Inilah 7 Manfaat Kopi Hitam Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Inilah 7 Manfaat Kopi Hitam Untuk Kecantikan dan Kesehatan image

Seberapa sering Anda minum kopi dalam pekan ini? Kopi adalah salah satu produk minuman yang berasal dari biji-bijian, dan dihasilkan dalam jumlah cukup banyak di Indonesia.

Hampir semua orang pernah minum kopi, dan sebagian diantaranya menjadi penggemar kopi tanpa benar-benar tahu bahwa ternyata, ada banyak manfaat kopi hitam.

Manfaat kopi hitam bisa didapatkan bila Anda meminumnya tanpa gula atau pendamping yang lain, atau memanfaatkannya untuk penggunaan luar.

Manfaat kopi hitam bagi pria maupun wanita hampir sama, simak uraian lengkapnya berikut ini.

1. Meningkatkan Mood dan Mencegah Depresi

manfaat kopi hitam

Meskipun sekilas para pria terlihat lebih menggemari kopi daripada wanita, tapi ternyata faktanya wanita juga peminum kopi yang handal.

Ini bisa jadi karena mereka menyadari bahwa ada manfaat kopi hitam bagi wanita yang sangat penting, yakni untuk memperbaiki mood.

Seringkali Anda mungkin merasa banyak tekanan dan pikiran, dan setelah minum kopi hitam, pikiran menjadi lebih jernih.

Tak tanggung-tanggung, berdasarkan penelitian, kopi hitam mengandung antidepresan yang secara aktif mencegah seseorang dari depresi.

Dalam penelitian tersebut, orang yang rutin mengkonsumsi kopi hitam memiliki resiko lebih rendah untuk bunuh diri.

2. Mengatasi Jerawat dan Selulit

Bukan hanya untuk mood, ada juga manfaat kopi hitam untuk kulit. Kopi yang mengandung kafein dapat membantu mengatasi selulit, dengan cara melebarkan pembuluh darah yang berada di area selulit.

Untuk mendapatkan khasiat ini, Anda dapat menggunakan kopi sebagai scrub yang diaplikasikan di kulit.

Sementara itu, Anda juga bisa mengobati peradangan pada jerawat dengan memanfaatkan kandungan CGA dalam kopi yang sifatnya antiinflamasi.

Caranya, campur kopi hitam dengan madu hingga memiliki tekstur seperti pasta. Aplikasikan sebagai masker pada wajah secara rutin tiap malam, maka tak hanya jerawat yang bisa sembuh, komedo pun menyingkir.

3. Mengurangi Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Pernahkah Anda merasa bingung karena lingkaran hitam di bawah mata tak kunjung hilang? Beverly Hills MD Cosmeceuticals menyatakan bahwa kafein dalam kopi dapat mengurangi gejala ini.

Caranya, campurkan bubuk kopi, minyak zaitun dan beberapa tetes air hingga teksturnya seperti pasta.

Oles lembut pasta tersebut di bawah mata, tanpa menggosoknya. Biarkan pasta berada di kulit Anda selama lima atau sepuluh menit, lalu pastikan membilasnya hingga bersih dengan air.  

4. Meningkatkan Performa Otak dan Mencegah Pikun

manfaat kopi hitam

Kopi hitam banyak diminati para pekerja kantoran atau pebisnis karena mampu menjaga otak agar tetap aktif.

Kopi dapat meningkatkan daya ingat dan menjaga aktivitas saraf, sehingga menurunkan resiko pikun, parkinson, alzheimer dan demensia.

5. Menurunkan Berat Badan

Manfaat kopi hitam untuk diet bisa dirasakan secara langsung sejak pertama kali meminumnya. Kopi hitam tanpa gula membantu Anda untuk bisa merasa kenyang lebih lama, sekaligus meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Kopi juga membantu pembakaran lemak di perut, sehingga program penurunan berat badan akan lebih efektif.

6. Sebagai Sumber Antioksidan

Tahukah Anda apa saja kandungan kopi hitam? Di dalam kopi, ada berbagai zat penting seperti magnesium, riboflavin, kalium, kolin, niasin, dan juga vitamin B2, yang berfungsi sebagai antioksidan.

Anda bisa mendapatkan manfaat dari kandungan kopi tersebut dengan cara menjadikan kopi sebagai bahan scrub yang dicampur dengan lidah buaya, atau meminumnya secara rutin.

Antioksidan memiliki banyak manfaat untuk tubuh, terutama untuk mengusir radikal bebas yang semakin ganas karena polusi atau pola hidup kurang baik. Antioksidan juga berfungsi untuk mencegah penuaan dini pada kulit.  

7. Mengurangi Resiko Diabetes

Minum kopi tanpa gula dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah, sehingga menurunkan resiko terjadinya diabetes tipe II. Penyakit ini rentan terjadi pada orang dengan pola hidup yang kurang sehat.

Kafein dalam kopi hitam meningkatkan pola sensitivitas tubuh terhadap insulin, sehingga dapat menangkal munculnya penyakit ini.  

manfaat kopi hitam

Demikian berbagai informasi penting tentang manfaat kopi hitam bagi semua orang. Pada dasarnya, kopi tanpa gula memang terbukti bisa memberikan efek baik untuk tubuh, selama diminum dengan dosis yang tepat.

Maka jika Anda ingin memanfaatkan kopi untuk kesehatan, minumlah dengan cara dan dosis yang tepat.