8 Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan Tubuh

8 Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan Tubuh image

Selain memiliki rasa yang segar, buah buahan memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Buah kiwi adalah salah satu contoh buah buahan yang segar, manis dan memiliki banyak kandungan nutrisi.

Selain enak dibuat jus, salad dan pemanis sajian, kiwi juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Apa saja manfaat buah kiwi? Simak ulasan berikut ini.

8 Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan

Buah berdaging hijau dengan biji berwarna hitam tersebut memang sangat digemari oleh banyak orang baik disantap secara langsung atau dibuat jus.

Selain rasanya yang manis, buah ini mengandung nutrisi seperti serat, folat, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K, Vitamin E, kalsium dan asam amino. Seperti apa manfaat buah kiwi untuk kesehatan?

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

manfaat buah kiwi

Manfaat buah kiwi yang pertama adalah memperbaiki kualitas tidur sehingga dapat mencegah insomnia. Mengkonsumsi buah kiwi sebelum tidur akan menjadikan tidur Anda nyenyak.

Kandungan serotonin dalam buah kiwi bisa mencegah stres dalam tubuh yang cenderung menyebabkan insomnia.

Jika Anda termasuk golongan orang yang mengalami gangguan tidur, Anda bisa mengkonsumsi buah ini secara rutin agar kualitas tidur Anda menjadi lebih baik dan Anda bisa tidur dengan nyenyak.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Buah kiwi mengandung vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, buah kiwi juga mengandung lutein yang dapat melindungi dan mencegah mata dari kebutaan serta mengurangi resiko degenerasi makula pada orang tua.

Jadi selain wortel, Anda juga bisa mengkonsumsi buah kiwi untuk menjaga kesehatan mata Anda.

3. Melancarkan Pencernaan

Buah kiwi mengandung serat yang dapat melancarkan pencernaan, mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare.

Selain itu, kiwi juga meningkatkan perkembangan bakteri baik dalam usus dan memecah protein sehingga mudah diserap oleh tubuh.

4. Mengobati Penyakit Asma

Buah kiwi juga bisa membantu mengobati penyakit asma. Kandungan antioksidan dalam buah kiwi dapat membantu mengobati sesak nafas, asma dan meningkatkan kesehatan paru paru.

Jadi, jika Anda memiliki penyakit sesak nafas seperti asma bisa rajin mengkonsumsi buah ini agar dapat meringankan gejala penyakit asma tersebut.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

manfaat buah kiwi

Selain antioksidan, buah kiwi juga tinggi akan vitamin C yang baik dalam meningkatkan imun tubuh dan mencegah penyakit seperti flu pada orang tua dan anak anak.

Dengan mengkonsumsi buah tersebut, Anda akan selalu dalam kondisi fit dan terhindar dari penyakit.

6. Mengontrol Tekanan Darah

Ternyata buah kiwi juga bisa membantu mengontrol tekanan darah, karena buah kiwi mengandung antioksidan yang bisa menurunkan tekanan darah sekaligus mengontrol tekanan darah, mencegah penggumpalan darah sehingga kesehatan jantung terjaga.

Buah kiwi juga bisa mengontrol kadar gula serta lemak dalam darah sehingga Anda bisa terhindar dari penyakit seperti stroke dan serangan jantung.

7. Menjaga Kecantikan Kulit dan Rambut

Yang tidak kalah mengagumkan yaitu manfaat buah kiwi untuk kecantikan kulit.

Buah kiwi mengandung vitamin E yang memberikan nutrisi pada kulit, mengurangi kerusakan sel, menjaga kelembaban kulit sehingga kulit selalu segar dan kesehatan kulit pun selalu terjaga.

Selain untuk kulit, kandungan vitamin E dalam buah kiwi juga baik untuk rambut.

Manfaat buah kiwi untuk rambut yaitu bisa mencegah kerontokan dan mengatasi rambut kering. Anda bisa rutin mengkonsumsi buah ini atau menggunakannya sebagai masker rambut.

8. Baik untuk Diet

Bagi Anda yang sedang melakukan program diet, Anda bisa menambahkan buah kiwi pada menu harian Anda.

Kiwi mengandung serat yang baik untuk pencernaan, selain itu manfaat buah kiwi untuk diet yaitu dapat membakar lemak sehingga menghambat penimbunan lemak dan mencegah obesitas. Sangat baik bagi Anda untuk mengkonsumsi buah ini saat diet.

manfaat buah kiwi

Itulah beberapa manfaat dari buah kiwi untuk kesehatan tubuh. Selain rasanya yang enak, ternyata buah kiwi bisa melancarkan pencernaan, mencegah penyakit bahkan baik untuk kulit.

Jadi, Anda bisa mengkonsumsi buah ini secara rutin untuk membantu meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

Anda bisa mengkonsumsi buah ini secara langsung atau mengolahnya terlebih dahulu menjadi jus atau smoothie. Setelah mengetahui manfaat buah kiwi, silahkan Anda rutin mengkonsumsinya bersama keluarga Anda.

Namun, Anda juga perlu berhati hati dan berkonsultasi pada dokter jika Anda memiliki alergi terhadap buah ini.