Inilah 9 Manfaat Vitamin E untuk Kulit yang Dapat Anda Rasakan

Inilah 9 Manfaat Vitamin E untuk Kulit yang Dapat Anda Rasakan image

Manfaat vitamin E dapat Anda rasakan, terutama untuk kulit. Nutrisi penting ini terkandung dalam berbagai macam makanan. Vitamin E juga tersedia dalam bentuk suplemen atau minyak. Vitamin E ini penting sekali untuk kesehatan tubuh kita.

Apa saja khasiat vitamin E untuk kesehatan kulit kita? Temukan jawabannya dalam uraian berikut ini.

1. Hiperpigmentasi

manfaat vitamin e

Bercak gelap pada kulit Anda dapat disebabkan oleh terlalu banyak pigmen (melanin), yang dipicu oleh hormon atau penyebab lain. Disebut melasma, kondisi ini diyakini dapat diobati melalui penggunaan vitamin E.

Studi menunjukkan Sumber terpercaya bahwa hiperpigmentasi mungkin hanya dipengaruhi secara moderat dengan menggunakan minyak vitamin E.

Cara paling efektif menggunakan vitamin E untuk mengobati hiperpigmentasi adalah memasangkannya dengan vitamin C.

2. Mencegah Penuaan dan Kerutan di Wajah Anda

Vitamin E tinggi antioksidan dan hal itu mempengaruhi sirkulasi darah. Inilah mengapa orang melihat perbedaan dalam kekencangan dan struktur kulit mereka setelah penggunaan minyak vitamin E.

Sebuah penelitian tahun 2013 menyatakan bahwa vitamin E dan bahan-bahan alami lain yang kaya antioksidan umumnya diterima sebagai pengobatan untuk menunda keriput.

3. Mengobati Bekas Luka Jerawat

Beberapa memanfaatkan vitamin E untuk kulit sebagai pengobatan untuk jaringan parut jerawat. Namun, penelitian untuk memahami apakah vitamin E berfungsi untuk tujuan ini menunjukkan bahwa itu tidak seefektif yang diperkirakan.

Walaupun vitamin E meningkatkan sirkulasi, vitamin E tampaknya tidak mempercepat penyembuhan.

Itu berarti bahwa menggunakannya untuk jaringan parut jerawat mungkin tidak memberi Anda hasil yang Anda inginkan.

4. Membuat Bibir Menjadi Halus dan Lembut

Khasiat minyak vitamin E antara lain untuk meringankan bibir yang pecah-pecah dan kering. Karena vitamin E meningkatkan pergantian sel dan regenerasi, membuat bibir yang kering tergantikan sel-sel yang baru dengan lebih cepat.

Konsistensi minyak vitamin E yang kental dan berminyak juga dapat mencegah iritasi lebih lanjut.

5. Membuat Umur Sel Lebih Lama

manfaat vitamin e

Anda mungkin pernah melihat karat di sepeda atau mobil Anda. Proses oksidasi dan percepatan penuaan yang serupa terjadi di tubuh Anda ketika sel-sel terpapar pada molekul yang disebut radikal bebas.

Radikal bebas melemahkan dan memecah sel-sel sehat. Molekul-molekul ini juga dapat berkontribusi terhadap penyakit jantung dan kanker.

Radikal bebas terbentuk sebagai hasil dari proses tubuh normal. Mereka menyebabkan kerusakan yang memperpendek umur sel Anda.

Vitamin E adalah antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dan memperlambat proses penuaan sel Anda, menurut National Institutes of Health (NIH).

6. Pencegahan Kanker Kulit

Sebuah penelitian tahun 2013 menemukan bahwa tikus yang diberi suplemen vitamin E lebih kecil kemungkinannya terkena kanker kulit. Bahkan ketika tikus itu terpapar sinar ultraviolet dalam jumlah besar.

Hasil ini mendorong beberapa pendukung bahwa vitamin E dalam bentuk minyak maupun suplemen dapat mencegah kanker kulit.

7. Psoriasis

Setidaknya satu penelitian telah mengaitkan vitamin E dengan pengurangan gejala psoriasis. Bahkan lebih baik, penelitian menunjukkan bahwa tidak ada efek samping yang serius.

Namun, efek vitamin E pada psoriasis tidak sebaik pengobatan yang tersedia. Minyak vitamin E mungkin menjadi pilihan untuk orang yang ingin menghindari obat berbahan kimia atau penderita psoriasis ringan.

8. Meningkatkan Kesehatan Kuku

Penelitian menunjukkan bahwa suplementasi vitamin E dapat mencegah sindrom kuku kuning, yang menyebabkan kuku terkelupas, pecah, dan menguning.

Manfaat pelembab minyak Vitamin E juga dapat mendukung kesehatan kuku dengan mencegah kutikula pecah dan kulit kering di sekitar alas kuku.

9. Mengobati Sunburn

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin E dapat mencegah atau mengurangi gejala sunburn.

Minyak vitamin E dapat melembabkan dan menenangkan kulit yang kering terkelupas. Karena itu, vitamin E dapat membantu meringankan rasa terbakar dan gatal akibat terbakar sinar matahari.

Meskipun begitu, pemakaian sunblock merupakan strategi paling baik untuk melindung kulit. Upayakan juga menghindari paparan langsung sinar matahari ke kulit.

manfaat vitamin e

Vitamin E membawa segudang kebaikan untuk kulit kita. Meskipun begitu, konsumsi yang berlebihan juga tidak baik. Agar bisa merasakan manfaat vitamin E secara optimal, konsumsilah dalam batas wajar.