7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit, Rambut, dan Kesehatan

7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit, Rambut, dan Kesehatan image

Tahukah Anda bahwa minyak zaitun juga populer disebut sebagai 'emas likuid'? Bukan sembarangan, ini karena banyak manfaat minyak zaitun yang bisa diandalkan.

Kebanyakan koki saat ini merekomendasikan penggunaan minyak zaitun dalam dunia kuliner.

Namun, tahukah Anda bahwa minyak zaitun juga bisa digunakan untuk menjaga kulit, rambut, dan kesehatan Anda? Simak penjelasan berikut ini.

1. Membantu Kulit tetap Lembab

manfaat minyak zaitun

Terkandung vitamin E yang baik dalam minyak zaitun. Tidak hanya itu, terkandung pula antioksidan yang mampu menangkal radiasi bebas dari luar sehingga melindungi kulit.

Tekstur ringan minyak zaitun menjadikannya pelembab sempurna, tahan lama, dan cocok untuk semua jenis kulit.

Vitamin E dalam minyak ini juga bisa meningkatkan kesehatan kulit. Khasiat minyak zaitun untuk wajah bisa berupa meredakan peradangan, jerawat, dan melindungi dari penyakit serius seperti psoriasis dan kanker kulit.

2. Menjaga Kesehatan Rambut

Minyak zaitun, dalam kombinasi dengan beberapa bahan lain, dapat bekerja secara ajaib untuk menjaga rambut Anda tetap sehat. Minyak ini kaya akan vitamin E yang membantu melawan kerontokan rambut.

Minyak zaitun juga mengandung nutrisi lain seperti magnesium, seng, sulfur, kalsium, dan vitamin B yang membantu pertumbuhan rambut.

Membubuhkan minyak zaitun pada rambut sembari dipijat sebelum keramas juga baik. Kebiasaan ini mampu membuat rambut Anda berkilau dan lebih kuat.

3. Mencegah Diabetes

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi jenis lemak yang ditemukan dalam minyak zaitun memiliki efek menguntungkan pada sensitivitas seseorang terhadap insulin dan dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Lemak sebenarnya membantu mengatur insulin dan menstabilkan kadar gula dalam darah Anda. Menikmati minyak zaitun juga akan membuat Anda merasa lebih puas setelah makan dan mungkin menangkal ngidam gula.

4. Mencegah Kanker Payudara

manfaat minyak zaitun

Oleuropein dan polifenol adalah senyawa alami yang terkandung dalam minyak zaitun.

Kedua senyawa tersebut adalah manfaat minyak zaitun untuk payudara. Ini karena kedua zat tersebut mampu menghambat aktivitas senyawa penyebab kanker.

Selain itu, minyak zaitun adalah senyawa dengan antioksidan yang tinggi. Antioksidan mengurangi efek negatif radikal bebas yang berkontribusi pada perkembangan penyakit. 

5. Mengobati Depresi

Kita semua mengalami perubahan suasana hati. Keadaan pikiran kita tergantung pada banyak hal. Untungnya, ada beberapa makanan yang bertindak sebagai antidepresan, termasuk minyak zaitun.

Khasiat minyak zaitun lainnya adalah mampu menjadi obat untuk depresi. Minyak zaitun dapat meningkatkan kadar serotonin, zat kimia otak.

Otak membutuhkan kadar asam lemak yang agak tinggi untuk berfungsi dengan baik dan efisien.

Karena minyak zaitun kaya akan asam lemak, ia membantu otak melakukan tugas dan berpikir jernih. Minyak ini juga meningkatkan fokus dan memori.

6. Membantu Penurunan Berat Badan

Para ahli medis berpendapat bahwa sangat sulit untuk menambah berat badan dari lemak tak jenuh tunggal yang ada dalam minyak zaitun.

Penelitian tentang minyak Mediterania ini menunjukkan hasil positif sehubungan dengan usaha untuk menurunkan berat badan.

Minyak zaitun mengandung lemak sehat. Karenanya, minyak ini menjadi alternatif yang bagus untuk mengganti mentega dan minyak lainnya yang sarat dengan kalori.

Lemak dalam minyak zaitun membantu mengurangi rasa lapar, membuat kita tetap kenyang, dan mengendalikan hasrat makan berlebihan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa diet rendah lemak tidak membantu penurunan berat badan. Sementara itu, diet yang melibatkan lemak sehat dan pengurangan karbohidrat lebih berhasil.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Minyak zaitun mungkin dikenal sebagai makanan super yang menyehatkan jantung. Itu karena tubuh Anda membutuhkan lemak, tetapi kita sering mendapatkannya dari sumber yang salah.

Terlalu banyak daging merah, gorengan, dan keju bisa menyumbat arteri Anda. Sebaliknya, lemak yang Anda dapatkan dari minyak zaitun dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Ketika Anda memakan minyak zaitun dengan sayuran seperti kangkung, Anda telah mengonsumsi asam lemak nitro.

Lemak tersebut dapat mengurangi peradangan dan melemaskan pembuluh darah untuk menurunkan tekanan serta meningkatkan aliran darah.

manfaat minyak zaitun

Anda telah mengetahui tujuh manfaat minyak zaitun untuk kulit, rambut, dan kesehatan. Dari berbagai fakta di atas, mana manfaat yang paling menarik untuk Anda?