8 Manfaat Daun Kumis Kucing bagi Kesehatan Tubuh

8 Manfaat Daun Kumis Kucing bagi Kesehatan Tubuh image

Kumis kucing adalah tanaman asli daerah tropis Asia dan telah menyebar ke Hindia Timur, Indocina dan Indonesia. Ini juga dibudidayakan di Jawa dan Sumatra.

Tanaman itu memiliki beragam manfaat kesehatan yang baik, berikut manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan.

Manfaat Daun Kumis Kucing Bagi Tubuh

Tanaman herbal ini adalah salah satu tanaman khas Asia yang dicari karena keberadaannya sangat bermanfaat. Berbagai manfaat daun kumis kucing adalah:

1. Mengurangi Kadar Gula Darah

manfaat daun kumis kucing

Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak ramuan daun kumis kucing dapat membantu mengurangi kadar glukosa darah. Selain itu ramuan herbal ini bisa meningkatkan leptin dan tingkat HDL yang sehat. 

Ini juga dapat menghentikan trombosit darah saling menempel sehingga mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Sebagai tambahan, ramuan daun kumis kucing dapat membantu mengurangi lemak tubuh. 

2. Mengurangi Tekanan Darah

Ramuan daun kumis kucing mengandung sejumlah senyawa yang membantu menurunkan tekanan darah.

Herbal ini bekerja dengan menghambat α-amilase pankreas dan α-glukosidase usus, dua enzim yang penting dalam penyerapan pati dan penyerapan glukosa. 

Asam Rosmarinic juga terkandung dalam ramuan ini yang dikenal sebagai Angiotensin Converting Enzymes (ACE). Pengaruh enzim ini untuk memperbesar pembuluh darah membesar dan mengurangi tekanan darah. 

Tekanan darah yang lebih rendah ini memudahkan jantung untuk memompa darah dan dapat meningkatkan fungsi jantung yang gagal.

3. Mengurangi Infeksi Saluran Kemih

Manfaat daun kumis kucing untuk saluran kemih dan batu ginjal juga tinggi. Sifat diuretik dan anti-bakteri alami daun ini membantu membasahi kandung kemih dan mencegah infeksi saluran kemih.

Selain juga membantu menghilangkan patogen yang menyerang dan melindungi saluran kemih dari infeksi. 

Manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan selanjutnya membantu mencegah pembentukan batu ginjal dan melindungi ginjal dari efek buruk obat dan reagen tertentu.

4. Mengobati Rematik, Asam Urat, dan Radang Sendi

Ramuan daun kumis kucing memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat.

Herbal ini telah terbukti efektif dalam mengurangi kadar asam urat dalam darah. Jadi ramuan ini bisa bermanfaat untuk mengobati rematik, asam urat, dan radang sendi. 

Ramuan ini juga telah terbukti meningkatkan kekuatan tulang pada hewan. Daun ini secara alami mengandung kalium dan kalsium yang penting untuk kesehatan tulang.

5. Detox Hati

manfaat daun kumis kucing

Ramuan daun kumis kucing adalah ramuan pembersih yang kuat. Ramuan ini memiliki efek perlindungan yang kuat yang dikaitkan dengan sifat antioksidan.

Ekstrak herbal dari ramuan daun kumis kucing telah terbukti mampu mencegah kerusakan hati yang disebabkan oleh alkohol dan obat-obatan tertentu. 

Ini adalah ramuan kuat untuk detoksifikasi hati. Ramuan ini juga telah terbukti mengurangi tanda-tanda hati berlemak dan juga mengurangi konsentrasi bilirubin menyebabkan penyakit kuning.

Ramuan ini bertindak seperti pembersih alami yang membantu menghilangkan penumpukan racun dalam sistem tubuh.

6. Mencegah Kematian Sel Saraf

Asam rosmarinic hadir dalam ramuan daun kumis kucing dapat membantu meningkatkan memori. Selain itu juga melindungi terhadap kematian sel saraf yang disebabkan oleh beta-amiloid dalam Penyakit Alzheimer.

Ramuan ini juga memiliki efek menenangkan yang membantu mengurangi gejala kecemasan.

Daun kumis kucing juga dapat berguna dalam melindungi jaringan retina dari kerusakan yang disebabkan oleh glaukoma, hiperglikemia atau degenerasi makula.

7. Antibakteri yang Bagus

Ramuan daun kumis kucing telah terbukti memiliki sifat anti bakteri yang baik. Di dalamnya ada bakteri E.coli, Klebsiella pneumoniae, Bacillus subtilis, Micrococcus luteus dan Vibrio parahaemolyticus. 

Bakteri di atas bisa menghambat pertumbuhan bakteri jahat dan mencegah pembentukan biofilm.

Hal ini sangat bagus untuk mengurangi infeksi kandung kemih dan ginjal. Ramuan daun kumis kucing juga sangat efektif melawan infeksi jamur yang disebabkan oleh Candida albicans dan Staphylococcus aureus.

8. Mencegah Kulit Berminyak

Daun kumis kucing juga bermanfaat dalam mengurangi kulit berminyak karena perlindungan sebum yang terlalu reaktif. Dengan mengandalkan sifat anti inflamasi dan anti bakteri, daun ini bisa mengobati jerawat serta luka ringan. 

Ramuan daun kumis kucing juga berguna untuk infeksi kulit lainnya seperti psoriasis. Antioksidan yang tinggi dalam ramuan ini membuatnya menjadi ramuan anti penuaan yang kuat.

manfaat daun kumis kucing

Itulah beberapa manfaat daun kumis kucing yang baik untuk kesehatan. Anda bisa konsumsi ramuan herbal ini untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Selamat mencoba.