Meski Pahit, Ini Manfaat Sambiloto yang Bagus untuk Kesehatan

Meski Pahit, Ini Manfaat Sambiloto yang Bagus untuk Kesehatan image

Manfaat sambiloto sebenarnya bukanlah suatu hal yang baru, apalagi di bidang pengobatan tradisional.

Meskipun rasanya sangat pahit, namun banyak yang percaya bahwa tanaman ini mempunyai beragam khasiat bahkan mampu menyembuhkan sejumlah penyakit.

Pahitnya rasa sambiloto tersebut disebabkan oleh kandungan zat yang bernama andrografolida.

Selain menimbulkan rasa pahit, zat ini pulalah yang sebenarnya membuat sambiloto menjadi tanaman yang multi manfaat.

Walaupun hal ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut, namun banyak referensi yang menyebutkan bahwa sambiloto mempunyai beberapa manfaat sebagai berikut.

1. Sambiloto Membantu Meringankan Gejala Pilek

manfaat sambiloto

Walaupun banyak yang yakin, sebenarnya manfaat sambiloto untuk diabetes belum didukung oleh bukti klinis yang benar-benar akurat.

Namun di sisi lain, penelitian telah menemukan bahwa sambiloto berbentuk ekstrak yang kemudian dikombinasikan dengan ginseng mampu meredakan gejala pilek.

Umumnya, gejala pilek tersebut akan menghilang beberapa hari setelah pengkonsumsian. Bahkan bukan hanya membantu meringankan, tetapi Anda juga bisa menggunakan sambiloto untuk mencegah pilek.

Jika Anda tertarik, resepnya sama seperti pengobatan gejala pilek, yakni mengkombinasikan sambiloto dengan ginseng.

2. Sambiloto Dapat Membantu Meningkatkan Imun Tubuh dan Melawan Penyakit

Ekstrak dari tanaman sambiloto juga mempunyai sifat imunostimulan.

Sifat ini akan meningkatkan kinerja berbagai organ yang ada kaitannya dengan sistem imun dan akan bekerja terutama pada infeksi HIV dan infeksi saluran pernapasan atas.

Kemudian, berdasarkan laporan Food Chemistry edisi Desember 2006, dapat diketahui bahwa dalam sambiloto terdapat antioksidan yang cukup tinggi.

Para peneliti telah menambahkan bahwa antioksidan tersebut bagus untuk diet dan bagus pula untuk melawan penyakit.

3. Sambiloto Dapat Melawan Pertumbuhan Sel Kanker Payudara

Salah satu khasiat sambiloto untuk wanita ialah untuk melawan pertumbuhan sel kanker payudara.

Ini sesuai dengan apa yang telah dijelaskan dalam Experimental Biology and Medicine pada Februari 2004 yang lalu, dimana pengkonsumsian daun sambiloto bisa membantu menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Jika kembali mengingat antioksidan yang ada dalam sambiloto, maka radikal bebas yang mengancam kesehatan juga dapat diatasi dengan baik.

Sementara seperti yang Anda tahu, radikal bebas ini adalah salah satu pemicu pertumbuhan sel kanker dan untuk mencegahnya bisa dengan cara meningkatkan antioksidan tersebut.

Jadi tidak salah rasanya bila ada yang menyebutkan bahwa sambiloto adalah salah satu agen antikanker.

Namun terlepas dari pernyataan tersebut, untuk bisa terhidar dari kanker payudara Anda juga perlu menjalankan gaya hidup sehat, rajin beraktivitas fisik dan tetap mempertahankan berat badan ideal.

4. Sambiloto Mampu Mengatasi Gangguan Sistem Pencernaan

manfaat sambiloto

Salah seorang ahli kesehatan menyatakan bahwa sambiloto mampu mengatasi gangguan pencernaan seperti diare.

Cara menggunakannya adalah dengan merebus daun sambiloto sebanyak 15 lembar dengan 3 gelas air mendidih. Proses merebus ini sebaiknya dilakukan cukup lama sehingga air yang tersisa hanya sekitar satu gelas saja.

Setelah itu tunggulah supaya air rebusan menjadi hangat baru diminum. Jika aturan minum sambiloto ini diperhatikan dengan betul dan diimbangi dengan pemberian asupan penting (dalam hal ini adalah larutan garam dan gula), maka penderita akan lekas sembuh.

Namun, bila kondisi penderita tidak membaik setelah 3 hari, sebaiknya pengkonsumsian sambiloto dihentikan dan segera bawa penderita ke dokter.

5. Sambiloto Membantu Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Berdasarkan informasi dari Chinese Medical Journal dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 1994, ekstrak daun sambiloto juga mampu mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah.

Bahkan bukan hanya itu saja, ekstrak daun sambiloto pun akan membuat proses penggumpalan darah menjadi lebih lambat. Akibatnya, peredaran darah akan menjadi lebih lancar sehingga terjadinya penyakit kardiovaskular bisa diminimalisir.

Di samping itu, daun sambiloto juga merupakan sumber asam lemak tak jenuh yakni asam linolenat dan asam linoleat.

Dari studi yang terdapat dalam American Journal of Clinical Nutrition yang edisi November 2001, bisa diketahui bahwa diet yang yang kaya dengan dua asam lemak tersebut dapat melindungi tubuh dari risiko penyakit kardiovaskular.

Studi tersebut juga menjelaskan bahwasanya orang-orang yang mengkonsumsi kedua asam lemak tak jenuh yang dimaksud mempunyai risiko penyakit kardiovaskular 40% lebih rendah daripada mereka yang jarang mengkonsumsinya.

manfaat sambiloto

Itulah berbagai manfaat sambiloto. Sebagai tambahan informasi, semua bagian tanaman sambiloto sebenarnya aman untuk dikonsumsi.

Namun harap perhatikan dosisnya mengingat tanaman pahit satu ini juga mempunyai efek samping yang kurang menyenangkan terutama bila dikonsumsi jangka panjang. Semoga bermanfaat ya.