7 Manfaat Kangkung, Cegah Anemia hingga Sehatkan Liver

7 Manfaat Kangkung, Cegah Anemia hingga Sehatkan Liver image

Kangkung adalah jenis sayuran hijau yang sangat umum dikonsumsi oleh masyarakat. Meski sering menjadi sajian di meja makan, ternyata masih banyak yang belum mengetahui apa saja manfaat kangkung untuk tubuh.

Nah, jika Anda penasaran dengan manfaat dari sayur kangkung, yuk simak artikel ini selengkapnya.

Kangkung memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh. Mulai dari menjaga kesehatan mata hingga mengatasi anemia. Berikut ini adalah manfaat yang bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi sayur kangkung.

1.   Menjaga Mata Tetap Sehat

manfaat kangkung

Kangkung merupakan sayuran hijau yang kaya akan vitamin A. Sudah menjadi rahasia umum bahwa vitamin A merupakan nutrisi penting untuk kesehatan mata yang dapat menjaga kornea terhindar dari infeksi virus dan bakteri.

Di samping itu, sayur kangkung juga memiliki kandungan lutein dan karotenoid yang juga berperan untuk kesehatan mata.

Mengonsumsi kangkung secara rutin dapat meningkatkan kualitas penglihatan. Bahkan manfaat kangkung untuk kesehatan mata juga bisa menghindarkan Anda dari penyakit katarak.

2.   Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Salah satu hal yang sangat penting dalam menjaga kesehatan adalah sistem kekebalan tubuh atau imunitas yang baik. Kangkung diketahui mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi.

Bahkan, vitamin C dalam kangkung dapat memenuhi hingga 51% kebutuhan vitamin C harian. Dengan tingkat kekebalan tubuh yang kuat, Anda tidak akan mudah terserang penyakit yang diakibatkan oleh virus, bakteri, maupun penyakit kronis lain.

3.   Menjaga Kesehatan Pencernaan

Gangguan pada sistem pencernaan merupakan hal yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Hal ini akibat kebiasaan buruk mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Sebagai solusinya, Anda bisa memasukkan olahan kangkung ke dalam menu diet sehat.

Kangkung memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga sangat baik untuk sistem pencernaan manusia. Manfaat kangkung bagi tubuh bagian saluran cerna ini sangat penting bagi Anda yang sering mengalami sembelit atau gangguan lainnya.

4.   Mencegah Anemia

manfaat kangkung

Anemia adalah kondisi dimana jumlah sel darah merah dalam tubuh tidak tercukupi dengan baik. Kondisi ini disebabkan kurangnya asupan zat besi pada seseorang.

Kangkung sebagai bahan sayuran yang kaya akan zat besi dan fosfor bisa menjadi solusi untuk mencegah dan mengatasi anemia.

Zat besi merupakan zat esensial dalam produksi sel darah merah yang nantinya akan mengangkut pasokan oksigen ke seluruh sel tubuh.

Mengonsumsi kangkung dengan olahan yang tepat dianjurkan bagi orang hamil serta wanita yang sedang menstruasi. Hal ini disebabkan kebutuhan mereka akan zat besi mengalami peningkatan.

5.   Memelihara Kesehatan Hati (Liver)

Hati merupakan salah satu organ vital yang berperan dalam menetralisir racun dalam tubuh dan fungsi lainnya sehingga pekerjaan organ hati cukup berat dan rawan terjadi kerusakan.

Mengonsumsi kangkung bisa menjaga kesehatan hati dan mencegah kerusakan pada hati.

Hal ini dikarenakan kangkung dapat mendorong produksi enzim detoksifikasi yang dapat membersihkan racun dan zat sisa yang dapat menyebabkan kerusakan pada hati.

6.  Menjaga Kesehatan Jantung

Selain hati, jantung juga merupakan organ vital yang memiliki peran sentral dalam tubuh manusia. Menjaga kesehatan jantung dapat Anda upayakan dengan rutin mengonsumsi sayur kangkung.

Manfaat kangkung untuk jantung berkat adanya kandungan vitamin A dan vitamin C dalam jumlah tinggi.

Kedua vitamin tersebut bersama beta-karoten bertindak sebagai antioksidan yang dapat mencegah terjadinya penyumbatan pada arteri jantung.

Penyumbatan ini disebabkan oleh penumpukan kolesterol yang mengalami oksidasi sebagai hasil dari paparan radikal bebas. Jika penyumbatan terjadi, maka seseorang akan rentan terkena penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

7.   Membantu Mengatasi Insomnia

Kandungan magnesium dalam sayur kangkung mampu membantu mengatasi insomnia. Menurut penelitian, magnesium berperan efektif menurunkan risiko insomnia sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur.

Di samping itu, kangkung juga dapat mengurangi produksi hormon kortisol penyebab stress yang bisa mengakibatkan insomnia.

manfaat kangkung

Itulah beberapa manfaat kangkung untuk kesehatan tubuh. Anda bisa mengolah kangkung dengan berbagai macam cara seperti tumis, rebus, atau yang lainnya.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari kangkung, jangan lupa mencuci bersih sebelum dimasak, ya.