8 Manfaat Putih Telur untuk Meningkatkan Kualitas Kesehatan

8 Manfaat Putih Telur untuk Meningkatkan Kualitas Kesehatan image

Banyak orang menganggap putih telur memiliki rasa yang kurang enak dibanding bagian kuningnya. Padahal putih telur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan bahkan juga untuk kecantikan.

Berikut adalah manfaat putih telur untuk meningkatkan kualitas kesehatan Anda.

1.   Mengontrol Jumlah Kolesterol

manfaat putih telur

Banyak orang menghindari konsumsi telur karena kandungan kolesterolnya yang tinggi.

Hal ini memang benar, namun yang perlu diperhatikan adalah kolesterol yang ada dalam telur hanya terdapat di bagian kuningnya saja. Sedangkan putih telur bebas kolesterol sama sekali.

Jika Anda ingin menjaga kolesterol dalam tubuh tetap terkendali, konsumsi putih telur adalah solusinya. Selain mengendalikan kolesterol, Anda juga bisa memperoleh manfaat lain dari putih telur.

2.   Mendukung Pertumbuhan Otot

Salah satu kandungan utama dalam putih telur adalah protein yang tinggi. Protein adalah komponen yang sangat dibutuhkan untuk memperbaiki jaringan tubuh yang mengalami kerusakan.

Mengkonsumsi protein dan karbohidrat yang cukup dapat membantu pertumbuhan dan perbaikan jaringan otot.

Manfaat putih telur untuk otot ini sangat baik untuk para atlet maupun siapa saja yang sedang menjalani latihan otot. Tentunya dengan diimbangi asupan sehat lainnya seperti karbohidrat, vitamin, dan mineral.

3.   Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan lain dalam putih telur adalah kalium atau potassium yang memiliki potensi mengontrol tekanan darah. Setidaknya terdapat 8 mg kalium yang terkandung dalam putih telur.

Sehingga mengonsumsi putih telur dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Selain itu putih telur juga mengandung senyawa peptida RVPSL yang memiliki efektivitas dalam penurunan tekanan darah. RVPSL adalah senyawa yang menghalangi enzim pengubah angiotensin yang berperan meningkatkan tekanan darh.

4.   Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Potensi putih telur dalam mengontrol tekanan darah merupakan keuntungan tersendiri pada kesehatan jantung. Jika tekanan darah ada pada batas normal, maka risiko penyakit jantung pun bisa dihindari.

Di samping itu, kandungan lemak dan kolesterol jahat dalam putih telur juga rendah.

Lemak dan kolesterol jahat dalam jumlah yang tinggi adalah zat yang berbahaya bagi kesehatan jantung. Dengan demikian, salah satu manfaat putih telur untuk kesehatan yaitu dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

5.   Menu Diet Sehat Rendah Kalori

Bagi Anda yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan, maka mengonsumsi putih telur adalah jawabannya. Telur merupakan sumber protein yang rendah kalori.

Manfaat telur untuk diet sehat bisa Anda peroleh secara maksimal jika memisahkan antara putih telur dari bagian kuningnya.

Putih telur sangat cocok untuk Anda yang memiliki permasalahan berat badan. Putih telur bisa dikonsumsi untuk menu sarapan, makan siang, maupun makan malam.

6.   Mengandung Zat Antioksidan

manfaat putih telur

Salah satu kandungan mineral dalam putih telur adalah selenium. Selenium merupakan mineral penting yang diperlukan untuk melindungi tubuh dari risiko penyakit kanker.

Di samping itu, konsumsi putih telur dalam jumlah cukup juga bisa menurunkan risiko terkena penyakit kanker prostat pada pria.

7.   Kaya Akan Vitamin

Vitamin yang terkandung dalam putih telur diantaranya adalah vitamin B-12. Vitamin B-12 memiliki peranan penting bagi tubuh yaitu untuk memelihara kesehatan sistem saraf.

Selain itu, vitamin penting lain yang ada di dalam putih telur adalah vitamin B2 alias riboflavin.

Setidaknya terdapat 145 mg riboflavin yang ditemukan dalam putih telur.

Vitamin yang satu ini memiliki manfaat untuk mencegah penyakit katarak, mengatasi migrain atau sakit kepala sebelah, hingga degenerasi makula karena faktor usia. Sedangkan putih telur juga mengandung vitamin B6 sebanyak 2 mg.

8.   Meningkatkan Kesehatan Kulit

Yang tak boleh terlewatkan terutama bagi para kaum wanita adalah manfaat putih telur untuk kecantikan.

Putih telur memang dikenal baik untuk kesehatan kulit dengan menggunakannya sebagai masker wajah. Masker putih telur dipercaya bisa mengatasi permasalahan jerawat dan juga komedo yang muncul.

Selain itu, putih telur juga dapat mengencangkan kulit serta mengurangi kandungan minyak di wajah.

Konsumsi putih telur dipercaya dapat meremajakan sel dan jaringan kulit, sehingga dapat terhindar dari penuaan dini.

manfaat putih telur

Itulah sederet manfaat putih telur untuk menunjang kesehatan Anda. Kini Anda tak perlu ragu mengonsumsi putih telur karena sudah terbukti khasiatnya.