6 Manfaat Brokoli untuk Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Brokoli untuk Kesehatan Tubuh image

Brokoli bisa jadi merupakan salah satu sayur yang paling unik karena bentuknya yang "kribo". Bentuk lucu yang dimiliki sayuran hijau satu ini tidak mengurangi kandungan nutrisi yang dimilikinya.

Berbagai manfaat brokoli untuk kesehatan tubuh sudah dikenal sejak lama. 

Untuk mendapatkan khasiat sayur brokoli yang banyak mengandung vitamin, mineral dan makronutrien, cara memasak atau memprosesnya cukup mudah.

Anda bisa merebus atau menumis brokoli sebagai sayur pendamping nasi, bisa juga sebagai jus dan salad. Berikut adalah manfaat brokoli:

1. Menjaga kesehatan mata

manfaat brokoli

Sayuran hijau memang dikenal memiliki manfaat yang signifikan untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A, B, C, dan E, serta beta karoten yang terkandung dalam brokoli teruji bisa mencegah penyakit katarak serta gangguan sel mata lainnya. 

Bagi Anda yang sering berada di depan layar komputer atau smartphone, radiasi yang ditimbulkan bisa mempercepat kerusakan sel mata.

Kandungan lutein yang ada dalam brokoli bisa mengurangi efek buruk dari radiasi ini. Oleh karena itu, perbanyak konsumsi brokoli, ya!

2. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat penting brokoli juga bisa dirasakan oleh kulit Anda. Kandungan fitonutrien yang terdapat pada brokoli bisa melindungi kulit dari radiasi sinar matahari yang berlebihan.

Selain itu, kandungan vitamin C, B kompleks dan E berfungsi untuk mempercepat regenerasi kulit sehingga jaringan kulit yang rusak bisa diperbaiki.

Hal lain yang tidak kalah menarik adalah brokoli bisa membantu mencerahkan kulit Anda. Vitamin A, K dan folat yang dimiliki brokoli bisa mengurangi atau menghambat produksi pigmen kulit. 

3. Menjaga kesehatan ibu hamil

Asam folat yang dimiliki oleh brokoli memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ibu hamil. Asam folat memiliki peran penting dalam proses pembentukkan otak pada janin selama masa awal kehamilan.

Kurangnya asupan asam folat beresiko pada kelainan susunan saraf otak yang mengakibatkan cacat bawaan pada bayi.

Bagi perempuan yang ingin mengikuti program kehamilan ataupun saat ini sedang mengandung, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi asam folat.

Ada banyak merk asam folat yang dijual secara bebas di apotik. Dosis aman yang dianjurkan bagi ibu hamil adalah 400 mcg (mikrogram) setiap hari.

Selain berpengaruh pada pembentukan sel-sel otak pada janin, asam folat juga berpengaruh pada pembentukan eritrosit atau sel darah merah pada ibu.

Kurangnya sel darah merah pada ibu hamil mengakibatkan penyakit anemia yang berbahaya bagi kesehatan janin dalam kandungan.

4. Menjaga kesehatan jantung

manfaat brokoli

Omega-3, kalium, magnesium dan fiber yang terkandung dalam brokoli mampu menjaga kesehatan jantung Anda.

Zat-zat penting ini memiliki manfaat dalam memperlancar aliran oksigen dalam darah sehingga tekanan darah bisa terkontrol dengan baik. Aliran dalam pembuluh darah yang lancar tentu baik bagi jantung.

Kandungan penting dalam brokoli ini juga bisa mengurangi pertumbuhan kolesterol jahat dalam tubuh. Jika kolesterol tidak dikontrol, hal ini berakibat pada semakin sempitnya arteri dan membuat aliran darah ke jantung tersumbat.

Apabila dibiarkan lebih lanjut, hal ini bisa mendatangkan serangan jantung dan nyeri dada.

5. Mencegah kanker prostat

Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan. Tentu saja lebih baik dan lebih mudah untuk mencegah dibandingkan dengan mengobatinya.

Dengan mengkonsumsi brokoli secara teratur, risiko terjadinya kanker prostat menjadi lebih rendah dibandingkan dengan tidak mengkonsumsinya sama sekali.

Kandungan sulforaphane pada brokoli terbukti bisa menjaga kesehatan prostat. Infeksi atau pembesaran prostat yang tidak baik juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi sayur brokoli.

Bagi penderita gangguan prostat, Anda disarankan untuk memakan empat porsi brokoli dalam seminggu.

6. Meringankan peradangan sendi

Tidak hanya penting bagi kesehatan prostat, sulforaphane juga teruji mampu untuk mencegah dan meringankan peradangan sendi.

Peran penting yang dimiliki oleh brokoli sebagai antiviral, antibakteri serta anti karsinogen mampu mengurangi risiko kerusakan tulang rawan. 

Kandungan kalsium dan vitamin K dalam brokoli sangat penting bagi kesehatan tulang dan gigi. Dengan mengkonsumsi brokoli dengan teratur, Anda bisa terhindar dari risiko osteoporosis serta pengapuran tulang dan sendi.

manfaat brokoli

Demikianlah ulasan artikel mengenai berbagai manfaat brokoli untuk kesehatan tubuh. Semoga artikel ini memiliki manfaat bagi Anda.