9 Manfaat Kunyit Asam Bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

9 Manfaat Kunyit Asam Bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh image

Jamu adalah obat tradisional yang sudah terkenal di Indonesia dalam mengatasi penyakit dan menjaga kesehatan tubuh. Walau dikenal memiliki rasa yang pahit dan asam, namun jamu memiliki khasiat yang sangat baik untuk tubuh.

Salah satu contohnya adalah kunyit asam. Simak ulasan berikut untuk mengetahui manfaat kunyit asam bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Kunyit Asam

Kunyit asam merupakan salah satu jamu yang baik untuk menjaga stamina tubuh. Minuman jamu berwarna kuning ini selain baik untuk menjaga stamina, ternyata juga sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan wanita.

Lalu, seperti apa manfaat kunyit asam yang lain untuk tubuh?

1. Dapat Mencegah Peradangan

manfaat kunyit asam

Manfaat dari kunyit asam yang pertama adalah dapat mencegah dan meringankan peradangan atau anti inflamasi. Kunyit mengandung kurkumin yang dapat mengurangi rasa nyeri akibat peradangan, seperti radang sendi.

Kunyit ini sangat baik dikonsumsi untuk orang usia lanjut yang kerap mengalami peradangan pada sendi.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat kunyit selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan usus, pencernaan dan ginjal.

Kandungan antioksidan dalam kunyit dapat mengurangi gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, cacingan serta meningkatkan kesehatan ginjal.

Selain itu, kandungan kurkumin dalam kunyit juga baik dalam mencegah kanker seperti kanker usus.

3. Melawan Racun dalam Tubuh

Kunyit juga mengandung antioksidan, anti peradangan yang bisa melawan racun, parasit dan bakteri dalam tubuh.

Dengan rutin mengkonsumsi jamu kunyit asam ini dapat membantu membersihkan toksin dan parasit dalam tubuh sehingga kesehatan tubuh selalu terjaga.

4. Mengatasi Nyeri Haid

Manfaat kunyit asam untuk rahim adalah meredakan nyeri saat haid. Beberapa wanita memang kerap sekali mengalami nyeri saat haid. Jika Anda juga sering merasakan nyeri ketika haid, Anda bisa mengkonsumsi jamu ini sebelum atau sesudah haid.

Kandungan kurkumin dengan campuran asam membantu meredakan rasa nyeri dan sakit perut saat menstruasi.

5. Menjaga Kesehatan Otak

Kandungan kurkumin dalam kunyit asam ternyata juga baik untuk mencegah penyakit otak seperti alzheimer. Selain itu, juga bisa meningkatkan fungsi otak dan mencegah depresi.

Kunyit juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sehingga tubuh bisa terhindar dari penyakit stroke.

6. Menjaga Imun Tubuh

Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam kunyit asam dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi tubuh dari bakteri sehingga tubuh tidak mudah sakit.

Jadi, Anda bisa mengkonsumsi minuman jamu kunyit asam ini secara rutin untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

7. Mengobati Keputihan

manfaat kunyit asam

Selain meredakan nyeri pada saat haid atau menstruasi, ternyata kunyit asam juga bisa membantu mengatasi keputihan pada wanita. Keputihan termasuk masalah yang kerap mengganggu wanita.

Hal tersebut bisa dicegah atau diatasi dengan kunyit karena kunyit mengandung minyak atsiri yang dapat membersihkan tuba falopi dari sisa haid sehingga dapat mencegah keputihan.

8. Menjaga Berat Badan Tubuh

Selanjutnya ada manfaat kunyit asam untuk diet. Kunyit ternyata juga baik untuk menurunkan dan menjaga berat badan tubuh. Bagi Anda yang melakukan diet bisa rutin minum jamu kunyit asam ini.

Walaupun tidak memiliki pengaruh yang besar, namun kunyit mengandung zat HCA yang bisa menghambat produksi lemak dalam tubuh sehingga dapat menjaga berat badan Anda.

9. Mencegah Jerawat

Selain untuk tubuh, ternyata kunyit asam juga baik untuk kecantikan. Manfaat jamu kunyit asam untuk kecantikan yaitu mencegah jerawat dan kusam.

Masalah jerawat memang sangat mengganggu wajah, namun hal tersebut bisa dicegah dengan rutin mengkonsumsi jamu ini. Kandungan Vitamin C dan A dalam kunyit bisa mencegah jerawat dan mencerahkan kulit wajah.

Selain itu, asam sendiri mengandung polifenol yang dapat berfungsi sebagai antioksidan, melindungi tubuh dari kanker dan penyakit jantung.

Asam juga bisa mengatasi diare, tukak lambung, menurunkan kolesterol dan mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Itulah sebabnya jika mengkonsumsi jamu kunyit asam sangat baik untuk tubuh.

manfaat kunyit asam

Selain sebagai obat tradisional, kunyit ternyata baik untuk mencegah penyakit dan menjaga kecantikan. Jadi, mulai sekarang Anda tidak perlu ragu dan bisa rutin mengkonsumsi jamu ini untuk meningkatkan kesehatan tubuh Anda dan keluarga.

Anda bisa membelinya atau membuatnya sendiri di rumah dan mengkonsumsinya secara rutin untuk merasakan manfaat kunyit asam.