9 Manfaat Buah Kersen yang Baik Untuk Kesehatan

9 Manfaat Buah Kersen yang Baik Untuk Kesehatan image

Orang-orang Indonesia tentu tidak asing lagi dengan buah kersen. Ini adalah buah yang bisa tumbuh secara liar di berbagai daerah di Indonesia.

Hal ini menyebabkan beberapa orang meremehkan buah ini, namun tahukah Anda manfaat buah kersen ada begitu banyak?

Buah, yang dikenal sebagai Muntingia calabura ini, dikemas dengan beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa. Tidak hanya buahnya, tetapi daunnya juga punya manfaat yang baik.

Manfaat Buah Kersen Bagi Tubuh

Menurut para peneliti dan ahli gizi konsumsi buah ini secara rutin sangat baik untuk tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat buah kersen untuk kesehatan yang harus Anda ketahui:

1. Antibakteri 

manfaat buah kersen

Buah kersen mengandung banyak senyawa antibakteri yang kuat dan menjadikannya sumber agen antibakteri baru.

Buah ini sangat baik untuk mengobati infeksi bakteri Staph, S. Epidemidis, P. vulgaris, K. Rhizophil, C. Diphtheriae dan bakteri lain. 

Antibakteri sangat penting ketika tubuh Anda memiliki begitu banyak bakteri resisten dengan antibiotik.

2. Mengobati  Asam Urat

Bentuk radang sendi yang menyakitkan ini, yang biasanya berkembang dari konsumsi terlalu banyak jenis makanan dan terlalu sedikit konsumsi air. Penyakit ini dapat dikurangi dengan makan buah kersen dengan rutin.

 

Selama bertahun-tahun banyak negara menggunakan buah kersen untuk menghentikan rasa sakit yang terkait dengan asam urat. Mengkonsumsi 9 hingga 12 buah kersen tiga kali sehari akan bekerja dengan baik untuk mengobati asam urat.

3. Sumber Vitamin C 

Buah kersen adalah sumber vitamin C yang sangat baik, mengandung 150 miligram vitamin hanya dalam 100 gram. Vitamin C membantu mempersingkat durasi pilek dan bahkan dapat menawarkan perlindungan terhadapnya. 

Sebuah penelitian tahun 2013 menemukan vitamin C mengurangi durasi pilek hingga 8 persen pada orang dewasa dan 14 persen pada anak-anak.

Karena rata-rata pilek berlangsung sekitar seminggu, ini berarti suplemen vitamin C dapat mengurangi durasi pilek menjadi satu hari lebih sedikit.

Buah ini mengandung sejumlah vitamin C dan antioksidan kuat yang membantu melawan asma dan bahkan penyakit kardiovaskular lainnya. 

4. Menghambat Rasa Sakit

Manfaat lain dari kersen selain buahnya adalah daunnya. Daun kersen bisa dibuat menjadi teh yang sangat bagus untuk menghambat rasa sakit.

Kandungan yang ada di dalam daun kersen bisa memblokir reseptor rasa sakit, di dalamnya ada antinociceptive yang baik mirip dengan opiat.

5. Perlindungan Kardiovaskular

manfaat buah kersen

Makan buah dan minum teh yang dibuat dari seduhan daun kersen bisa melindungi jantung dari serangan jantung. Di dalam daun dan buah kersen terdapat antioksidan yang cukup banyak. Hal ini sangat baik untuk kesehatan jantung.

6. Bagus untuk Penderita Diabetes

Orang yang menderita penyakit diabetes harus secara teratur memonitor kadar gula darahnya dan minum obat atau suntikan sepanjang hidupnya. Untungnya, buah ini mampu mengurangi gula dalam darah. 

Dengan rutin makan buah ini berarti penderita diabetes bisa mengurangi konsumsi obat menjadi lebih rendah.

Manfaat buah kersen untuk diabetes adalah manfaat yang dibutuhkan oleh banyak orang. Buah kersen selain bisa mengobati juga bisa mencegah diabetes.

7. Antioksidan Kuat

Suatu proses kimia yang disebut oksidasi dalam tubuh melepaskan radikal bebas. Dalam proses itu ada molekul dengan efek merusak dan dianggap sebagai penyebab kanker dan penyakit lainnya. 

Untuk mengatasi radikal bebas itu, tubuh membutuhkan antioksidan yang banyak. Salah satu cara mendapatkan antioksidan yang banyak adalah makan buah kersen. 

Fakta menunjukkan, buah ini mengandung 24 flavonoid dan senyawa fenolik yang berbeda. Dua kandungan inilah yang akan mencegah radikal bebas yang bisa merusak tubuh.

8. Sumber Nutrisi

Sebagai buah yang padat nutrisi, buah kersen mengandung berbagai nutrisi seperti karbohidrat, serat, fosfor, protein, zat besi, kalsium,  dan vitamin B. Beberapa di antaranya bisa memperbaiki suasana hati. 

9. Mengurangi Sakit kepala 

Manfaat buah kersen buat kesehatan lainnya adalah bisa mengurangi sakit kepala. Makan buah kersen dan minum teh yang terbuat dari daun kersen bisa untuk efektif mengurangi sakit kepala.

manfaat buah kersen

Itulah manfaat buah kersen yang bisa menunjang kesehatan Anda.

Melihat rangkaian manfaat di atas tidak ada alasan lagi untuk meremehkan buah yang satu ini. Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan dengan rutin makan buah kersen.