6 Manfaat Daun Mint yang Perlu Anda Ketahui

6 Manfaat Daun Mint yang Perlu Anda Ketahui image

Memiliki nama lain Mentha, daun mint memiliki ciri yang sangat khas yaitu wanginya yang segar serta sensasi dingin saat dikonsumsi.

Wangi dan sensasi segar yang diberikan membuat daun ini sering digunakan untuk produk kesehatan mulut. Padahal, masih ada banyak kegunaan daun mint untuk kesehatan Anda.

Hanya dengan bermodalkan pot kecil atau polybag dan tanah yang subur, Anda sudah bisa membudidayakan tanaman daun mint.

Manfaatnya pun bisa langsung Anda rasakan. Berikut adalah daftar manfaat daun mint yang perlu Anda ketahui:

1. Meredakan flu dan pilek

manfaat daun mint

Bagi Anda yang sedang pilek dan mengalami gejala flu, menghirup aroma mint yang segar bisa melegakan dan memperbaiki sumbatan pada saluran pernafasan.

Selain itu, daun mint juga bisa mengatasi alergi dan rhinitis (iritasi lapisan kulit dalam hidung).

Kandungan dalam daun mint bisa menghambat produksi zat kimia buruk dalam tubuh yang menyebabkan pilek dan flu.

Anda bisa secara langsung memetik daun mint dan menghirup aromanya. Selain itu, Anda juga bisa membuat teh mint hangat.

2. Menjaga kesehatan kulit kepala

Kelebihan daun mint yang lain adalah untuk menjaga kesehatan kulit kepala.

Gangguan kulit kepala yang bisa diatasi dengan daun mint adalah ketombe. Penggunaan daun mint atau produk rambut berbahan utama daun mint secara teratur mampu menghilangkan ketombe dan rasa gatal.

Selain ketombe, daun mint juga berfungsi untuk mengatasi kutu yang tumbuh di kepala Anda. 

Oleskan minyak mint pada kulit kepala dan helaian rambut secara teratur kira-kira 2-3 kali dalam seminggu hingga kutu rambut benar-benar hilang.

3. Menjaga kesehatan mulut

Memiliki gangguan kesehatan mulut khususnya bau mulut yang tidak sedap tentu sangat mengganggu. Tidak hanya berimbas pada kesehatan Anda, bau mulut juga bisa membuat rasa percaya diri Anda berkurang.

Tidak hanya karena aromanya yang segar, zat yang terkandung di dalam daun mint bermanfaat untuk membunuh bakteri yang tumbuh di area rongga mulut dan tenggorokan.

Maka tidak heran banyak produk-produk kesehatan mulut seperti pasta gigi dan obat kumur menggunakan daun mint sebagai bahan dasarnya.

Jika Anda memiliki daun mint yang segar, Anda bisa langsung menggosokkan daun mint ke gigi dan gusi Anda. 

4. Meredakan gangguan pencernaan

manfaat daun mint

Salah satu manfaat paling penting daun mint adalah untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda.

Beberapa gangguan yang bisa diredakan oleh daun mint adalah perut kembung, radang lambung, hingga sindrom iritasi usus besar. 

Daun mint mampu menstimulasi kerja kelenjar ludah di mulut yang kemudian mengaktifkan kelenjar pencernaan lainnya hingga memproduksi enzim-enzim baik.

Selain itu, daun mint juga bisa memperbaiki sekresi empedu sehingga aliran empedu menjadi lancar dan memperbaiki pencernaan yang terganggu.

Untuk mengatasi gangguan pencernaan ringan, Anda bisa menyeduh daun mint segar atau teh kemasan yang mengandung peppermint. Meminum teh mint yang hangat bisa membantu anda untuk lebih rileks. 

Sedangkan bagi Anda yang mengalami sindrom iritasi usus besar, beberapa studi menyatakan bahwa mengkonsumsi obat yang mengandung minyak peppermint bisa membantu Anda.

Dan tentu saja hal ini harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter supaya dosisnya tepat.

5. Mengatasi iritasi pada payudara ibu menyusui

Bisa memberikan ASI secara eksklusif kepada buah hati tentu menjadi banyak harapan para ibu.

Namun, bayi yang sangat bersemangat menyusu terkadang meninggalkan luka dan iritasi pada area puting. Hal ini cukup mengganggu bagi para ibu di luar sana.

Jika Anda atau istri Anda mengalami hal ini, Anda bisa memanfaatkan daun mint. Cukup rebus daun mint secukupnya, kemudian oleskan di area yang terluka.

6. Meringankan gatal-gatal karena alergi

Salah satu kandungan penting yang ada di dalam daun mint adalah asam rosmarinic yang berfungsi sebagai anti-inflamasi serta anti oksidan.

Melalui beberapa penelitian, kandungan ini bisa digunakan untuk meringankan dan meredakan gatal-gatal yang diakibatkan oleh alergi.

Cara menggunakannya pun sangat gampang. Anda hanya perlu mengambil beberapa lembar daun mint dan meremasnya hingga mengeluarkan getah atau cairan. Setelah itu Anda bisa mengoleskannya di area alergi  hingga gatalnya berkurang.

manfaat daun mint

Demikianlah ulasan mengenai kegunaan daun mint untuk kesehatan Anda. Setelah mengetahui manfaatnya, apakah Anda tertarik untuk menanam sendiri tanaman daun mint?