6 Manfaat Olahraga Untuk Tubuh, Tidak Boleh Dipandang Remeh!

6 Manfaat Olahraga Untuk Tubuh, Tidak Boleh Dipandang Remeh! image

Olahraga dapat didefinisikan sebagai suatu olah fisik dengan menggunakan ritme tertentu serta gerakan berulang yang telah tertakar. Kegiatan yang satu ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kita.

Berbagai manfaat olahraga pun berulang kali ditekankan agar kita gemar melakukan olah fisik setiap hari.

Memang sih, ada sebagian orang yang memandang kegiatan olahraga memiliki dampak baik bagi tubuh dan wajib dilakukan secara rutin. Namun ada juga orang yang tidak mau tahu akan manfaat olahraga bagi kesehatan.

Bagi anda yang masih malas untuk melakukan kegiatan berolahraga setiap pagi, segera hilangkan kebiasaan buruk itu.

Karena sejatinya manfaat olahraga secara rutin bisa menghindarkan kita dari berbagai hal yang tidak baik pada tubuh.

 Apa Saja Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan?

Selepas bangun tidur pada pagi hari, kegiatan apa yang terlebih dahulu anda laksanakan? Apakah sarapan? Mandi?

Saran dari kami, segeralah berolahraga pagi jika ingin mendapatkan manfaat yang luar biasa dari hal tersebut. Bagi anda yang belum terlalu paham akan manfaat olahraga pagi, berikut ini diantaranya :

1.   Membuat tubuh senantiasa dalam keadaan bugar

manfaat olahraga

Ketika pagi selepas bangun tidur, segeralah posisikan diri untuk berolahraga pagi secara ringan. Seperti jogging, push-up, sit-up, dan berbagai jenis olahraga lainnya.

Lakukan olahraga sekuat anda, maka rasakan perbedaannya antara sebelum dan sesudahnya.

Anda pasti akan merasa lebih bugar, sehat, dan ceria ketika telah melaksanakan kewajiban anda untuk berolahraga di pagi hari.

Otot tubuh akan lebih teratih berolahraga, sehingga anda pun tertarik untuk melakukan kegiatan tersebut secara rutin setiap hari.

2.   Menjaga postur tubuh agar terlihat tegap

Postur tubuh seseorang yang tidak terbiasa olahraga pasti agak membungkuk ke depan. Hal ini bisa diantisipasi dengan  Manfaat olahraga secara teratur lainnya adalah menjaga tubuh tetap tegap.

Jadi, bagi anda yang ingin mendapatkan postur tubuh ideal, jangan ragu melakukan olahraga.

Biasanya, jenis olah fisik yang bertumpuan pada bahu dan kaki akan membuat badan kita terlihat lebih tegap.

Anda pun bisa mencoba berbagai macam olahraga untuk melatih bagian tersebut dengan angkat beban, jogging, treadmill, dan lain sebagainya.

3.   Mencegah penyakit jantung serta serangan stroke

Ketika berolahraga, tubuh akan mengkonversi makanan yang masuk menjadi energi untuk bergerak. Ini berarti tidak akan ada makanan yang mengendap pada tubuh dan mengakibatkan penumpukan lemak atau kolesterol.

Jika tubuh bebas dari kedua zat tersebut, maka kesehatan jantung juga akan terjaga. Seseorang juga tidak akan mudah mengalami stroke atau penyumbatan saraf menuju otak jika sering melakukan olahraga.

4.   Mampu memperbaiki mood dan meminimalisir stres

manfaat olahraga

Berolahraga memang membuat tubuh kita merasa lelah karena otot “terluka”. Akan tetapi hal itu bisa memperbaiki mood seseorang selama sehari penuh. Terlebih jika olahraga dilakukan pada pagi hari kala udara masih sejuk.

Menurut penelitian salah satu jurnal internasional tahun 2008, orang yang sering berolahraga akan memiliki indeks kecemasan serta stres yang lebih rendah.

Hal ini disebabkan oleh produksi hormon yang membuat bahagia oleh otak karena tubuh sangat sering bergerak.

5.   Olahraga meningkatkan energi tubuh, bukan mengurangi

Ketika anda merasa lelah bekerja, cobalah bangkit dari tempat duduk dan berkelilinglah di sekitar kantor anda. Hal ini akan lebih efektif untuk mengurangi tingkat kelelahan yang dimiliki seseorang.

Dibandingkan melakukan latihan dengan intensitas tinggi, seseorang akan lebih bersemangat dan tidak lelah ketika berolahraga santai seperti berjalan kaki.

6.   Mampu meningkatkan kreativitas serta daya pikir

Kegiatan berolahraga mampu membuat tubuh serta otak menjadi segar bugar.

Inilah alasan mengapa orang yang sering berolahraga cenderung terlihat seperti orang cerdas. Dan memang kenyataannya begitu, olahraga membuat otak menjadi lebih aktif dan kritis.

Selain itu, orang yang sering berolahraga terlihat lebih percaya diri karena tubuhnya yang fit mempengaruhi pola pikirnya.

Hal ini sesuai dengan pepatah “men sana in corpore sano”, yang berarti di dalam tubuh yang kuat terdapat pikiran yang sehat.

manfaat olahraga

Manfaat olahraga sangat banyak untuk kesehatan, khususnya bagi tubuh dan pikiran. Jadi, jangan ragu untuk berolahraga secara rutin setiap hari ya, manfaatnya begitu baik untuk kesehatan. Salam sehat!