Berbagai Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan Tubuh

Berbagai Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan Tubuh image

Singkong memiliki daun yang mengandung banyak nutrisi baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi yang dimiliki adalah protein, karbohidrat, berbagai macam vitamin, asam amino, beta karoten, serat dan banyak zat baik lainnya.

Berbagai manfaat daun singkong bisa Anda dapatkan jika rajin mengkonsumsinya. 

Singkong atau yang sering disebut dengan ketela pohon, tanamannya sangat mudah ditemukan. Harga daun singkong pun relatif murah.

Dengan harga yang terjangkau dan mudah ditemukan, Anda bisa langsung merasakan khasiat alami daun singkong. Berikut ini adalah khasiat yang bisa Anda rasakan:

1. Melancarkan pencernaan

manfaat daun singkong

Daun singkong memiliki kandungan serat yang sangat baik untuk melancarkan pembuangan air besar. Serat ini bisa memadatkan tinja saat Anda terkena diare dan juga bisa mengencerkan tinja bila terlalu padat.

Jika pembuangan air besar lancar, Anda tentu akan terhindar dari masalah konstipasi.

Selain itu, memiliki sistem pembuangan yang lancar membuat keseluruhan sistem pencernaan menjadi sehat.

Anda bisa terhindar dari berbagai penyakit pencernaan seperti kanker usus besar, wasir, dan penyakit divertikular.

2. Mempercepat regenerasi sel

Kandungan asam amino yang bisa ditemukan dalam daun singkong bisa mempercepat regenerasi sel-sel tubuh yang telah menua dan rusak.

Dengan lancarnya regenerasi sel ini, organ tubuh Anda akan terus bekerja secara normal dan sehat.

Selain itu, regenerasi sel yang dilakukan oleh asam amino bisa menghindarkan Anda dari penyakit degeneratif yang berbahaya.

Contoh penyakit degeneratif adalah penyakit jantung, stroke, diabetes, alzheimer, parkinson, dan kanker. Dengan mengkonsumsi daun singkong tentu lebih baik daripada tidak sama sekali. 

3. Meningkatkan produksi ASI bagi ibu menyusui

Manfaat penting daun singkong yang lain adalah memperlancar produksi ASI bagi Anda yang sedang menyusui.

Kandungan mineral dan multivitamin pada daun ini mampu meningkatkan tidak hanya kuantitas air susu tetapi juga kualitas air susu tersebut. ASI yang kaya akan nutrisi tentu sangat baik bagi pertumbuhan bayi Anda.

4. Mencegah penyakit kronis

manfaat daun singkong

Nutrisi penting daun singkong yang dibutuhkan oleh tubuh adalah antioksidan seperti polifenol. Daun yang kaya akan antioksidan ini dipercaya bisa mencegah penyakit kanker.

Selain itu, daun singkong juga bisa menurunkan resiko Anda dari penyakit berbahaya lainnya seperti penyakit jantung.

Kandungan daun singkong lainnya yang bisa menghindarkan Anda dari penyakit kronis adalah isoflavon. Isoflavon berfungsi untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat jenis LDL, yang merupakan kolesterol pemicu utama penyakit stroke. 

5. Menjaga kesehatan mata

Daun singkong kaya akan vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata. Apabila Anda mengalami gejala penglihatan yang tidak jelas atau buram, Anda bisa memakan daun singkong secara rutin.

Jika Anda terus mengkonsumsi olahan sayur singkong minimal 3 kali dalam seminggu, penglihatan Anda akan jelas dan membaik.

6. Menjaga kesehatan ibu hamil

Ibu hamil merupakan kelompok paling rentan terkena penyakit anemia. Kandungan zat besi yang dimiliki sayur ini terbukti dapat meningkatkan jumlah hemoglobin yang berfungsi untuk mengangkut oksigen dalam darah. 

Jika ibu hamil kekurangan zat besi dalam tubuhnya, maka sesak nafas, gejala kelelahan, jantung berdebar suasana hati yang buruk tidak bisa dihindarkan.

Jika kesehatan tubuh ibu hamil berkurang, bisa menjadi ancaman yang serius bagi keselamatan janin.

Selain itu, daun singkong juga mengandung asam folat yang membantu pertumbuhan sel-sel otak janin. Kurangnya konsumsi dan asupan asam folat pada ibu hamil bisa mengakibatkan cacat bawaan pada bayi.

7. Mengatasi masalah rematik

Penyakit rematik ditunjukkan dengan gejala sendi yang kaku, nyeri dan bengkak. Hal ini timbul akibat serangan imun tubuh terhadap jaringannya sendiri.

Jika dibiarkan terus menerus, rematik bisa berakibat buruk pada kesehatan kulit, jantung, hingga paru-paru.

Daun singkong untuk mengatasi penyakit rematik tentu lebih aman dibandingkan dengan obat-obatan kimia karena efek samping yang ditimbulkan lebih sedikit.

Antiinflamasi yang dikandung dalam daun singkong mampu mencegah peradangan dan pembengkakan sendi yang menyebabkan rematik.

manfaat daun singkong

Demikianlah pemaparan mengenai berbagai manfaat daun singkong. Meskipun memiliki banyak khasiat, Anda harus hati-hati supaya tidak mengkonsumsi daun singkong terlalu berlebihan.

Segala sesuatu yang berlebihan pastinya tidak baik bagi kesehatan Anda.