7 Manfaat Puasa bagi Kesehatan yang Menakjubkan

7 Manfaat Puasa bagi Kesehatan yang Menakjubkan image

Saat ramadan tiba, ibadah wajib yang harus dilakukan umat muslim adalah puasa. Namun, puasa bukan hanya sekadar menahan lapar dan haus saja, tetapi ada manfaat puasa lainnya bagi kesehatan yang menakjubkan.

Puasa adalah tindakan sukarela untuk menahan diri tidak makan dan minum serta hawa nafsu dari matahari sebelum terbit hingga menjelang matahari tenggelam.

Di bulan ini pula banyak umat muslim berlomba-lomba untuk meraih banyak pahala dengan berbuat kebaikan sebanyak-banyaknya.

Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh

Namun, puasa bukan hanya sekadar meningkatkan kualitas keimanan saja, tetapi juga memiliki banyak manfaat lainnya, yaitu:

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

manfaat puasa

Ada satu penelitian yang menunjukkan hasil bahwa seseorang yang melakukan puasa setidaknya satu bulan sekali memiliki risiko 58% lebih rendah terkena penyakit jantung.

Bukan hanya menurunkan risiko tetapi juga mampu mencegah hal-hal yang menjadi penyebab munculnya penyakit jantung seperti diabetes dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Namun bukan berarti Anda harus puasa saja, hal ini harus diimbangi pula dengan asupan makanan yang baik.

Yang paling dianjurkan yaitu ikan karena mengandung zat-zat baik untuk jantung. Serta hindari makanan yang mengandung lemak trans seperti gorengan.

2. Membantu Diet secara Alami

Saat tengah berpuasa alias tidak ada konsumsi apa pun yang masuk ke dalam tubuh, ternyata di dalam tubuh tengah membakar lemak berlebih yang ada di sekitar organ seperti ginjal atau hati.

Ini juga bisa membantu mencegah organ tersebut terganggu.

Pembakaran lemak ini selain menjadi energi juga bisa membantu menurunkan berat badan. Ada manfaat puasa jangka panjang yang bisa Anda dapatkan jika berpuasa dengan benar dan teratur.

3. Menurunkan Gula Darah

Salah satu cara untuk menurunkan kadar gula dalam darah adalah dengan berpuasa di mana pengaruhnya cukup signifikan yaitu lebih dari 30%.

Dianjurkan untuk menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil karena baik kelebihan maupun kekurangan gula dalam darah sama-sama tidak baik bagi tubuh. 

4. Meningkatkan Kesehatan Mental

manfaat puasa

Selain bermanfaat untuk fisik, ada pula manfaat puasa bagi kesehatan mental yaitu memperbanyak produksi hormon endorphin yang membuat bahagia.

Dengan meningkatnya hormon ini maka bisa meningkatkan mood, rasa bahagia, mencegah depresi, dan menurunkan gangguan kecemasan.

Efek ini bisa Anda rasakan setelah tiga atau empat hari berpuasa karena tubuh sudah mulai beradaptasi dengan baik.

5. Detoksifikasi Racun dalam Tubuh

Saat puasa, tubuh tidak menerima asupan makanan sama sekali selama seharian penuh, hal ini memberikan kesempatan tubuh untuk fokus pada pembuangan racun sementara sistem pencernaan istirahat.

Racun berbahaya pada lemak yang bersisa dalam tubuh akan dibakar bersamaan pada saat tubuh tengah membakar lemak menjadi energi.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Puasa juga mampu merangsang pelepasan BDNF atau brainderived neurotrophic factor yang ada di otak di mana BDNF ini berfungsi untuk membantu tubuh dalam meningkatkan fungsi otak serta memproduksi sel otak lebih banyak lagi.

Bahkan BDNF bisa melindungi sel otak, mengurangi depresi sekaligus menekan risiko demensia atau pikun.

7. Awet Muda

Memiliki tubuh yang awet muda memang idaman setiap orang. Puasa juga bisa mewujudkan impian ini. Saluran pencernaan yang berhenti sementara juga bisa menghentikan proses metabolisme yang bisa menghambat penuaan dini.

manfaat puasa

Itulah tujuh manfaat puasa yang jarang orang sadari, tetaplah menjaga kesehatan dan asupan nutrisi selama berpuasa agar puasa Anda berjalan dengan lancar.