8 Ragam Manfaat Terong yang Wajib Diketahui

8 Ragam Manfaat Terong yang Wajib Diketahui image

Terong adalah salah makanan favorit yang bisa ditemukan hampir di seluruh. Tanaman ini juga berfungsi dengan baik sebagai pengganti daging khusus vegetarian dan vegetarian yang memuaskan.

Yang lebih mengesankan lagi manfaat terong ternyata sangat melimpah.

Untuk mengetahui secara lengkap manfaat apa saja yang ada pada terong simak ulasan berikut ini.

Manfaat Terong Bagi Tubuh

Berikut daftar manfaat terong yang perlu Anda ketahui:

1. Sumber Nutrisi

manfaat terong

Terong mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh. Selain itu fitonutrien penting juga ada di dalam terong.

Fitonutrien yang terdapat dalam tanaman ini merupakan senyawa adalah flavonoid seperti nasunin. Senyawa lainnya adalah fenolik, seperti chlorogenic dan asam caffeic.

Kandungan protein dalam tanaman terong dan kandungan air dalam terong juga cukup banyak. 

2. Bagus Untuk Perkembangan Otak

Terong juga mengandung nasunin. Nasunin adalah antioksidan kuat dan bisa menangkal radikal bebas. Senyawa ini telah terbukti melindungi membran sel dari kerusakan. 

Senyawa nasunin telah ditemukan ketika dilakukan Dalam penelitian pada hewan. Senyawa ini berfungsi untuk memberi perlindungan lipid pada  membran sel otak.

3. Kaya akan Senyawa Antioksidan Fenolik

Para peneliti di US Agricultural Service di Beltsville, Maryland, telah menemukan bahwa terong kaya akan sumber senyawa fenolik. Senyawa ini juga berperan sebagai antioksidan.

Terong membentuk senyawa semacam itu untuk melindungi diri dari tekanan oksidatif serta dari infeksi oleh bakteri dan jamur.

Kabar baiknya bahwa senyawa fenolik utama yang ditemukan dalam terong adalah asam klorogenik. Asam ini yang merupakan salah satu penangkal radikal bebas paling kuat yang ditemukan dalam jaringan tanaman. 

Manfaat asam klorogenik bagi tubuh adalah untuk antimutagenik (anti-kanker), antimikroba, anti-LDL (kolesterol jahat), dan antivirus.

4. Bagus untuk Kesehatan Jantung

Terong mengandung serat, vitamin C, kalium, dan B6. Nutrisi ini diketahui membantu menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung.

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa makan terong yang mengandung nutrisi ini memiliki risiko 34% lebih rendah tertular penyakit jantung. 

Terong juga mengandung vitamin K yang diperlukan untuk pembekuan darah. Selain itu vitamin K juga bisa membantu mencegah timbunan plak berbahaya yang dapat menyebabkan penyumbatan pada jantung.

5. Menurunkan Tekanan Darah

manfaat terong

Terong mengandung pigmen tanaman flavonoid merah-biru yang disebut anthocyanin. Pigmen yang telah ditemukan ini membantu menurunkan tekanan darah secara signifikan.

Menurunkan tekanan darah diketahui mampu menurunkan risiko stroke, serangan jantung, dan pembekuan darah. 

Terong juga mengandung vitamin E yang baik untuk mengobati dan mencegah nyeri dada, penyumbatan atau pengerasan pembuluh darah. Selain itu makanan ini juga bisa secara signifikan menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Cegah Kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa terong mengandung polifenol yang dikenal karena sifat anti kankernya. Terong memiliki antosianin dan asam klorogenat yang merupakan antioksidan kuat.

Kandungan ini melawan peradangan dan kerusakan akibat stres oksidatif yang ditemukan dalam tubuh. 

Studi telah menemukan bahwa kandungan ini dapat mencegah pertumbuhan tumor dan membantu menghentikan invasi dan penyebaran sel kanker.

Terong mengandung vitamin A yang bermanfaat dalam pengobatan kanker. Beberapa diantaranya seperti kanker paru-paru, kandung kemih,  payudara, dan kulit.

7. Bisa Mengobati Anemia

Selain mampu mengobati kanker dan penyakit kardiovaskular, terong memiliki kemampuan mengobati anemia. Di dalam terong telah ditemukan nutrisi yang bisa mengatasi kekurangan zat besi.

Terong memiliki banyak mineral penting termasuk besi dan tembaga. 

Mineral-mineral ini membantu meningkatkan kesehatan sel darah merah dalam aliran darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi terong ketika Anda mengalami anemia dapat membantu meningkatkan energi, dan kekuatan.

Makanan yang satu ini juga bisa menghilangkan perasaan lelah dan khawatir.

8. Mencegah Diabetes

Terong adalah tanaman rendah karbohidrat dan memiliki banyak serat. Satu studi baru-baru ini menemukan bahwa makan terong secara rutin dapat membantu mengelola atau mencegah diabetes tipe 2.

Tentu diperlukan lebih banyak penelitian untuk mendukung fakta ini. 

Terong mengandung senyawa alfa-glukosidase dan angiotensin dalam jumlah tinggi yang dapat mengontrol penyerapan glukosa.

Ditambah lagi, terong memiliki fenol yang membantu insulin memecah karbohidrat secara perlahan. Hal ini kadar gula darah bisa dikendalikan dengan baik.

manfaat terong

Itulah beberapa manfaat terong yang harus Anda ketahui. Produk olahan pangan terong mulai sekarang Anda bisa memasukkan ke dalam daftar makanan harian Anda. Selalu jaga kesehatan tubuh dimanapun dan kapanpun.