8 Manfaat Susu Kambing Etawa Untuk Kesehatan!

8 Manfaat Susu Kambing Etawa Untuk Kesehatan! image

Kambing Etawa yang merupakan peranakan dari kambing asal India, kambing Jamnapari dengan kambing lokal yang berasal dari Indonesia.

Dengan bentuknya yang cantik dan memiliki susu yang berkhasiat tinggi, pantas saja jika kambing Etawa dihargai cukup mahal per ekornya. Manfaat susu kambing Etawa pun sangat dinantikan para pecinta susu kambing di seantero nusantara.

Kegunaan Dari Susu Kambing Etawa Bagi Kesehatan Tubuh

Susu hewan sudah sedari dulu dijadikan sebagai asupan gizi bagi manusia. Berbagai susu sudah diteliti para ilmuan dan memang memiliki manfaat tersendiri berdasarkan hewan sumbernya. 

Ternyata, dalam satu porsi susu kambing Etawa terdapat berbagai kandungan, seperti kalori, magnesium, riboflavin, seng, tembaga, protein, dan lain sebagainya.

Manfaat susu kambing Etawa untuk kesehatan tubuh pun juga cukup banyak. Berikut ini di antaranya : 

1. Memperbaiki mood dan menjaga kualitas sel dalam tubuh

manfaat susu kambing etawa

Susu kambing Etawa begitu disarankan bagi anda yang memiliki kualitas mood naik turun. Di dalam susu kambing peranakan Jamnapari dengan kambing lokal tersebut terdapat kandungan asam amino triptofan. 

Kandungan tersebut sangat berguna untuk memperbaiki mood dan lebih menstabilkannya.

Selain itu, kandungan asam kalium yang ada pada susu kambing ini juga bagus dalam menjaga kualitas sel dalam tubuh. Dengan begitu, sel tidak akan mudah mengalami kerusakan. 

2. Menjaga kesehatan sistem pencernaan dalam tubuh

Susu kambing Etawa yang mentah sangat disarankan bagi anda yang alergi susu sapi.

Karena susu sapi mengandung laktosa yang menyebabkan alergi bagi sekelompok orang tertentu, susu kambing ini bisa dijadikan alternatif. 

Kambing Etawa memproduksi susu yang mengandung bakteri baik dan prebiotik yang mampu menjaga kerja usus. Sehingga proses metabolisme yang ada di dalam tubuh menjadi lebih baik.

Selain itu, kesehatan sistem pencernaan juga lebih bisa diperbaiki dengan konsumsi rutin susu ini. 

3. Mampu menyembuhkan berbagai macam masalah pernafasan

Dalam susu kambing Etawa, terdapat kandungan flourin dan betakasein yang mampu menyembuhkan berbagai macam masalah pernafasan.

Seperti halnya TBC, asma, hingga flek paru-paru. Sehingga manfaat susu kambing Etawa skygoat sangat disarankan bagi anda yang menderita penyakit demikian. 

4. Mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai penyakit fatal seperti jantung koroner. Kadar lemak tersebut bisa dilawan dengan kandungan asam lemak esensial yang ada pada susu kambing Etawa. 

Dengan asam lemak esensial, kadar kolesterol total mampu diturunkan.

Selain itu, kadar trigliserida dalam tubuh juga bisa lebih terjaga. Tak hanya itu, susu kambing Etawa sangat bagus dijadikan sumber energi tanpa membentuk endapan lemak dalam tubuh. 

5. Sangat bagus untuk pertumbuhan tulang

Susu sapi dan susu kambing Etawa memiliki manfaat yang hampir sama, yaitu sama-sama bagus untuk pertumbuhan tulang.

Memang susu kambing belum begitu disukai layaknya susu sapi, namun siapa sangka manfaatnya untuk tulang begitu bagus. Hal ini dikarenakan kandungan asam amino triptofan, kalsium, serta fosfor susu kambing begitu tinggi. 

6. Kandungan susu kambing Etawa menyehatkan kulit

manfaat susu kambing etawa

Bagi anda yang menginginkan kulit sehat dan terawat, tidak ada salahnya mengonsumsi susu kambing ini.

Asam lemak serta trigliserida yang terkandung dalam jenis minuman yang satu ini sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. 

Selain itu, vitamin A yang dikandung susu kambing Etawa tak luput juga dalam meredakan masalah jerawat yang ada pada kulit wajah.

Tak hanya itu, asam laktat di dalamnya juga mampu meregenerasi sel kulit tubuh serta mencerahkan warna kulit tubuh. 

7. Mampu melancarkan ASI bagi ibu menyusui

Kandungan kalsium tinggi yang ada pada susu kambing Etawa dipercaya mampu membantu tumbuh kembang bayi dalam kandungan.

Selain itu, juga mampu melancarkan ASI. Manfaat susu kambing Etawa untuk ibu hamil yang satu ini sudah banyak diketahui, sehingga banyak ibu yang mengandung meminum susu ini.

8. Kandungan vitamin yang mampu mencerdaskan otak

Vitamin B2 dan B3 yang terkandung dalam susu kambing Etawa membuat otak menjadi lebih cerdas. Sel-sel syaraf yang ada di otak akan bisa berkembang.

Tak hanya itu, susu kambing jika diminum oleh ibu hamil mampu membantu perkembangan otak janin yang dikandungnya. 

manfaat susu kambing etawa

Itulah berbagai manfaat dari susu kambing Etawa yang perlu anda ketahui. Kami menyarankan anda untuk meminumnya dengan alasan manfaat susu kambing Etawa yang sangat bagus untuk kesehatan. Selamat beraktivitas!