8 Manfaat Omega-3 ini Perlu Anda Ketahui

8 Manfaat Omega-3 ini Perlu Anda Ketahui image

Manfaat omega-3 bagi tubuh sangat beragam. Asam lemak ini hadir dalam bentuk makanan maupun suplemen.

Asam eikosapentaenoat (EPA), asam docosahexaenoic (DHA), dan asam alfa-linolenat (ALA) merupakan jenis asam dalam omega-3.

Omega-3 membantu menjaga selaput yang mengelilingi semua sel dalam tubuh bekerja dengan baik. Lalu, apa khasiat omega-3 yang lain? Simak artikel berikut ini.

1. Membantu Meredakan Nyeri Haid

manfaat omega 3

Banyak wanita mengalami ketidaknyamanan perut dan kram setiap bulan. Kondisi ini dikenal dengan istilah medis sebagai dismenore. Nyeri dan kram ini disebabkan oleh kontraksi kuat rahim yang dipicu oleh prostaglandin.

Penelitian telah menemukan bahwa omega-3, yang terkenal karena sifat anti-inflamasinya, dapat membantu meredakan nyeri haid.

Ada beberapa bukti bahwa omega-3 dapat membantu mengendalikan fluktuasi hormon dan menstabilkan suasana hati Anda.

2. Dapat Mengurangi Kemungkinan Serangan Jantung

Menurut ODS, ada beberapa bukti bahwa ada manfaat omega-3 untuk jantung. Mengonsumsi suplemen omega-3 dapat mengurangi risiko seseorang terkena serangan jantung. 

Menurut Pusat Nasional untuk Kesehatan Pelengkap dan Integratif (NCCIH), para peneliti telah menunjukkan omega-3 untuk membantu menurunkan kadar trigliserida yang merupakan pemicu penyakit kardiovaskular.

Sebuah studi tahun 2018 menyarankan bahwa mengonsumsi suplemen omega-3 dapat bermanfaat bagi orang Afrika-Amerika.

Peserta berkulit hitam yang menerima suplemen melihat pengurangan 77% serangan jantung dibandingkan dengan mereka yang menggunakan plasebo.

3. Omega-3 Melindungi dari Osteoporosis

Osteoporosis adalah hilangnya kepadatan tulang seiring waktu. Wanita secara alami berisiko lebih tinggi terkena osteoporosis daripada pria. Penurunan estrogen selama menopause menyebabkan kondisi tersebut.

Sebuah tinjauan sistematis omega-3 dan osteoporosis yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition pada tahun 2012. Penelitian ini melaporkan efek menguntungkan yang signifikan dari omega-3 pada kepadatan mineral tulang.

4. Mengurangi Gejala Penyakit Mental seperti Depresi dan Kecemasan

manfaat omega 3

Depresi merupakan gangguan mental dengan gejala meliputi kesedihan, kelesuan, dan kehilangan minat pada kehidupan. Gangguan ini umum ditemukan di seluruh dunia.

Kecemasan, juga gangguan umum, ditandai dengan kekhawatiran dan kegugupan yang konstan.

Menariknya, penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi omega-3 secara teratur cenderung mengalami penurunan gejala depresi.

Terlebih lagi, ketika orang dengan depresi atau kecemasan mulai mengonsumsi suplemen omega-3, gejalanya membaik.

Asam lemak omega-3 jenis EPA tampaknya menjadi yang terbaik dalam memerangi depresi. Satu studi bahkan menemukan EPA seefektif obat antidepresan umum dalam melawan depresi sebagai.

5. Dapat Membantu Memerangi Obesitas

Sebuah artikel dalam The Journal of Nutritional Biochemistry menyatakan bahwa penelitian pada manusia belum menunjukkan suplemen omega-3 untuk membantu seseorang menurunkan berat badan.

Namun, omega-3 mungkin dapat membantu seseorang berhenti menambah berat badan.

6. Mengurangi Risiko Kanker

Ada bukti epidemiologis yang menjadi bukti bahwa makan ikan dapat mengurangi risiko kanker payudara dan rektum. Ini diasumsikan karena peningkatan omega-3 menjadi omega-6 rasio dalam diet.

Karenanya, Anda bisa menambahkan menu ikan ke dalam makanan sebagai alternatif daging yang sehat.

7. Memerangi Alzheimer dan Penurunan Mental Terkait Usia

Semakin bertambahnya usia, fungsi otak mengalami penurunan. Ini adalah konsekuensi yang tidak terhindarkan.

Beberapa penelitian mengaitkan asupan omega-3 yang lebih tinggi dengan penurunan penurunan mental terkait usia dan risiko penyakit Alzheimer.

8. Omega-3 Membantu Pertumbuhan Otak Bayi dalam Kandungan

manfaat omega 3

Omega-3 sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak pada bayi. Sebanyak 60% asam lemak tak jenuh di retina mata dan 40% di otak disuplai oleh DHA. Karenanya, bayi yang diberi susu formula dengan DHA memiliki penglihatan yang lebih baik.

Mendapatkan cukup omega-3 selama kehamilan dapat memberikan beberapa manfaat berikut ini:

  • Kecerdasan lebih tinggi
  • Keterampilan komunikasi dan sosial yang lebih baik
  • Risiko penurunan keterlambatan perkembangan
  • Mengurangi risiko ADHD, autisme, dan cerebral palsy

Asam lemak omega-3 adalah bagian penting dari nutrisi seseorang dan berkontribusi pada kesehatan dasar semua sel dalam tubuh. Ikan adalah sumber utama asam lemak omega-3.

Oleh karena itu, jika Anda ingin mendapatkan manfaat omega-3, jangan lupa untuk rutin mengonsumsi ikan. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen omega-3.