6 Manfaat Kelapa Muda, Bahan Alami Untuk Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Kelapa Muda, Bahan Alami Untuk Kesehatan Tubuh image

Kelapa Muda menjadi primadona saat cuaca sedang panas. Saat sedang melakukan aktivitas berat yang mengeluarkan banyak keringat, air kelapa muda sangat pas untuk melepaskan dahaga.

Ada banyak manfaat kelapa muda yang bisa Anda dapatkan, bahkan kelapa muda juga bermanfaat untuk kesehatan Anda.

Kelapa muda tak hanya menyegarkan. Ada banyak kandungan pada kelapa muda yang positif bagi kesehatan. Berikut akan diulas lebih jauh lagi mengenai mengenai manfaat kelapa muda untuk kesehatan tubuh Anda.

1. Mengganti Cairan Tubuh

manfaat kelapa muda

Tubuh manusia terdiri dari air, kurang lebih 60% – 70% dari berat badan. Untuk bisa memenuhi mencukupi asupan air disarankan untuk mengkonsumsi air mineral 1-2 liter (orang dewasa).

Jika Anda bosan dengan air putih, alih-alih mengkonsumsi air dalam kemasan, lebih disarankan untuk mengkonsumsi air kelapa muda. Air kelapa mengandung kalori dan gula dalam jumlah sedikit.

Jika dikonsumsi pada takaran cukup, kadar gula dalam darah dan kadar kolesterol tubuh tidak akan melonjak naik.

Air kelapa muda ternyata memiliki kandungan elektrolit. Elektrolit alami ini baik bagi kesehatan dan mampu mengurangi resiko tubuh terkena dehidrasi. Manfaat minum air kelapa setiap hari, asupan cairan Anda akan terpenuhi.

Beberapa hal yang bisa mengakibatkan berkurangnya cairan tubuh adalah saat melakukan aktivitas fisik berat atau saat sedang diare. Anda bisa mengkonsumsi air kelapa muda yang alami untuk mengembalikan cairan tubuh. 

2. Menangkal Radikal Bebas

Kelapa muda juga memiliki kandungan antioksidan. Antioksidan ini baik untuk mengatasi masalah radikal bebas dalam tubuh.

Radikal bebas pada dasarnya merupakan sel-sel dalam tubuh yang rusak. Saat kadar radikal bebas tidak mampu lagi dikelola oleh tubuh, tubuh akan mengalami stres oksidatif. 

Fungsi fisiologis pada manusia bisa bekerja dengan baik saat  kadar radikal bebas dan kadar antioksidan dalam tubuh seimbang. Maka dari itu, dibutuhkan asupan antioksidan untuk menyeimbangkan kondisi ini.

Air kelapa muda yang memiliki kandungan antioksidan bisa menjadi pilihan tepat.

3. Membantu Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah

Kadar gula darah normalnya ada pada angka 200 mg/dL. Jika terlalu tinggi, mengakibatkan tubuh dalam kondisi hiperglikemia. Jika kondisi ini terus dibiarkan, akan terjadi masalah kesehatan yang jauh lebih serius.

Air kelapa muda juga mengandung kadar magnesium yang baik untuk tubuh. Magnesium berguna untuk meningkatkan sensitivitas fungsi insulin pada tubuh.

Fungsi insulin yang baik, bisa membantu mengatur kadar gula dalam darah.

Selain itu, kandungan kalori dan gula yang ada dalam air kelapa, rendah. Jadi mengkonsumsinya tidak akan menimbulkan masalah naiknya kadar gula.

4. Mengurangi Resiko Mengidap Batu Ginjal

manfaat kelapa muda

Salah satu hal yang bisa menyebabkan munculnya batu ginjal adalah kurangnya cairan dalam tubuh. Saat tubuh kekurangan cairan, mineral dalam tubuh akan mudah mengkristal yang kemudian akan menumpuk menjadi batu ginjal.

Maka dari itu, asupan cairan dalam tubuh perlu dijaga. Selain mengkonsumsi air mineral sekitar 2 liter per harinya, Anda juga bisa sesekali mengkonsumsi air kelapa muda. Air kelapa bisa membantu mengatasi masalah ini.

5. Mampu Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah pada orang dewasa normalnya pada kisaran angka 120/80 mmHg. Jika angkanya terlalu tinggi, akan terjadi masalah serius dalam tubuh. Kondisi ini jika terus dibiarkan akan mengakibatkan penyakit kronis. 

Kalium tinggi dan natrium rendah pada air kelapa muda, baik untuk melancarkan sirkulasi darah. 

6. Bagus Untuk Kesuburan

Selain untuk kesehatan tubuh, Anda juga bisa mendapatkan manfaat air kelapa muda bagi kesuburan. Bahkan pria yang mengalami masalah impotensi bisa diatasi dengan air kelapa muda. 

Impotensi biasanya terjadi karena sirkulasi ke penis tidak lancar. Saat sirkulasi lancar setelah mengkonsumsi kelapa muda, fungsi alat vital ini bisa kembali normal. 

Kelapa muda cukup mudah ditemui disekitar kita. Siapa sangka, kelapa muda yang sering dikonsumsi untuk menghilangkan dahaga di kala hari panas, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. 

manfaat kelapa muda

Itu dia sedikit ulasan tentang manfaat kelapa muda yang bisa Anda dapatkan. Anda bisa merasakan berbagai manfaat di atas jika mengkonsumsi air kelapa muda dalam kondisi alami.

Jika sudah ditambah berbagai campuran seperti pemanis, khasiat tersebut tidak akan bisa Anda dapatkan.