9 Manfaat Serai yang Baik Untuk Kesehatan Badan

9 Manfaat Serai yang Baik Untuk Kesehatan Badan image

Serai adalah tumbuhan multifungsi yang berasal dari Asia khususnya daerah tropis.

Serai biasa ditambahkan sebagai bumbu berbagai olahan makanan. Selain sebagai bumbu masak, manfaat serai ternyata ada banyak, berikut daftar manfaatnya.

Beberapa Manfaat Serai yang Beragam

Serai adalah jenis tumbuhan yang memiliki berbagai keunggulan manfaat baik bagi badan. Apa saja manfaat serai yang bisa Anda dapatkan? Berikut daftar manfaat serai yang harus Anda tahu:

1. Bagus untuk Perawatan Kulit

manfaat serai

Sebuah penelitian pada tahun 2017 menunjukkan bahwa minyak esensial yang berasal dari bahan dasar serai (Cymbopogonflexuosus) memiliki efek anti-inflamasi pada sel-sel kulit manusia.

Tumbuhan ini juga merupakan alat terapi yang baik untuk pengobatan kulit inflamasi. 

2. Mengurangi Penyakit Jantung

Serai ternyata juga mampu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan cara menurunkan kolesterol.

3. Tumbuhan Multifungsi

Dalam pengobatan tradisional, serai digunakan sebagai antispasmodik, hipotensi, antikonvulsan, analgesik, antiemetik, antitusif, antirematik, dan antiseptik.

Selain itu juga digunakan untuk pengobatan demam, gangguan saraf, dan gastrointestinal. 

Tanaman ini juga digunakan sebagai anti bakteri, anti jamur, anti antidiarrhea, anti inflamasi, dan antioksidan.

Serai mengandung berbagai senyawa seperti flavonoid dan senyawa fenolik, terpenoid dan minyak atsiri. Senyawa-senyawa ini yang bertanggung jawab atas berbagai aktivitas biologis.

4. Memerangi Kanker

Para peneliti telah menunjukkan bahwa teh serai dapat membantu melawan kanker. Komponen yang ditemukan dalam serai dapat menyebabkan sel kanker mati tanpa merusak sel yang sehat.

Untuk membantu proses penyembuhan, pasien kanker biasanya dianjurkan untuk minum teh serai saat menjalani perawatan kemoterapi.

5. Memiliki Sifat Antioksidan - Meningkatkan Kekebalan Tubuh

manfaat serai

Berbagai penelitian ilmiah mengkonfirmasi fakta bahwa teh serai kaya berbagai antioksidan yang membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuh.

Hal ini bisa menjaga tubuh bebas dari penyakit. Radikal bebas bertanggung jawab atas kerusakan sel dan proses alami yang terjadi di dalamnya.

Kehadiran antioksidan dalam teh serai memberikan tambahan kekebalan terhadap tubuh.

6. Mengobati Flu

Manfaat batang serai adalah untuk meredakan flu. Batang serai mengandung banyak vitamin dan mineral yang menjadikannya obat pencegah flu yang sangat baik. Tumbuhan serai dikenal kaya akan Vitamin A dan Vitamin C.

Ini mungkin adalah alasan utama mengapa serai digunakan sebagai bahan umum dalam obat batuk dan produk kekebalan tubuh lainnya. Anda bisa menyeduh serai dan jahe untuk meredakan flu.

Manfaat serai dan jahe terkenal bisa meringankan batuk dan pilek.

7. Anti-inflamasi

Terjadinya peradangan di berbagai bagian tubuh adalah hal biasa. Meskipun mungkin tidak serius dalam kasus-kasus tertentu dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti peradangan tenggorokan.

Akan sangat berbahaya jika sampai mempengaruhi otot-otot organ jantung.

Serai kaya akan citral dan geraniol. Ini merupakan dua komponen penting yang memberikan sifat anti-inflamasi dan bagus untuk meredakan peradangan.

Anda bisa buat secangkir teh serai untuk membantu mengurangi rasa sakit di tenggorokan. 

8. Membantu Meningkatkan Suplai ASI

Penelitian medis menunjukkan manfaat dari mengkonsumsi serai bagus dalam meningkatkan pasokan ASI.

Tanaman ini memiliki senyawa alami mampu meningkatkan pasokan ASI pada ibu melahirkan.

Namun, penggunaannya tentu membutuhkan saran tenaga medis. Hal ini diperlukan agar ketika mengkonsumsi serai selama atau setelah kehamilan Anda tidak masalah kesehatan karena efek samping serai.

9. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serai telah digunakan sejak lama sebagai bagian dari obat-obatan tradisional di kawasan Asia. Salah satu manfaat kesehatan yang penting adalah bisa digunakan sebagai obat pencernaan.

Serai dikenal mampu meringankan gejala pencernaan seperti kram, sakit perut, diare, kembung, dan lain-lain.

Studi tertentu juga menunjukkan keefektifannya terhadap tukak lambung dan penyakit lambung lain. Sebuah penelitian menarik yang diterbitkan dalam Journal of Young Pharmacists menunjukkan manfaat teh serai.

Teh serai bisa membantu memberikan perlindungan terhadap tukak lambung yang disebabkan karena penggunaan aspirin yang berlebihan.

Selain itu, sifat antibakteri dan anti-inflamasi serai membantu meningkatkan kesehatan usus.

manfaat serai

Manfaat serai di atas adalah manfaat akan Anda dapatkan jika mengkonsumsi serai secara teratur. Serai adalah jenis tumbuhan yang tidak sulit ditemukan. Jadi selalu pastikan serai ada di dapur Anda.