Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja? image

Sebagai salah satu bumbu dapur yang cukup esensial, bawang putih atau garlic memang seringkali dicampurkan dengan bahan olahan makanan.

Rasanya memang unik, dan cenderung langu serta memiliki aroma yang khas. Manfaat bawang putih pun juga diakui dalam dunia kesehatan.

Memiliki nama latin Allium sativum dan sudah digunakan lebih dari 7.000 tahun, membuat bawang putih tak bisa terpisahkan dari kehidupan sehari-hari manusia. Manfaatnya untuk kesehatan seringkali sudah dibuktikan oleh banyak orang.

Memang terkesan “mengerikan” menjadikan bawang putih sebagai objek terapi untuk kesehatan tubuh. Namun percayalah, kala anda mengetahui berbagai manfaat bawang putih untuk kesehatan di bawah ini, pikiran anda akan berubah.

Ragam Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Dalam satu siung bawang putih, terdapat beberapa bawang putih tunggal yang tersusun melingkar.

Biasanya, anda akan menggunakan bawang putih tunggal tersebut satu per satu sesuai dengan kebutuhan. Begitu juga dengan penggunaan bawang putih demi alasan kesehatan.

Manfaat bawang putih mentah untuk kesehatan tubuh memang harus anda ketahui, berikut ini di antaranya :

1.   Menghilangkan gejala flu serta demam tinggi

manfaat bawang putih

Ketika seseorang mengalami demam serta flu, terjadi infeksi pada sistem pernafasannya. Hal tersebut berkesinambungan, sehingga harus diredakan seketika.

Salah satu manfaat bawang putih untuk kesehatan adalah meredakan demam tinggi serta gejala flu.

Kandungan senyawa allicin  di dalam bawang putih ternyata mampu membunuh berbagai penyakit termasuk flu dan demam.

Oleh karena itu, jika anda mengalami demam tinggi dan gejala flu, maka sangat disarankan mengonsumsi obat atau suplemen bawang putih.

2.   Mampu menjadi obat hipertensi

Darah tinggi ataupun hipertensi menjadi salah satu penyebab angka kematian yang terbesar di negara kita.

Untuk itu, sedini mungkin penderita hipertensi harus melakukan terapi untuk menurunkan tekanan darahnya. Konsumsi ekstrak bawang putih adalah jawaban atas permasalahan tersebut.

Kandungan polisulfida yang ada pada bawang putih terbukti mampu melebarkan pembuluh darah, sehingga secara bersamaan juga mampu menurunkan tekanan darah.

Selain itu, efek penurunan tekanan darah tersebut juga ternyata lebih efektif daripada obat generik setelah diteliti lebih lanjut.

3.   Bermanfaat untuk menghilangkan kutil pada kulit

Kutil yang ada pada kulit kita seringkali disebabkan oleh virus HPV, atau Human Papilloma Virus.

Nah, kutil memang seringkali tidak menimbulkan rasa sakit, namun ada juga yang menimbulkan kemerahan hingga rasa gatal luar biasa. Jika sudah begini, bawang putih salah satu solusinya.

Zat anti bakteri adalah salah satu kelebihan bawang putih yang sangat dikenal.

Kandungan allicin di dalamnya mampu memberantas virus pembuat kutil pada kulit kita. Hal ini bisa dilakukan dengan menggeprek bawang putih, lalu menempelkannya pada kutil di kulit.

4.   Menurunkan kadar kolesterol yang ada dalam darah

manfaat bawang putih

Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, penyakit jantung salah satunya. Kolesterol akan menyumbat pembuluh darah yang menuju ke jantung, dan yang lebih parah bisa menyebabkan kematian mendadak.

Kadar kolesterol dalam darah sangat bisa diminimalisir dengan konsumsi bawang putih selama hampir 2 bulan berturut-turut.

Hal ini diperkuat dengan penelitian dari Pakistan Journal of Pharmaceutical Medicine. Mereka menyatakan bahwa jumlah kolesterol baik akan lebih banyak dari kolesterol jahat dengan konsumsi bawang putih.

5.   Mampu membantu memperkuat rambut dan mengurangi kebotakan

Ada sebagian orang yang menderita kebotakan serta rambut sangat mudah rontok.

Hal ini bisa menyebabkan rasa percaya diri rendah, terlebih yang mengalaminya adalah pria. untuk mengatasi penyakit kebotakan atau alopecia, bawang putih adalah salah satu solusinya.

Di dalam bawang putih, terdapat kandungan zat sulfur yang juga mengandung keratin tingkat tinggi untuk menumbuhkan rambut. Sehingga ketika sudah botak, rambut akan mudah tumbuh lagi.

6.   Sebagai zat anti inflamasi atau anti radang

Baru sedikit orang yang memahami jika bawang putih memiliki manfaat untuk meredakan peradangan. Hanya saja, bawang putih yang disarankan adalah bawang putih yang masih mentah.

Hal ini dikarenakan senyawa allicin yang terkandung pada salah satu bumbu dapur tersebut.

manfaat bawang putih

Nah, itulah ragam manfaat bawang putih yang harus anda ketahui. Diantara berbagai manfaat yang telah kami sebutkan, sudahkah anda membuktikannya secara pribadi?