Manfaat Kayu Secang Si Cantik Merah

Manfaat Kayu Secang Si Cantik Merah image

Kayu secang atau nama latinnya Caesalpinia sappen L. ini sudah dikenal berabad-abad silam sebagai ramuan tradisional yang mujarab. Tidak banyak orang yang tahu akan manfaat kayu secang yang memiliki tampilan cantik ini.

Si cantik merah ini ternyata memiliki beragam khasiat. Apalagi untuk kesehatan yang bisa untuk mengobati beragam penyakit. Untuk lebih dalam terkait kayu secang ini, simak penjelasan detail di bawah ini.

Kandungan Kayu Secang yang Bermanfaat

Manfaat dari kayu secang yang banyak ini ternyata berasal dari intisari kayu. Brazilin, brasilein, alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, dan antrakinon adalah beberapa senyawa yang terkandung di dalamnya.

Kandungan asam galat, delta-a, phellandrene, resin, resorsinol, ocimene, dan minyak atsiri terdapat dalam tiap potong kayunya. Ada juga zat khusus yang hanya dikandung kayu secang yakni sappanchalcone dan Caesalpin P.

Dari berbagai zat itulah yang membuatnya sangat berguna bagi berbagai macam penyakit.

Ampuhnya Manfaat Kayu Secang

Ada banyak khasiat kayu secang yang mujarab untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan, di antaranya yaitu:

1. Antialergi

manfaat kayu secang

Kayu secang juga sangat efektif digunakan untuk anti-alergi karena senyawa kalkon di dalamnya. Menurut penelitian, rebusan kayu secang yang dikonsumsi secara rutin bisa melemahkan hingga menghilangkan efek alergi yang dirasakan tubuh dan hal ini sudah terbukti.

2. Antimikroba

Sifat antimikroba dalam kayu secang didapat karena kandungan metanol yang berfungsi untuk menghambat bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri ini mampu menimbulkan masalah untuk kulit, keracunan makanan, hingga infeksi persendian.

3. Kaya Antioksidan

Pasti Anda mengira kalau minuman yang kaya akan antioksidan adalah teh, betul kan? Sayangnya, mengonsumsi teh berlebihan tak baik bagi kesehatan karena ada zat adiktif layaknya kecanduan kafein.

Maka dari itu, jika ingin mencari minuman kaya antioksidan selain teh, kayu secang bisa Anda jadikan alternatif yang tepat.

4. Mengatasi Masalah Jerawat

Kandungan brazilein di dalamnya ternyata mampu melawan propionibacterium yang menyebabkan jerawat. Caranya adalah mencuci muka dengan air rebusan kayu secang.

5. Mampu Meningkatkan Imunitas Tubuh

Salah satu elemen penting yang harus dijaga dan dirawat dalam tubuh adalah imunitasnya di mana ia berfungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai serangan bakteri, virus, dan penyakit.

Ada banyak cara untuk memperkuat imun tubuh, salah satunya dengan air rebusan kayu secang yang Anda konsumsi rutin. Pasalnya, kayu secang dipercaya mengandung senyawa fenolik dan flavonoid yang sifat antioksidannya lumayan tinggi.

Kandungan ini pula yang bisa menghindarkan tubuh dari sel-sel rusak secara oksidatif dan meningkatkan imun tubuh.

6. Antikonvulsan

Antikonvulsan selain bisa untuk meredakan nyeri karena gangguan saraf neuropati, ia juga salah satu jenis obat yang mampu membantu menormalkan stabilitas rangsangan sel saraf supaya tidak mengalami kejang serta mengobati penyakit bipolar. Bahkan minuman secang sangat dianjurkan untuk penderita epilepsi.

7. Antijamur

Hasil yang ditunjukkan oleh uji coba ekstrak air kayu secang yaitu ia mampu menghambat pertumbuhan jamur Aspergillus niger dan Candida albicans yang mana menjadi dalang beberapa infeksi yang terjadi pada manusia.

8. Diabetes

Untuk menurunkan kadar gula dalam darah juga bisa menggunakan kandungan brazilin dalam kayu secang. Ada pula senyawa penting untuk menghambat produksi enzim aldosa reduktase yang menjadi penyebab dari komplikasi diabetes yaitu caesalpin P, sappankalkon, dan protosappanin A.

Jadi, tak heran jika ia pun sangat direkomendasikan untuk penderita diabetes.

9. Minuman Tradisional

Selain bisa untuk obat-obatan, minuman tradisional kayu secang juga menjadi minuman favorit sejak dulu kala, sejak zaman kerajaan.

10. Flavonoid

Flavonoid yang memiliki khasiat untuk meningkatkan asupan vitamin C, sebagai antibiotik alami, serta penangkal untuk radikal bebas selain bisa ditemukan dalam banyak tumbuhan, juga bisa ditemukan di kayu secang.

Cara Mengolah Kayu Secang yang Enak dan Baik untuk Kesehatan

Setelah tahu manfaat kayu secang yang demikian banyak, masih ragu Anda untuk mengkonsumsinya? Jika ingin mencoba minuman ini, berikut beberapa opsi yang bisa Anda pilih.

1. Minuman tradisional

Minuman tradisional dari kayu secang yaitu wedang secang, wedang uwuh, hingga bandrek.

Cara mengolahnya dengan merebus campuran kayu secang yang sudah diserut, jahe, daun serai, kayu manis, cengkeh, dan ditambah dengan gula aren serta air secukupnya hingga mendidih. Tunggu hingga hangat hingga wedang herbal secang siap untuk dinikmati.

2. Rebusan kayu secang atau dikonsumsi dalam bentuk racikan obat yang terbuat dari bubuk kayu secang kering.

manfaat kayu secang

Bagaimana manfaat kayu secang di atas, banyak sekali kan manfaatnya untuk kesehatan yang bahkan belum Anda sangka sama sekali.