Cari Tahu Manfaat Mengkudu untuk Tubuh Manusia

Cari Tahu Manfaat Mengkudu untuk Tubuh Manusia image

Apakah Anda termasuk seseorang yang rutin mengkonsumsi mengkudu? Buah ini biasanya diolah dalam berbagai minuman maupun kapsul kesehatan.

Hal ini sangatlah wajar melihat banyak sekali manfaat mengkudu yang bisa dirasakan.

Buah yang memiliki nama latin Morinda Citrifolia ini memang jarang dikonsumsi secara langsung.

Aromanya yang terlalu kuat dan rasanya yang pahit membuat tidak banyak orang yang menyukainya. Namun, ternyata Anda bisa menambahkan madu asli untuk membuat rasanya lebih manis. 

Beragam Manfaat Buah Mengkudu Untuk Tubuh

Mengandung banyak vitamin, antioksidan dan mineral membuat buah ini memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh.

Oleh karena itu alangkah baiknya jika Anda rutin mengkonsumsi buah yang banyak ditemukan di Asia ini. Berikut ini adalah berbagai manfaat baik mengkonsumsi mengkudu untuk tubuh. 

1. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

manfaat mengkudu

Manfaat mengkudu bagi kesehatan yang pertama ialah dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Mengandung banyak vitamin C, sel sel tubuh akan terlindungi dari kerusakan akibat radikal bebas.

Terlebih jika Anda memiliki kesibukan di luar rumah dan memiliki peluang tinggi terpapar radikal bebas.

Antioksidan yang tinggi pada buah ini juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga meskipun memiliki kesibukan yang padat, Anda bisa terhindari dari berbagai penyakit. 

2. Mengurangi Peradangan pada Perokok Berat 

Manfaat selanjutnya dirasakan oleh para perokok berat yang mengalami masalah seperti peradangan kronis. Jika Anda merupakan seorang perokok berat dan telah mengalami masalah kesehatan, mengkudu dapat mengatasinya. 

Seperti diketahui, merokok memiliki banyak dampak buruk bagi tubuh diantaranya penyakit infeksi. Jika Anda rutin mengkonsumsi sari buah mengkudu, perlahan akan mengurangi gejala yang dirasakan. 

3. Mencegah Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia dan sampai saat ini belum ada obat yang ampuh. Oleh karena itu penting bagi setiap orang menjaga diri agar terhindar dari penyakit kanker. 

Selain menjalankan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga, Anda juga bisa mengkonsumsi buah mengkudu.

Menurut berbagai penelitian ilmiah yang sudah dilakukan, sifat dari buah mengkudu ini dapat melawan tumor dan kanker. 

4. Memperlancar Peredaran Darah

manfaat mengkudu

Mengkudu mengandung zat scopoletin dan anthraquinone yang dapat memperlancar peredaran darah. Saat peredaran darah lancar maka berbagai fungsi organ penting di tubuh akan semakin optimal. 

Selain itu zat ini juga berfungsi sebagai anti bakteri yang dapat mencegah pertumbuhan mikroorganisme. Sehingga berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri akan lebih sulit untuk menyerang tubuh Anda. 

5. Menurunkan Kolesterol 

Meskipun rasa mengkudu pahit namun jika mengetahui cara mengolah buah mengkudu yang baik membuat rasa akan lebih lezat. 

Selain memiliki rasa yang lebih lezat, Anda juga dapat mendapatkan manfaat dari buah ini. Manfaat selanjutnya ialah menurunkan kadar kolesterol agar tetap berada di dalam kadar yang normal. 

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi akan membuat berbagai penyakit baru muncul, termasuk jantung.

Oleh karena itu bagi Anda yang sedang menjaga kadar kolesterol, mengkonsumsi buah mengkudu ini sangatlah baik. 

6. Menjaga Elastisitas Kulit

Tidak hanya baik untuk kesehatan, ternyata Anda juga bisa merasakan manfaat mengkudu untuk kecantikan. Salah satunya ialah menjaga elastisitas kulit sehingga tampak selalu kencang. 

Seiring dengan bertambahnya usia tentu kulit wajah akan menjadi tidak kencang dan mengalami penuaan. Rutin mengkonsumsi mengkudu dapat mencegah terjadinya penuaan dini dan menjaga elastisitas kulit. 

7. Menjaga Kesehatan Otak 

Otak merupakan organ yang sangat penting bagi manusia dan harus dijaga kesehatannya.

Jika terjadi sesuatu terhadap otak maka bukan tidak mungkin terjadi penurunan kesehatan. Salah satu yang bisa menurunkan fungsi dan kerja otak ialah stress yang berlebih dan dapat membuat fungsi kognitif melemah. 

Para peneliti di Jepang mengatakan bahwa mengkonsumsi jus mengkudu dapat mengatasi stress dan kecemasan.

Bahkan bagi seseorang yang mengalami depresi berat, mengkudu juga bisa menjadi obat yang ampuh. Mengkudu memiliki antioksidan yang tinggi dan dapat melawan stress oksidatif. 

manfaat mengkudu

Bagaimana, apakah kini Anda masih ragu untuk mengkonsumsi buah mengkudu?

Meskipun rasanya pahit namun berbagai manfaat mengkudu tersebut sangat bagus untuk tubuh. Menjaga kesehatan bisa Anda lakukan dengan melakukan olahraga dan mengkonsumsi makanan penuh nutrisi.