10 Manfaat Jamu Kunyit Asam Bagi Kesehatan Tubuh Anda

10 Manfaat Jamu Kunyit Asam Bagi Kesehatan Tubuh Anda image

Jamu kunyit asam sangat populer di kalangan penikmat jamu tradisional.

Rasanya yang khas, dari kombinasi dua bahan utama (kunyit dan asam), menjadikan jamu herbal ini banyak diburu, khususnya kaum wanita. Sudah terbukti, besarnya manfaat jamu kunyit asam bagi kesehatan.

Manfaat Jamu Kunyit Asam

Di kalangan penikmat jamu, ramuan jamu kunyit asam juga disebut jamu ‘seger-segeran’, karena rasanya yang asam manis. Berikut 10 manfaat yang bisa diambil dari jamu kunyit asam.

1. Membersihkan Racun

manfaat jamu kunyit

Khasiat jamu kunyit asam, salah satunya dapat membersihkan tubuh dari racun. Jamu ini mengandung zat yang berfungsi sebagai detoksifikasi (minuman penetral racun).

Semua racun atau toksin akibat polusi udara oleh asap kendaraan harus dibersihkan agar tidak memberikan efek buruk bagi tubuh. Cara menghilangkan racun itu adalah dengan mengkonsumsi kunyit asam sebagai detoks alami.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh Anda akan semakin baik jika mengkonsumsi jamu herbal kunyit asam secara rutin. Dalam kunyit asam terkandung zat antioksidan yang dapat meningkatkan stamina tubuh.

Selain mengandung antioksidan, jamu kunyit asam – yang salah satu bahannya adalah asam jawa – juga mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai pelindung bagi tubuh dari ancaman bakteri, kuman, dan virus yang menyebabkan timbulnya bermacam-macam penyakit.

3. Mengatasi Keputihan

Keputihan tidak hanya dialami wanita dewasa namun juga remaja, terutama yang sudah mengalami menstruasi.

Penyakit ini cukup mengganggu aktivitas sehari-hari, karena jika sudah parah bisa menimbulkan bau dan rasa gatal di sekitar organ intim.

Namun, tidak perlu khawatir, karena ramuan kunyit asam Jawa ini bisa mengatasi penyakit keputihan Anda. Jamu ini mengandung mineral dan minyak atsiri yang bisa mencegah keputihan.

4. Mengurangi Nyeri Haid

Kunyit asam mengandung zat kurkumin yang bermanfaat mengurangi nyeri haid. Zat tersebut juga dapat mengurangi hormon prostaglandin yang dapat menyebabkan rasa nyeri dan peradangan.

Seorang wanita yang rajin mengkonsumsi jamu kunyit asam akan memperlancar sistem saraf otak.

Cara kerjanya, otak mengirimkan sinyal ke tubuh untuk mengurangi kontraksi rahim dan nyeri. Jamu ini dianjurkan bagi wanita untuk diminum sebelum dan sesudah haid.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Kunyit kaya akan kurkumin yang sangat baik untuk meningkatkan fungsi otak. Meningkatnya fungsi otak secara otomatis akan mengurangi resiko mengalami penyakit depresi, Alzheimer, serta penyakit otak lainnya.

6. Mengurangi Bau Badan

manfaat jamu kunyit

Bau badan menjadi masalah yang cukup serius bagi seseorang, apalagi bagi seorang wanita.

Karena bau badan, seseorang bisa minder dan tidak percaya diri. Namun, jangan khawatir, jika Anda rajin mengkonsumsi jamu kunyit asam, masalah bau badan yang mengganggu bisa teratasi.

Anda bisa menambahkan campuran jamu kunyit asam dengan daun beluntas agar mendapatkan hasil maksimal.

7. Menurunkan Berat Badan

Untuk Anda yang sedang menjalani program diet perlu di-support dengan mengkonsumsi kunyit asam.

Kandungan zat yang terdapat pada kunyit asam juga bisa membantu memperlancar pencernaan serta menghambat produksi lemak. Jika Anda mengkonsumsinya secara rutin, ramuan ini bisa efektif menurunkan berat badan.

8. Mencegah Jerawat

Khasiat jamu kunyit asam tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh namun juga baik untuk kecantikan, yakni mencegah timbulnya jerawat.

Kunyit kaya akan vitamin A dan C yang dapat menghambat pertumbuhan jerawat pada wajah.

Zat yang terkandung dalam kunyit asam juga bermanfaat untuk mengatasi rasa gatal. Tapi, dengan rajin mengkonsumsi kunyit asam, jerawat dan masalah kulit lainnya bisa teratasi.

9.  Mencerahkan Kulit

Masih berhubungan dengan masalah kulit. Selain bermanfaat untuk mengatasi jerawat, jamu kunyit asam ternyata juga dapat mencerahkan kulit.

Anda yang mengkonsumsi jamu ini secara rutin akan memiliki kulit yang lebih cerah. Termasuk kulit kusam, bisa diatasi dengan minum jamu ini.

10. Mencegah Penuaan Dini

manfaat jamu kunyit

Ramuan jamu kunyit asam mengandung zat yang bermanfaat untuk mencegah munculnya keriput pada wajah. Kunyit kaya akan vitamin C serta mengandung antioksidan tinggi.

Rajin minum jamu ini membuat kulit terlindungi dari ancaman radikal bebas. Jika dikonsumsi teratur, jamu ini dapat mencegah penuaan dini.

Jika Anda mengalami masalah kesehatan, sebagaimana tersebut diatas, jangan buru-buru minum obat kimia. Minumlah jamu asam manis. Manfaat jamu kunyit asam sangat baik untuk menjaga kesehatan Anda.