ragam Manfaat Buah Melon, Si Hijau Menyegarkan Yang Kaya Nutrisi

Ragam Manfaat Buah Melon, Si Hijau Menyegarkan Yang Kaya Nutrisi image

Setiap hari, buah melon merupakan salah satu jenis buah terbaik yang bisa anda konsumsi di rumah. Jenis buah yang satu ini memiliki warna hijau dengan bentuk bulat sempurna dengan tekstur yang agak kasar pada bagian luar.

Tak hanya itu, manfaat buah melon juga sangat diperlukan bagi kesehatan.

Curcumis milo L. adalah nama lain dari buah melon yang sangat disukai oleh banyak orang. Buah yang satu ini cukup mudah kita temui di pasar buah, dan memiliki rasa manis yang sangat disukai banyak kalangan.

Tak jarang juga melon dijadikan olahan sop buah, salad buah, jus melon, dan masih banyak lainnya.

Di samping memiliki rasa yang manis dengan daging buah berwarna oranye muda menggoda, ternyata melon memiliki banyak sekali kegunaan untuk tubuh. Yuk, simak pembahasan mengenai manfaat buah yang satu ini.

Ragam Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan

Ada banyak sekali jenis buah yang ada di dunia, namun buah melon pada umumnya adalah salah satunya yang paling terkenal.

Buah yang satu ini mudah tumbuh di dataran negara Indonesia, sehingga cukup mudah ditemukan di berbagai toko buah.

Manfaat buah melon untuk kesehatan bisa dikatakan sangat banyak, diantaranya adalah sebagai berikut :

1.   Melon sangat baik untuk kesehatan mata

manfaat buah melon

Pembahasan mengenai manfaat buah melon bagi kesehatan kita mulai dari ujung kepala. Mengonsumsi buah melon ternyata sangat baik untuk kesehatan mata. Coba tebak mengapa hal ini bisa terjadi?

Ya, tepat sekali! Buah melon memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi, sehingga sangat bagus untuk memelihara kesehatan penglihatan kita.

Bagi anda yang memakai kacamata, akan sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi melon secara rutin.

2.   Sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung

Kita beralih ke jantung, benar sekali jika melon dapat menghindarkan anda dari penyakit jantung.

Karena penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian terbesar di negara kita, maka sangat penting untuk melakukan antisipasi. Salah satunya adalah dengan konsumsi rutin buah melon.

Di dalam buah berwarna hijau tersebut, terdapat kandungan adenosine yang sangat baik untuk memperlancar aliran darah terutama di sekitar jantung.

Dengan konsumsi buah ini secara teratur, maka kinerja jantung juga akan membaik.

3.   Menyehatkan pencernaan dan memperlancar BAB

Turun ke bagian pencernaan, melon mampu membantu anda untuk memiliki pencernaan yang bebas hambatan. Tak hanya mampu menutrisi bagian dalam usus, melon juga mampu memperlancar BAB.

Mengapa? Karena di dalam buah melon terdapat kandungan vitamin C serta serat yang tinggi.

Jadi, tidak salah jika ada orang yang beranggapan bahwa memakan melon dapat memperlancar sembelit. Anda pun juga bisa membuktikan sendiri manfaat melon untuk lambung.

4.   Sangat baik untuk menurunkan berat badan serta jadi sarana diet sehat

manfaat buah melon

Jika anda sedang diet, minimalisir penggunaan produk diet yang dikemas. Sebaliknya, coba konsumsi buah-buahan dengan kadar serat yang tinggi seperti buah melon.

Karena sudah banyak orang membuktikan manfaat buah melon untuk diet, dan tidak jarang dari mereka berhasil menurunkan berat badan.

Dengan serat yang banyak, perut akan mengalami kenyang yang lebih lama dari orang yang tidak makan buah melon sekalipun.

Sehingga perut tidak mudah lapar, dan anda akan lebih bisa mengontrol rasa lapar. Perut juga tidak akan mudah dimasuki asupan yang akan mengganggu diet anda.

5.   Mampu membantu memperbaiki kesehatan tulang

Tidak jarang ada orang yang beranggapan bahwa konsumsi melon mampu memperkuat tulang. Memang benar, melon memiliki manfaat yang demikian.

Manfaat melon untuk tulang memang sangat baik, karena di dalamnya terdapat kandungan vitamin K, magnesium, folat, dan lain sebagainya.

6.   Sangat baik untuk penderita darah tinggi

Hipertensi adalah suatu penyakit dimana tensi atau tekanan darah seseorang menjadi cukup tinggi, sehingga menimbulkan sakit kepala.

Sebagai buah yang rendah natrium serta tinggi kalium, maka buah melon sangat bagus untuk meredakan darah tinggi.

manfaat buah melon

Berbagai manfaat buah melon di atas bisa anda manfaatkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Namun alangkah baiknya jika anda mengonsumsi buah ini setiap hari untuk mendapatkan manfaat kandungannya secara maksimal.