Jangan Anggap Sepele, Ini 8 Manfaat Bunga Saffron

Jangan Anggap Sepele, Ini 8 Manfaat Bunga Saffron image

Mungkin jenis bunga saffron terdengar tidak familiar bagi anda. Hal ini wajar karena jenis bunga ini jarang bahkan tidak ditemui di negara kita.

Jika anda mencari di Google, anda akan tahu bahwa tanaman saffron merupakan salah satu jenis rempah termahal di dunia yang berasal dari Iran dan negara di Asia Barat Daya.

Tidak hanya sebagai rempah ternyata bunga saffron memiliki banyak kegunaan. Ulasan berikut membahas manfaat bunga saffron.

1. Mencegah Penyakit Kanker

manfaat bunga saffron

Bunga saffron yang banyak mengandung antioksidan sangat efektif dalam pencegahan penyakit kanker. Antioksidan mampu melawan radikal bebas dan bahan pemicu kanker yang lazim disebut karsinogen.

Jenis antioksidan yang terdapat dalam tiap gram bunga saffron diantaranya crocetin, kaempferol, crocin, dan safranal. 

Kandungan tersebutlah yang menjadi zat kimia alami anti-kanker dan juga antidepresan yang mampu melindungi sel-sel tubuh agar tetap sehat.

Ekstrak bunga saffron juga mampu meningkatkan imunitas tubuh sehingga anda tidak akan mudah sakit.

2. Meningkatkan Gairah Seks

Bagi anda yang sudah memiliki pasangan tentunya penting untuk memiliki kehidupan seks yang baik agar tetap harmonis. Manfaat lain dari bunga saffron yaitu mampu meningkatkan gairah seks.

Hal ini menjadi mungkin karena saffron merupakan salah satu jenis afrodisiak atau makanan yang meningkatkan libido seseorang.

 

Bila dikonsumsi secara rutin, pada wanita akan mengurangi rasa sakit saat berhubungan intim sehingga wanita semakin nyaman dan berhasrat.

Kandungan bunga saffron juga mampu memperbaiki kemampuan ereksi pada pria juga dapat memperbanyak jumlah sperma.

3. Membantu Diet

Bagi anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, mengkonsumsi bunga saffron bisa jadi alternatif untuk membantu diet anda. Jika anda memasukkan bunga saffron sebagai salah satu menu diet anda. 

Kandungan mineral dan serat yang terdapat dalam tiap gram bunga saffron akan mampu membuat anda kenyang lebih lama.

Kandungan pada saffron juga mampu menurunkan produksi hormon ghrelin dan leptin yang menjadi penyebab timbulnya rasa lapar. Alhasil, diet akan berhasil dan berat tubuh anda mencapai ideal.

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kesulitan mengontrol pola makan bisa menjadi salah satu penyebab penyakit diabetes. Bunga saffron memiliki kandungan yang mampu mengurangi resiko terkena penyakit diabetes.

Bunga saffron mampu mengontrol kadar gula dalam darah. Hal ini karena bunga saffron mampu  meningkatkan sensitivitas insulin. 

5. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

manfaat bunga saffron

Penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dapat anda cegah sejak dini dengan mengkonsumsi bunga saffron. Kandungan alami yang ada pada bunga saffron mampu memperlancar peredaran darah sehingga kerja jantung tidak terganggu. 

6. Meringankan PMS

PMS seringkali dialami wanita di hari pertama dan kedua pada siklus haid. Rasa nyeri yang dirasakan di sekitar daerah pinggul membuat wanita tidak bisa melakukan aktivitas rutin mereka.

Jika anda juga mengalami hal demikian, mengkonsumsi bunga saffron bisa jadi solusinya. 

Bahkan terdapat penelitian, hanya dengan menghirup aroma saffron selama sangat ampuh untuk mengurangi rasa sakit ketika anda mengalami PMS. 

7. Menghilangkan Stres

Stres akibat pekerjaan sangat umum dialami oleh banyak orang. Apakah anda juga mengalaminya?

Bunga saffron yang sudah banyak dibuat dalam bentuk tablet atau kapsul sering dikonsumsi untuk menghilangkan stres ataupun depresi. 

Bisa juga dengan meminum rebusan bunga saffron yang sudah berbentuk teh. Sensasi rileks yang timbul setelah meminum teh saffron akan memperbaiki suasana hati sehingga anda tidak mudah mengalami stres.

8. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan bunga saffron ternyata mampu mencegah penuaan dini. Mengkonsumsi bunga saffron dapat mengembalikan elastisitas kulit serta mencerahkan dan menghaluskan kulit anda. 

Selain itu mampu mengobati jerawat dan mencegahnya tidak muncul kembali. Ekstrak bunga saffron sudah ada dalam berbagai produk kecantikan seperti masker, lotion, dan lain-lain.

manfaat bunga saffron

Dari ulasan diatas anda telah mengetahui bahwa bunga saffron tidak hanya bermanfaat sebagai rempah-rempah penyedap masakan tapi juga bermanfaat bagi kesehatan.

Jika dikonsumsi secara rutin dengan dosis yang tepat, anda bisa merasakan semua manfaat bunga saffron. 

Jangan lupa untuk membeli produk dari bunga saffron yang telah terjamin keasliannya untuk memperoleh manfaat yang lebih maksimal.