Kaya Nutrisi, Inilah 8 Manfaat Mangga untuk Kesehatan

Kaya Nutrisi, Inilah 8 Manfaat Mangga untuk Kesehatan image

Sensasi rasa manis dan asam menjadikan mangga sebagai buah favorit sejuta umat.

Buah musiman ini seringkali menjadi bintang dalam berbagai hidangan, mulai dari rujak buah, jus, hingga pudding. Selain kelezatan dan kesegarannya ternyata ada beragam manfaat mangga yang baik untuk kesehatan.

Dalam satu cangkir mangga yang dipotong dadu terdapat beragam nutrisi seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin C, vitamin A, vitamin B6, antioksidan, kalsium, dan zat berguna lainnya.

Berikut ini adalah manfaat buah mangga untuk kesehatan Anda.

1.   Meningkatkan Kesehatan Mata

manfaat mangga

Vitamin A yang terdapat dalam buah mangga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, dalam mangga juga banyak ditemukan zat antioksidan berupa lutein dan zeaxanthin.

Kedua antioksidan tersebut memiliki peran penting untuk membantu melindungi fungsi lensa mata dan retina.

Retina dan lensa mata yang sehat dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Fungsi retina sendiri yaitu untuk memproses cahaya yang masuk ke mata yang akan diteruskan ke otak lewat saraf optik. Sedangkan lensa mata berperan dalam memfokuskan cahaya dan gambar ke retina.

Jika dua fungsi tersebut terganggu maka dapat menurunkan ketajaman penglihatan dan kesehatan mata secara umum. Lutein dan zeaxanthin  juga memiliki peran untuk melindungi mata dari bahaya sinar ultraviolet.

2.   Mencegah Kanker

Manfaat mangga untuk tubuh terbukti mampu mencegah penyakit kanker payudara dan kanker usus besar secara efektif.

Hal ini sesuai dengan hasil riset oleh tim peneliti dari Texas AgriLife Research yang menyatakan bahwa ekstrak polifenol mangga efektif untuk mencegah perkembangan sel kanker pada payudara, paru-paru, usus besar, dan jaringan prostat.

Selain itu, kulit mangga juga mengandung zat antioksidan berupa karotenoid, polifenol, vitamin C, vitamin E, dan serat. Semua nutrisi tersebut bisa berperan sebagai zat antikanker yang potensial.

3.   Mengatasi Gangguan Pencernaan

Manfaat mangga bagi kesehatan berikutnya adalah dapat mengatasi permasalahan pada pencernaan.

Dalam mangga terdapat kandungan bioaktif seperti aldehid, ester, dan terpene yang berperan meningkatkan sistem pencernaan. Mengkonsumsi buah mangga dengan jumlah yang tepat juga dapat meredakan sembelit.

4.   Mencegah Penuaan Dini

manfaat mangga

Buah mangga diketahui memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi.

Kombinasi kedua vitamin tersebut merupakan zat penting yang berperan dalam memproduksi protein kolagen dalam tubuh. Kolagen merupakan protein yang dapat membantu pembangunan jaringan ikat tubuh.

Di samping itu, kolagen sendiri diperlukan untuk meningkatkan elastisitas kulit dan memperlambat proses penuaan. Dengan demikian, konsumsi buah mangga bisa dijadikan salah satu cara untuk menghindari proses penuaan dini.

5.   Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kandungan nutrisi dalam mangga seperti vitamin A, C, B6, E, dan K serta beragam kandungan mineral terbukti sangat baik untuk kesehatan kulit.

Kandungan zat antioksidan dalam mangga juga dapat menangkal radikal bebas yang dapat menurunkan kesehatan kulit. Oleh sebab itu, mangga bisa menjadi alternatif asupan yang baik bagi kesehatan kulit.

6.   Mengatasi Anemia

Buah mangga memiliki kandungan zat besi yang diperlukan tubuh untuk meningkatkan jumlah sel darah merah. Sehingga buah yang satu ini baik dikonsumsi oleh para penderita anemia.

Konsumsi bahan makanan yang kaya akan zat besi juga dianjurkan bagi ibu hamil, menyusui, dan juga anak yang dalam masa pertumbuhan.

7.   Mencegah Jerawat

Selain dikonsumsi, buah mangga juga bisa dijadikan terapi untuk pencegahan jerawat. Caranya dengan mengoleskan bulir mangga ke permukaan kulit secara merata.

Ekstrak buah mangga dapat membantu membersihkan pori-pori wajah yang dapat menyebabkan munculnya jerawat dan komedo.

Menariknya, buah mangga juga dapat berperan sebagai eksfoliator alami yang dapat menghilangkan sel kulit mati yang menyebabkan terjadi kulit kusam. Manfaat mangga yang satu ini bisa menjadikan kulit Anda lebih sehat, halus, dan segar.

8.   Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah mangga mampu memenuhi kebutuhan vitamin C harian pada tubuh. Nutrisi ini sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Dengan mengonsumsi mangga, imunitas akan meningkat sehingga tidak mudah sakit.

manfaat mangga

Itulah manfaat mangga untuk kesehatan yang bisa Anda peroleh. Bagaimanapun, mengonsumsi makanan apapun harus tetap diperhatikan jumlahnya. Jangan sampai Anda mengalami masalah karena makan mangga berlebihan, ya.