6 Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan, Jangan Disepelekan!

6 Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan, Jangan Disepelekan! image

Siapa yang tidak mengenal buah anggur? Buah dengan bentuk bulat, tekstur kenyal berair tersebut memang menjadi favorit banyak sekali orang.

Tidak hanya berwarna-warni, ternyata segudang manfaat buah anggur sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Buah yang satu ini sudah dimanfaatkan sebagai bahan makanan penyegar mulut sejak zaman prasejarah, sekitar 5000 tahun sebelum Masehi. Buah yang satu ini merupakan buah dari tanaman perdu yang tumbuhnya merambat.

Anggur memiliki nama latin Vitis vinifera, dan biasanya dibudidayakan pada daerah dengan iklim sedang. Contohnya Amerika, Eropa Selatan, dan lain sebagainya.

Sebagai buah yang memiliki rasa manis dan legit yang cukup khas, buah anggur sangat disukai banyak orang. Buah ini pun tidak hanya dimakan begitu saja, namun sering digunakan sebagai bahan olahan makanan.

Contohnya selai anggur, jelly anggur, hingga wine yang sangat terkenal seantero dunia. 

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan Tubuh

Sebenarnya tidak hanya lezat, buah anggur juga memiliki berbagai manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Berikut ini manfaat buah anggur untuk kesehatan yang perlu anda tahu :

1.   Anggur memiliki manfaat untuk menyehatkan otak

manfaat buah anggur

Buah anggur memiliki rasa yang ringan serta enak di lidah.

Namun begitu, ada cukup banyak kandungan zat yang berguna untuk tubuh, salah satunya untuk kesehatan otak. Pada satu porsi buah anggur, terdapat kandungan zat resveratrol.

Kandungan zat tersebut mampu melancarkan aliran darah yang menuju ke pusat kendali tubuh kita, yaitu otak. J

ika darah serta oksigen yang menuju ke otak memiliki alur yang lancar, maka otak secara otomatis juga akan menjadi cerdas. Sehingga anggur sangat baik dimakan oleh anak kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan.

2.   Anggur dapat mempermudah proses menurunkan berat badan

Buah anggur memiliki rasa manis yang mencerminkan tingginya kandungan gula alami di dalamnya. Dalam 100 gram anggur, terdapat 16 gram gula. Ini berarti jus anggur dapat dijadikan sebagai pemasok gula murni dalam tubuh.

Ketika kebutuhan gula tercukupi oleh sumber yang alami, maka proses diet dan menurunkan berat badan akan berlangsung lebih cepat.

Selain itu, jus anggur juga mengandung sekitar 23 kalori sekali tenggak. Sehingga anda tidak akan mudah lapar ketika tuntas meminum jus tersebut.

3.   Anggur dapat mempercantik kulit dari dalam

Anda pasti pernah melihat produk kecantikan kulit yang mencantumkan buah anggur sebagai bahan pembuatnya. Dan memang benar, jika manfaat buah anggur merah maupun anggur lainnya sangat ampuh untuk kecantikan kulit.

Dalam buah anggur, terdapat kandungan resveratrol hingga antioksidan yang cukup tinggi. Bahkan disebutkan jika kandungan antioksidan yang ada pada buah anggur mampu menyebabkan kulit menjadi awet muda.

Kandungan antioksidan tersebut bahkan berpuluh kali lipat lebih kuat dibandingkan dengan vitamin E maupun C untuk kulit.

4.   Anggur mampu melindungi jantung dari resiko penyakit fatal

manfaat buah anggur

Manfaat buah anggur hitam maupun anggur lainnya juga sangat baik untuk kesehatan jantung. Pada jenis buah ini, terdapat kandungan polifenol, yang sangat baik dalam melawan radikal bebas.

Selain itu, tekanan darah tinggi juga bisa dilawan oleh buah anggur, karena mengandung antiplatelet.

5.   Anggur sangat baik untuk melindungi kesehatan mata

Buah anggur merupakan jenis buah yang sangat direkomendasikan untuk memperbaiki kesehatan mata. Stres oksidatif yang bisa membahayakan mata hingga katarak bisa dilawan dengan buah ini.

Karena kandungan flavonoid dalam anggur memang terbukti ampuh dalam mencegah katarak.

Selain itu, buah anggur menghasilkan zat khusus yang berfungsi melindungi retina mata dari rasa sakit akibat terlalu banyak terkena radiasi.

6.   Anggur dapat mencegah kanker

Kanker adalah salah satu jenis penyakit yang paling banyak membuat para pendahulu menghembuskan nafas terakhir. Namun jangan khawatir, anda bisa memerangi kanker dengan konsumsi anggur setiap hari.

Dalam hal ini, kandungan resveratrol merupakan pencegah pertumbuhan sel kanker dan juga tumor. Ragam bagian penting yang akan efektif terlawan sel kankernya adalah lambung, hati, payudara, dan juga getah bening.

manfaat buah anggur

Nah, itulah beberapa manfaat buah anggur untuk kesehatan yang harus anda ketahui. Dengan berbagai manfaat yang telah kami jelaskan, tentunya anda semakin sadar akan dampak buah anggur bagi kesehatan.

Jadi, yuk makan buah anggur rutin mulai sekarang!