8 Manfaat Kacang Tanah Rebus untuk Kesehatan Tubuh

8 Manfaat Kacang Tanah Rebus untuk Kesehatan Tubuh image

Salah satu yang harus diperhatikan saat ingin hidup sehat adalah ngemil. Namun, jika Anda mengkonsumsi camilan yang sehat seperti kacang rebus, Anda akan mendapatkan manfaat kacang tanah yang bagus untuk tubuh.

Pada kacang tanah terdapat gizi vitamin dan mineral. Beberapa diantaranya adalah  asam folat, vitamin E, serat, protein, lemak tak jenuh tunggal, magnesium dan antioksidan.

Karena kandungan gizi tersebutlah, jika Anda mengkonsumsi secara teratur, Anda bisa mendapatkan manfaat seperti berikut.

1. Diet

manfaat kacang tanah

Manfaat kacang tanah rebus untuk diet dapat Anda peroleh karena metabolisme tubuh Anda menjadi semakin meningkat. Selain itu, karena kacang tanah mengandung serat dan lemak sehat, membuat Anda merasa cepat kenyang.

Dalam 28 gr kacang, terdapat kalori sebanyak 160-200 dan kalori tersebut berasal dari kandungan lemak tak jenuh tunggal.

Agar Anda tidak mengkonsumsi secara berlebihan, ambil sekitar 1 genggaman tangan saja atau semangkuk kecil untuk camilan sehat Anda.

Walaupun begitu, disarankan untuk mengkonsumsi kacang tanah sebanyak 28 gr saja dalam 7 hari untuk khasiat diet yang maksimal.

Jika Anda bosan dengan kacang rebus, untuk diet menggunakan kacang tanah, Anda bisa mengolahnya dengan cara dioven selama 5-10 menit.

2. Mengontrol Kolesterol

Ada kandungan gizi lemak tak jenuh pada kacang tanah. Kandungan gizi tersebut sangat baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Dengan begitu, resiko penyakit seperti stroke dan kardiovaskular bisa diturunkan.

Berdasarkan pada penelitian, mengkonsumsi kacang tanah yang sesuai takaran dapat menurunkan kolesterol dalam darah hingga 14%.

Takaran yang dimaksudkan agar Anda mendapatkan manfaat kacang tanah rebus untuk kolesterol adalah 30 gr. Jadi, Anda bisa menyiapkan setidaknya 30 gr kacang tanah yang direbus setiap hari sebagai camilan.

3. Mengatasi Diabetes

Dalam kacang tanah terdapat kandungan glikemik dengan indeks yang rendah yaitu 23. Kandungan gizi tersebut membantu untuk mengendalikan gula darah.

Ini karena kacang tanah memiliki proses pengolahan yang alam untuk diubah menjadi glukosa. 

Cara pengolahan kacang tanah terbaik untuk penderita diabetes adalah dengan cara direbus, hindari untuk membeli kacang kemasan karena kadar garam dan gula yang tinggi.

4. Meningkatkan Kerja Otak

Mengkonsumsi kacang tanah dapat membantu untuk meningkatkan daya ingat. Hal tersebut disebabkan karena kandungan resveratrol dan niacin pada kacang tanah.

Kedua kandungan gizi tersebut membantu untuk meningkatkan kemampuan daya ingat.

Selain itu, kacang tanah juga dapat membantu melatih fokus sehingga Anda menjadi lebih konsentrasi. Mengkonsumsi kacang tanah secara teratur juga dapat membantu otak lebih rileks sehingga waktu untuk tidur juga lebih terjaga.

5. Mencegah Stroke

manfaat kacang tanah

Dalam kacang tanah terdapat kandungan resveratrol berfungsi untuk meningkatkan produksi oksida nitrat. Kandungan senyawa tersebut dan juga gizi yang memiliki sifat antioksidan tersebut bagus untuk membantu mencegah stroke.

6. Bagus untuk Ibu Hamil

Mengkonsumsi kacang tanah membantu untuk perkembangan syaraf anak selama kehamilan berlangsung.

Manfaat kacang tanah untuk kehamilan ini akan sangat bagus untuk tumbuh kembang anak saat berada dalam kandungan. Terutama untuk daerah frontal otak yang mempengaruhi fungsi eksekutif dan memori.

7. Meningkatkan Fertilitas Pria

Dalam kacang tanah terdapat kandungan vitamin E yang tidak hanya bagus untuk kulit dan melindungi dari radikal bebas namun juga meningkatkan kesuburan pria.

Vitamin E membantu untuk melindungi membran dari kerusakan yang disebabkan karena oksidasi. Dengan begitu kesehatan sel sperma menjadi lebih baik.

Kandungan vitamin di kacang tanah ini juga bisa membantu untuk memproduksi hormone testosteron.

Jika tubuh kekurangan vitamin E maka bisa menyebabkan sel sperma ataupun DNA menjadi rusak. Akibatnya ketidaksuburan menjadi meningkat dan kualitas sperma menjadi tidak baik.

8. Mengatasi Disfungsi Ereksi

Kacang tanah memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang bagus untuk tubuh.

Karena hal tersebut dengan pengkonsumsian secara teratur, kacang tanah seperti yang direbus, dapat membantu mengatasi disfungsi ereksi. Misalnya karena masalah ereksi ataupun adanya kerusakan saraf yang terjadi di area penis.

manfaat kacang tanah

Itulah manfaat kacang tanah terutama yang diolah dengan cara direbus untuk kesehatan tubuh Anda.

Pastikan sebelum mengkonsumsinya, Anda tidak memiliki alergi pada kacang dan mengkonsumsinya sesuai takaran/tidak berlebihan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.