6 Manfaat Daun Bidara bagi Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Daun Bidara bagi Kesehatan Tubuh image

Memiliki nama ilmiah ziziphus mauritiana , pohon bidara biasanya tumbuh di daerah kering. Meskipun nama daun bidara masih cukup asing di telinga, rupanya manfaat daun bidara untuk kesehatan telah diketahui dari dulu.

Daun bidara digunakan sebagai ramuan tradisional untuk membuat berbagai macam obat herbal.

Zat-zat penting yang terkandung dalam daun bidara antara lain flavonoid, glikosida, saponin, minyak atsiri, serta alkaloid. Selain itu, daun bidara memiliki sifat sebagai antioksidan yang sangat baik bagi tubuh.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut merupakan beberapa khasiat penting daun bidara:

1. Membantu penyembuhan penyakit kronis

manfaat daun bidara

Beberapa penyakit kronis yang efeknya bisa dikurangi dengan menggunakan daun bidara adalah kanker, tumor, depresi dan diabetes.

Memiliki sifat anti inflamasi, anti jamur, antioksidan hingga antimikroba, daun bidara sering digunakan untuk merawat pasien tumor. 

Selain itu, daun bidara juga bisa mengontrol produksi insulin serta mengatur kadar gula dalam tubuh. Apabila kadar gula dalam tubuh normal, maka penyakit diabetes bisa dihindari. 

Penyakit lain yang bisa diringankan oleh daun bidara adalah stress, insomnia hingga depresi.

Zat saponin yang terdapat di dalam daun ini memberikan efek menenangkan. Caranya adalah dengan meminum teh dari air rebusan daun bidara secara teratur. 

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat penting daun bidara yang lain adalah menjaga kesehatan sistem pencernaan. Daun bidara dipercaya cukup efektif untuk meringankan asam lambung dan mengobati sakit maag.

Apabila Anda mengalami keracunan makanan dan membuat infeksi lambung, Anda bisa meminum air rebusan daun bidara.

Air rebusan ini juga bisa digunakan untuk mengatasi pencernaan tidak lancar dan masalah konstipasi. Hebatnya lagi, daun bidara juga bisa diaplikasikan ke area anus yang membengkak akibat penyakit wasir. 

3. Mempercepat penyembuhan luka

Daun bidara dipercaya mampu menyembuhkan luka lebih cepat. Sifat anti inflamasi dan anti bakteri yang dikandung mampu meregenerasi lapisan kulit dengan cepat.

Beberapa contoh luka yang bisa disembuhkan dengan daun ini adalah luka sayatan, goresan, dan luka bakar.

Setelah lukanya sembuh, kandungan glikosida yang ada pada daun ini bisa menghilangkan atau menyamarkan bekas luka yang disebutkan tadi.

Caranya adalah dengan mencampur bubuk atau ekstrak daun bidara dan air sampai membentuk pasta, lalu oleskan di area yang terluka.

4. Mengatasi jerawat

manfaat daun bidara

Kelebihan daun bidara bagi tubuh juga berdampak pada kesehatan kulit wajah. Anti inflamasi yang dikandung oleh daun bidara bisa mengobati segala macam bentuk peradangan pada permukaan kulit.

Apabila Anda sedang mengalami jerawat di wajah Anda, Anda bisa menumbuk beberapa lembar daun bidara atau membuat pasta dari bubuknya.

Akan lebih baik lagi jika Anda menambahkan air perasan lemon. Kemudian silahkan balurkan pada area yang berjerawat seperti menggunakan masker kira-kira selama 20 menit.

5. Menjaga kesehatan mulut

Kandungan antibakteri dan antioksidan pada daun berwarna hijau ini bisa mengatasi masalah kesehatan mulut dan bibir. Masalah mulut dan bibir yang sering diatasi oleh daun bidara adalah bibir pecah-pecah dan sariawan. 

Meminum teh hasil rebusan daun bidara secara teratur mampu mencegah pertumbuhan bakteri yang jahat pada mulut. Apabila bakteri ini diatasi, sariawan yang Anda derita akan cepat hilang.

6. Merawat kesehatan kulit

Mengalami kulit kering serang munculnya tanda-tanda penuaan dini pasti membuat Anda, khususnya kaum perempuan merasa khawatir.

Kandungan penting dalam daun bidara bisa dimanfaatkan untuk melembabkan kulit, mengatasi kerutan di wajah, serta mengurangi lingkaran hitam di bagian bawah area mata.

Untuk membuat masker daun bidara, caranya sangat mudah. Bubuk daun bidara dicampur dengan air perasan lemon atau madu dan air hingga teksturnya mengental.

Aplikasikan pada wajah hingga maskernya mengering, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

manfaat daun bidara

Sekian ulasan mengenai berbagai manfaat daun bidara untuk kesehatan. Untuk mencegah dan mengurangi risiko gangguan kesehatan, terkadang tidak perlu menghabiskan uang yang banyak.

Daun bidara merupakan salah satu contoh tanaman yang mudah didapatkan, bahkan bubuknya dijual di apotek dan toko obat.