Asal Rutin Dilakukan, 6 Manfaat Renang Ini Akan Anda Rasakan

Asal Rutin Dilakukan, 6 Manfaat Renang Ini Akan Anda Rasakan image

Siapapun pasti setuju bahwa olahraga itu menyehatkan, namun sayangnya banyak yang tidak suka dengan keringat yang muncul setelahnya.

Untuk Anda yang juga enggan dengan kondisi ini, ada satu alternatif yang bisa dicoba yaitu renang. Apakah ada manfaatnya? Tenang saja, manfaat renang juga tidak kalah bagus dari olahraga yang membuat tubuh berkeringat kok.

Kabar baiknya lagi, manfaat tersebut tidak hanya akan dirasakan oleh perenang profesional, namun siapapun juga bisa merasakannya terutama bila dilakukan secara teratur.

Nah sekarang pertanyaannya adalah apa saja manfaat dari kegiatan berenang tersebut? Simak daftar berikut untuk mendapatkan jawabannya ya. 

1. Membantu Melatih Anggota Tubuh yang Kurang Digerakkan dan Membangun Otot

manfaat renang

Renang merupakan salah satu pilihan yang bagus untuk Anda yang aktifitas sehari-harinya lebih banyak duduk atau hanya sedikit melibatkan fisik.

Pada saat berenang, maka semua anggota tubuh Anda akan ikut digerakkan termasuk kaki dan tangan.

Akibatnya, otot perut, otot punggung bawah dan otot lainnya yang mungkin selama ini kurang Anda latih juga akan ikut berkembang.

Tambahan lagi, berdasarkan hasil studi aktivitas berenang juga rupanya dapat meningkatkan massa otot trisep bahkan hingga 25% pada sekelompok pria. Konon hasil ini akan diperoleh setelah program berenang dilakukan selama 8 minggu.  

2. Membuat Kadar Stres Menurun

manfaat renang

Seorang pelatih renang dan triathlon, Earl Walton menyampaikan bahwa berenang mempunyai manfaat khusus dalam menaikkan suasana hati.

Ketika berendam dalam air, maka informasi sensor yang membuat tubuh terasa terbebani akan menjadi lebih tumpul dan sekaligus mendatangkan perasaan kalem.

Jadi wajar rasanya bila ada orang yang lebih suka berada dalam air saat dirinya tengah stres.

Jika dispesifikkan, membuat kadar stres menurun adalah salah satu manfaat renang gaya dada.

Gaya renang ini memang cenderung lamban, namun jika Anda tengah stress gaya ini adalah salah satu pilihan terbaiknya.

3. Membantu Mencegah Penyakit dan Meningkatkan Usia Harapan Hidup

Lebih lanjut lagi, berenang juga bisa membantu menghindarkan tubuh dari beberapa penyakit seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan stroke.

Bahkan bukan hanya mencegah, berenang sebenarnya juga bagus dilakukan oleh orang-orang yang tengah mengalami penyakit tertentu seperti radang sendi.

Selain itu, menurut studi apabila berenang tersebut dilakukan secara rutin juga bisa meningkatkan usia harapan hidup.

Ini tidaklah mengherankan mengingat renang membuat tubuh lebih aktif sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar. Tentu Anda sudah bisa membayangkan apa saja enaknya jika peredaran darah dalam tubuh lancar bukan?

Selain itu, dengan renang kadar kolesterol tubuh juga menjadi lebih terjaga dan ketahanan sistem pernapasan bisa lebih meningkat.

4. Membantu Menjaga Berat Badan

manfaat renang

Salah satu manfaat renang untuk wanita yang rasanya sangat menggiurkan ialah membantu menjaga berat badan.

Hal ini sesuai dengan yang disampaikan di laman Medical News Today bahwasanya renang termasuk olahraga yang efektif membakar lemak. Bahkan efektifitasnya tersebut melebihi lari di atas treadmill dan juga lompat tali.

Mengingat manfaat satu ini, renang juga menjadi olahraga yang bagus untuk dilakukan oleh wanita hamil.

Pasalnya, saat masa kehamilan biasanya wanita akan mengalami kenaikan berat badan. Memang ini adalah hal yang normal dan biasa terjadi.

Namun bila kenaikan berat badan tersebut berlebihan bahkan hingga mencapai obesitas, maka risiko terjadinya komplikasi saat kehamilan juga akan meningkat.

Untuk menghindari hal tersebut, maka wanita hamil harus menjaga berat badannya dan salah satu caranya ialah berenang secara rutin. Tentu saja manfaat ini tidak hanya bisa dinikmati oleh para wanita, karena pria juga bisa menikmatinya.

.

5. Membantu Meningkatkan Kapasitas Daya Tahan

Earl Walton juga menyampaikan bahwasanya berenang juga bisa membuat tubuh beradaptasi untuk menggunakan oksigen dengan lebih efisien.

Hal ini dikarenakan pada saat kepala berada di dalam air, oksigen dalam tubuh juga akan terbatas. Nah, dengan bertambahnya kemampuan menggunakan oksigen secara efisien tersebut, maka kapasitas daya tahan juga akan lebih meningkat.

Dengan begini, Anda juga bisa berlari dengan lebih cepat tanpa kelelahan. Pasalnya kan lari juga memerlukan pernapasan efektif.

Selain itu, berenang juga membantu melatih otot-otot yang diperlukan untuk berlari seperti otot bahu, otot perut, otot bokong dan hamstring.  

6. Membuat Pelakunya Menjadi Lebih Awet Muda

Manfaat berenang bagi pria maupun wanita lainnya ialah bisa membuat awet muda, bahkan hingga 20 tahun dari usia biologisnya. Manfaat ini didasarkan pada hasil riset dari Indiana University.

Masih dari Indiana University pula, bisa diketahui bahwa berenang sejauh 3 - 4 kilometer yang rutin dilakukan 3 kali dalam seminggu bisa membantu Anda menunda penuaan dini.

manfaat renang

Seperti yang sudah disampaikan, manfaat renang di atas akan Anda dapatkan dengan catatan harus rutin dilakukan. Perlu diingat juga bahwa renang ini selayaknya olahraga lain yang memerlukan pemanasan dan pendinginan.

Jadi, jangan lupa untuk melakukan kedua hal tersebut agar tubuh tetap baik-baik saja pada saat berenang dan setelah berenang. Semoga bermanfaat ya.