5 Manfaat Masker Madu Untuk Wajah

5 Manfaat Masker Madu Untuk Wajah image

Berbicara mengenai masker madu, pasti kalian akan memikirkan tentang masker yang biasa digunakan pada wajah.

Memang benar, masker yang satu ini sangat hits sehingga banyak perusahaan mengeluarkan versinya masing-masing. Dan memang benar, manfaat masker madu tersebut yang menyebabkan jenis skincare yang satu ini menjadi viral.

Masker madu yang direkomendasikan adalah masker dengan madu murni, dengan campuran berbagai bahan tertentu.

Seperti gula, lemon, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui berbagai manfaat lain dari masker madu, anda sangat disarankan untuk membaca artikel ini hingga selesai. 

Ragam Manfaat Masker Madu Untuk Wajah

Tren perawatan skincare dengan menggunakan masker wajah sudah sejak lama digunakan terutama oleh kaum wanita. Salah satu bahannya yang sangat terkenal adalah madu.

Madu sudah sangat terkenal khasiatnya baik untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan kulit wajah. Sehingga tidak heran jika madu sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan masker wajah.

Membuat masker wajah dari madu memang tidak terlalu sulit. Anda bisa menggunakan masker tersebut dengan atau tanpa dicampur berbagai bahan seperti gula, garam, dan lainnya.

Berikut ini ragam manfaat masker madu untuk wajah yang harus anda tahu!

1.   Campuran madu dan kayu manis, hilangkan jerawat seketika

manfaat masker madu

Siapa sangka jika madu yang dihasilkan oleh lebah madu merupakan cairan dari alam yang sangat berkhasiat untuk kulit. Salah satu manfaatnya adalah menghilangkan jerawat yang ada di permukaan kulit wajah.

Untuk bisa memaksimalkan manfaat dari masker madu yang satu ini, diperlukan tambahan bahan berupa kayu manis. Campuran dari kedua bahan tersebut sudah terbukti meredakan jerawat membandel.

Cara membuat kombinasi masker tersebut cukup mudah. Cuci bersih kayu manis dan haluskan, lalu campurkan dengan cairan madu murni.

Oleskan secara merata pada permukaan kulit dan diamkan selama setengah jam, sebelum akhirnya dibilas dengan air bersih.

2.   Kombinasi madu dengan minyak kelapa, mampu menghidrasi kulit

Manfaat madu untuk kulit wajah yang satu ini mungkin sangat dikenal oleh beauty enthusiast. Memang, tujuan utama banyak orang menggunakan masker madu agar bisa melembabkan kulit.

Namun bukan hanya madu saja, minyak kelapa menjadi bahan yang cukup direkomendasikan untuk penggunaan tersebut.

Minyak kelapa memiliki sifat alami melembabkan kulit, dan sangat pas jika dipadukan dengan madu.

Cara membuat masker wajah yang satu ini cukup campurkan madu dengan larutan minyak kelapa.

Setelah itu oleskan secara merata di atas kulit wajah dan diamkan sebelum kemudian dibilas dengan air bersih. Gunakan secara rutin agar anda bisa memperoleh manfaat madu dan minyak kelapa secara maksimal.

3.   Campurkan madu dengan kunyit, jerawat akan menghilang sendirinya

manfaat masker madu

Masalah jerawat menjadi momok tersendiri bagi para wanita. Bagi anda yang memiliki masalah wajah berjerawat parah, bisa mencoba masker madu dicampur dengan kunyit.

Manfaat masker madu dan kunyit tersebut bisa bertindak sebagai zat antiinflamasi, atau zat anti radang. Sehingga bisa meredakan bahkan menghilangkan jerawat, sekaligus mampu menyembuhkan luka pada kulit.

Cara untuk membuat masker madu yang satu ini hampir sama dengan masker lainnya. Yaitu campurkan bubuk kunyit dengan madu, lalu oleskan pada kulit wajah. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas hingga bersih.

4.   Hilangkan sel kulit mati dengan eksfoliator madu

Masker madu tidak hanya digunakan untuk masker pada kulit, namun juga dapat digunakan sebagai eksfoliator atau penghilang sel kulit mati. Bisa digunakan untuk kulit wajah maupun kulit bibir yang kering dan pecah-pecah.

Untuk bisa membuat eksfoliator tersebut, cukup campurkan madu dengan gula pasir. Lalu gosokkan secara halus masker madu pada kulit wajah dan bibir. Bilaslah dengan air bersih untuk hasil kulit wajah lebih bersih.

5.   Kulit cerah dengan masker madu serta perasan jeruk nipis

Manfaat masker madu dan jeruk nipis begitu dikenal karena mampu menghilangkan kulit kusam. Ekstrak jeruk nipis mengandung vitamin C yang sangat baik untuk menghilangkan noda pada kulit.

Campurkan madu dengan cairan jeruk nipis, lalu oleskan pada kulit wajah secara merata. Sebelum dibilas menggunakan air bersih, diamkan masker pada kulit wajah selama beberapa menit.

manfaat masker madu

Itulah beberapa manfaat masker madu murni dengan atau tanpa campuran bahan lain.

Jika anda ingin mengaplikasikan masker tersebut, anda bisa membilasnya dengan air hangat. Dengan begitu, efek masker madu pada kulit akan menjadi lebih sempurna.