11 Manfaat Teh untuk Kesehatan yang Sebaiknya Anda Tahu

11 Manfaat Teh untuk Kesehatan yang Sebaiknya Anda Tahu image

Salah satu kebiasaan masyarakat di Indonesia terutama saat pagi adalah dengan mengkonsumsi teh.

Dalam teh terdapat kandungan kafein, katekin atau polifenol, asam amino serta asam omega-6 dan asam lemak omega 3. Tidak heran jika banyak manfaat teh untuk tubuh yang Anda dapatkan.

Selain kandungan gizi tersebut, teh juga memiliki mineral seperti fosfor, magnesium, fluoride, mangan dan kalium. Untuk tahu lebih lanjut mengenai khasiat minum teh, simak pembahasan berikut ini.

1. Meningkatkan Konsentrasi

manfaat teh

Teh memiliki kandungan kafein. Jika dibandingkan dengan kopi, kadar kafein dalam teh lebih rendah. Walaupun begitu, karena kafein dalam teh dapat membantu untuk meningkatkan konsentrasi.

Hal ini disebabkan karena kafein memiliki fungsi untuk memperlancar peredaran darah ke otak serta merangsang sistem saraf pusat. Akibatnya, Anda akan merasa lebih ‘melek’ dan konsentrasi Anda terjaga dengan baik.

2. Membuat Tubuh Rileks

Dalam teh hitam dan hijau terdapat kandungan gizi yang disebut dengan L-theanin. Kandungan gizi tersebut membantu untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Fungsi lainnya adalah untuk membantu Anda memperbaiki mood, meredakan stress dan meningkatkan fungsi otak.

3. Menormalkan Kadar Gula Darah

Manfaat minum teh untuk tubuh ini hanya bisa Anda dapatkan jika Anda minum teh tanpa gula atau tawar.

Hal ini disebabkan karena teh seperti teh hitam, hijau dan oolong memiliki kandungan polifenol yang bisa meningkatkan sensitivitas insulin tubuh. Akibatnya, kadar gula darah menjadi mudah untuk dikontrol.

Karena gula darah yang terkontrol tersebut, minum teh tawar bisa membantu menurunkan resiko dan mengendalikan penyakit diabetes.

4. Membakar Lemak

Mengkonsumsi teh sebelum latihan fisik diklaim bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan performa saat melakukan latihan fisik seperti olahraga.

Hal ini disebabkan karena teh memiliki senyawa aktif yang disebut dengan catechin.

Senyawa aktif catechin tersebut dapat membakar lemak secara optimal ketika berolahraga.

Akibatnya, kemampuan tubuh menjadi meningkat. Namun, diantara sekian banyak teh, khasiat ini dapat Anda peroleh secara optimal jika mengkonsumsi teh hijau.

5. Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Dalam teh terdapat kandungan yang sifatnya antioksidan. Manfaatnya, bisa membantu membunuh bakteri di mulut penyebab masalah gigi dan mulut. Misalnya karies gigi dan bau mulut.

6. Menurunkan Kolesterol Jahat

manfaat teh

Manfaat teh hitam tawar jika Anda konsumsi secara rutin adalah bisa membantu menurunkan tingkat kolesterol jahat.

Dalam studi yang pernah dilakukan, kolesterol dalam tubuh bisa menurun hingga 11% jika Anda mengkonsumsinya secara rutin dan teratur.

7. Mencegah Kanker

Dalam teh terdapat kandungan polifenol dan antioksidan. Kedua kandungan gizi tersebut memiliki manfaat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.

Karena hal itu, jika Anda mengkonsumsi teh terutama teh hitam dan hijau secara teratur dan tanpa gula, resiko kanker bisa diturunkan.

8. Menurunkan Resiko Penyakit Stroke dan jantung

Mengkonsumsi teh setiap hari dapat menurunkan resiko terkena penyakit stroke dan jantung.

Manfaat tersebut sudah dibuktikan secara langsung oleh peneliti yang berasal dari Tohoku University, Jepang. Tepatnya berasal dari Graduate School of Medicine.

Dari penelitian yang dilakukan terhadap 40 orang Jepang membuktikan hasil yang cukup mencengangkan. Dengan minum teh 5 cangkir sehari, bisa membantu untuk menurunkan resiko kematian hingga 26% karena jantung dan 16% karena stroke.

9. Diet

Bukan rahasia lagi jika mengkonsumsi teh terutama teh hijau bisa membantu menurunkan berat badan. Manfaat teh untuk diet ini dapat diperoleh jika Anda tidak menambahkan gula atau pemanis lain ke teh.

Agar hasilnya maksimal, maka Anda bisa mengkonsumsi setiap hari. Jangan lupa untuk tetap mengkonsumsi makanan bernutrisi dan berolahraga.

10. Mengatasi gangguan Pencernaan

Teh hitam ataupun teh herbal dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan misalnya diare dan mulas.

Penambahan jahe pada teh dapat membantu mengatasi mual dan muntah secara optimal dan membuat Anda lebih tenang.

11. Memperbaiki Pola Tidur

Menurut penelitian yang dilakukan di Integrative Medicine Research, ada kaitan antara teh dan tidur.

Dengan mengkonsumsi teh, Anda akan mendapatkan kualitas tidur yang cukup. Terutama jika Anda mengalami insomnia ringan hingga sedang.

manfaat teh

Itulah manfaat minum teh  yang bisa Anda dapatkan jika Anda mengkonsumsi secara teratur.

Namun ingat, sebaiknya Anda mengkonsumsi teh tanpa atau minum gula dan hanya sebanyak 2-3 cangkir sehari. Semoga informasi tersebut menambah wawasan Anda.