Inilah 7 Manfaat Bersepeda yang Mungkin Belum Anda Tahu

Inilah 7 Manfaat Bersepeda yang Mungkin Belum Anda Tahu image

Siapa dari anda yang senang mengayuh sepeda?. Bersepeda menjadi jenis olahraga yang cukup mengasyikkan dan tentunya murah meriah.

Bagi anda yang suka olahraga ini, mesti tahu apa-apa saja manfaat bersepeda bagi tubuh. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Terhindar dari Penyakit Jantung

manfaat bersepeda

Bersepeda dengan rutin ternyata dapat menghindarkan anda dari penyakit mematikan seperti penyakit kardiovaskular atau jantung.

Disaat anda bersepeda pacu atau detak jantung akan semakin cepat. Kondisi ini menyebabkan jantung mampu bekerja secara optimal untuk memompa darah ke seluruh organ tubuh. 

Lancarnya peredaran darah akan membuat jantung serta organ lain lebih sehat dan jauh dari penyakit. Ini juga yang menjadi alasan mengapa di negara lain lebih memilih mengendarai sepeda saat berangkat kerja dan sekolah. 

2. Menguatkan Otot dan Sendi

Otot dan sendi yang kaku tidak akan diderita oleh anda jika rajin bersepeda.

Hal ini karena bersepeda mampu melatih otot dan sendi untuk terus bergerak. Pada akhirnya penyakit sendi seperti osteoartritis, pegal linu, dan penyakit sejenis bisa anda hindari. 

Bersepeda secara rutin bisa menguatkan otot kaki, pinggul, serta lengan.

Otot dan sendi yang sehat tentunya akan meningkatkan aktivitas dan mobilitas anda sehari-hari. Naik-turun tangga di kantor tentunya tidak akan menjadi masalah jika otot dan sendi sehat.

3. Bobot Tubuh Terkontrol

Siapa yang tidak senang jika memiliki bentuk tubuh yang ideal. Tubuh yang ideal tidak hanya menunjang penampilan namun juga menjaga anda tetap sehat. Inilah pentingnya menjaga bobot tubuh agar tetap terkontrol. 

Bagi anda yang kelebihan berat badan, bersepeda menjadi salah satu cara efektif untuk menurunkan berat badan hingga mencapai bobot ideal.

Sedangkan bagi anda yang sudah memiliki bobot ideal, bersepeda membantu anda menjaga dan mempertahankan bobot anda. 

4. Menurunkan Resiko Diabetes

Penyakit diabetes tidak hanya disebabkan oleh pola makan yang tidak benar. Kurang bergerak atau berolahraga juga menjadi salah satu penyebabnya.

Kegunaan bersepeda disini, kadar gula dalam darah dapat terkontrol sehingga menghindarkan anda dari resiko diabetes. 

Sebuah studi menyimpulkan bahwa semakin rutin anda bersepeda maka resiko terkena penyakit diabetes akan semakin menurun.

Jadi anda tetap bisa menikmati makanan enak tanpa khawatir diabetes dengan mengimbanginya lewat aktivitas bersepeda.

5. Meningkatkan Kinerja Otak

manfaat bersepeda

Mungkin aktivitas sehari-hari anda di tempat kerja memerlukan konsentrasi tinggi serta daya ingat yang tinggi untuk dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Untuk meningkatkan dan mengoptimalkan kinerja otak, bersepeda bisa menjadi solusi terbaik. Jika anda bertanya, apa hubungannya?

Hubungannya yaitu disaat anda bersepeda, aliran darah akan semakin lancar mengalir ke seluruh organ tubuh termasuk otak.

Kondisi ini akan memicu regenerasi sel-sel otak baru yang mampu mengoptimalkan kerja otak. Bahkan manfaat mengayuh sepeda salah satunya juga anda dapat terhindar dari penyakit pikun bahkan penyakit berbahaya seperti Alzheimer.

6. Terhindar dari Stres

Tekanan pekerjaan dan segala aktivitas harian yang sangat padat tidak akan menjamin anda bisa terhindar dari kondisi stres.

Jika anda berada dalam kondisi tersebut, cobalah untuk melakukan aktivitas menyehatkan seperti bersepeda. 

Dengan bersepeda mampu memperbaiki mood anda, serta memicu produksi hormon bahagia seperti endorfin.

Mood atau suasana hati yang baik mampu mendongkrak semangat anda. Serta menghindarkan anda dari kondisi stres, depresi, hingga kecemasan berlebih yang dapat mengganggu aktivitas harian anda.

7. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Tidak semua orang bisa menikmati yang namanya tidur dengan nyenyak di malam hari. Apa anda salah satunya?.

Jika ya, berarti anda perlu mengubah atau menambah rutinitas harian dengan bersepeda di pagi hari ataupun sore hari. 

Jika anda bersepeda di sore hari, kelelahan akibat aktivitas ini akan membantu anda mengantuk sehingga waktu tidur anda menjadi lebih cepat.

Jika bersepeda dilakukan di pagi hari, akan menghilangkan hormon kortisol yang sering kali menjadi penyebab penyakit insomnia.

manfaat bersepeda

Melakukan aktivitas fisik seperti bersepeda mampu menghindarkan anda dari segala macam penyakit yang disebabkan menurunnya kondisi fisik dan juga mental.

Jadi, sempatkanlah bersepeda minimal 20-30 menit setiap hari dan rasakan segala manfaat bersepeda pada tubuh anda. Selamat bersepeda, ya!